Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

POINTER. Pengertian • POINTER/penunjuk adalah variabel yang menyimpan atau menunjuk suatu alamat memori dan bukannya menyimpan suatu nilai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "POINTER. Pengertian • POINTER/penunjuk adalah variabel yang menyimpan atau menunjuk suatu alamat memori dan bukannya menyimpan suatu nilai."— Transcript presentasi:

1 POINTER

2 Pengertian • POINTER/penunjuk adalah variabel yang menyimpan atau menunjuk suatu alamat memori dan bukannya menyimpan suatu nilai.

3 Operator Pointer • Ada dua, yaitu 1. & (ampersand) 2. * (asterisk)

4 Operator & • & merupakan operator alamat • Pada saat pendeklarasian variabel, user tidak diharuskan menentukan lokasi sesungguhnya pada memori. Hal ini akan dilakukan secara otomatis oleh kompiler dan operating sistem pada saat tun-time. • Jika ingin mengetahui dimana suatu variabel akan disimpan, dapat dilakukan dengan memberikan tanda ampersand (&) di depan variabel yang berarti “address of”

5 • Contoh int toko= 12 ; //pemberian nilai awal int x= &toko ; //memberikan nilai x dengan alamat dari variabel toko Karena variabel toko diberi awalan &, maka yang diambil adalah alamat dari variabel toko, bukan isi/nilai variabel toko.

6 Operator * • * merupakan operator reference • Dengan menggunakan pointer, kita dapat mengakses nilai yang telah tersimpan secara langsung dengan memberikan awalan operator asterisk (*) pada identifier pointer yang berarti “value pointer by”

7 • Contoh: int toko= 12 ; int x= &toko ; Int isi= *x; dapat dikatakan “variabel isi sama dengan nilai yang ditunjuk oleh x” sehingga nilai dari variabel isi = 12

8 Contoh program #include main(){ int x; int y; int *px; //pointer yang menunjuk objek x = 25; //pemberian nilai px = &x; // px berisi alamat dari x y = *px; // y berisi nilai yang ditunjuk px cout<<"isi x = "<< x <<"\n\n"; cout<<"alamat x = "<< &x <<"\n\n"; cout<<"isi px = "<< px <<"\n\n"; cout<<"isi *px = "<< *px <<"\n\n"; cout<<"nilai y = "<< y <<"\n\n"; cout<<"nilai *(&x) = "<< *(&x) <<"\n\n"; getch();}

9 kerjakan #include main(){ int nangka; int kelapa; int *pisang; pisang = &kelapa; kelapa = 200; nangka = *pisang; } Pertanyaan: 1.Isi dari &kelapa 2.Isi dari kelapa 3.Isi dari nangka 4.Isi dari pisang 5.Isi dari *(&kelapa)


Download ppt "POINTER. Pengertian • POINTER/penunjuk adalah variabel yang menyimpan atau menunjuk suatu alamat memori dan bukannya menyimpan suatu nilai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google