Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Struktur Bahasa C++ By; NILA FEBY PUSPITASARI. // my first program in C++ #include int main () { cout << "Hello World!"; return 0; } Hello World!

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Struktur Bahasa C++ By; NILA FEBY PUSPITASARI. // my first program in C++ #include int main () { cout << "Hello World!"; return 0; } Hello World!"— Transcript presentasi:

1 Struktur Bahasa C++ By; NILA FEBY PUSPITASARI

2 // my first program in C++ #include int main () { cout << "Hello World!"; return 0; } Hello World!

3 File Header File header diperlukan agar perintah cout bisa dijalankan. Apabila file header tersebut dihapus, maka akan terjadi error. Untuk mengakses file header, digunakan perintah #include, atau #include “file header”. File spesifik ini juga termasuk library deklarasi standard I/O pada C++ dan file ini disertakan karena fungsi-fungsinya akan digunakan nanti dalam program. Dalam suatu program bisa jadi melibatkan lebih dari satu file header..

4 #include<> Kalimat yang diawali dengan tanda (#) adalah preprocessor directive. Bukan merupakan baris kode yang dieksekusi, tetapi indikasi untuk kompiler. Dalam kasus ini kalimat #include memberitahukan preprocessor kompiler untuk menyertakan header file standard iostream.

5 Fungsi main() Fungsi main merupakan titik awal dimana seluruh program C++ akan mulai dieksekusi. Diletakan diawal, ditengah atau diakhir program, isi dari fungsi main akan selalu dieksekusi pertama kali. Fungsi main diikuti oleh sepasang tanda kurung () karena merupakan fungsi. pada C++ dan diikuti oleh sepasang tanda kurung () dimana, dapat berisi argumen didalamnya dapat berupa deklarasi formal dan dituliskan diantara kurung kurawal ({}), seperti dalam contoh.

6 Statement cout << "Hello World"; cout merupakan standard output stream dalam C++ (biasanya monitor). cout dideklarasikan dalam header file iostream.h, sehingga agar dapat digunakan maka file ini harus disertakan. Perhatikan setiap kalimat diakhiri dengan tanda semicolon (;). Karakter ini menandakan akhir dari instruksi dan harus disertakan pada setiap akhir instruksi pada program C++ manapun.

7 return 0; Intruksi return menyebabkan fungsi main() berakhir dan mengembalikan kode yang mengikuti instruksi tersebut, dalam kasus ini 0. Ini merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengakhiri program.

8 Komentar Bagian dari program yang diabaikan oleh kompiler. Tidak melaksanakan aksi apapun. berguna untuk memungkinkan para programmer untuk memasukan catatan atau deskripsi tambahan mengenai program tersebut. C++ memiliki dua cara untuk menuliskan komentar : // Komentar baris /* Komentar Blok */

9 Latihan Buatlah Program untuk menampilkan Biodata Anda !!!


Download ppt "Struktur Bahasa C++ By; NILA FEBY PUSPITASARI. // my first program in C++ #include int main () { cout << "Hello World!"; return 0; } Hello World!"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google