>X; cout<<"Bilangan yang dimasukkan: "< >X; cout<<"Bilangan.">

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 2 Komentar, Identifier dan Tipe Data. #include using namespace std; int main () { int X; cout<<"Masukkan sebuah bilangan bulat:"; cin>>X; cout<<"Bilangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 2 Komentar, Identifier dan Tipe Data. #include using namespace std; int main () { int X; cout<<"Masukkan sebuah bilangan bulat:"; cin>>X; cout<<"Bilangan."— Transcript presentasi:

1 Bab 2 Komentar, Identifier dan Tipe Data

2 #include using namespace std; int main () { int X; cout<<"Masukkan sebuah bilangan bulat:"; cin>>X; cout<<"Bilangan yang dimasukkan: "< { "@context": "http://schema.org", "@type": "ImageObject", "contentUrl": "http://images.slideplayer.info/3068220/11/slides/slide_1.jpg", "name": "#include using namespace std; int main () { int X; cout<< Masukkan sebuah bilangan bulat: ; cin>>X; cout<< Bilangan yang dimasukkan: <>X; cout<< Bilangan yang dimasukkan: <

3 #include using namespace std; // contoh komentar sisipan int main () { int X; // contoh membuat komentar 1 baris cout<<"Masukkan sebuah bilangan bulat:"; /* contoh membuat komentar 2 baris atau lebih */ cin>>X; cout<<"Bilangan yang dimasukkan: "< { "@context": "http://schema.org", "@type": "ImageObject", "contentUrl": "http://images.slideplayer.info/3068220/11/slides/slide_2.jpg", "name": "#include using namespace std; // contoh komentar sisipan int main () { int X; // contoh membuat komentar 1 baris cout<< Masukkan sebuah bilangan bulat: ; /* contoh membuat komentar 2 baris atau lebih */ cin>>X; cout<< Bilangan yang dimasukkan: <>X; cout<< Bilangan yang dimasukkan: <

4 Identifier Identifier: pengenal/pengidentifikasi agar kompiler dapat mengenalinya Jenis identifier: konstanta, variabel, fungsi, kelas, template, dan namespace Identifier konstanta dan variabel berfungsi untuk menampung sebuah nilai yang digunakan dalam program

5 Cara penamaan Identifier Case sensitive, A dan a berbeda arti. Harus diawali dengan angka –long X2benar –long 2Xsalah Tidak menggunakan spasi Tidak menggunakan simbol #,$,@,!,?,dll Tidak menggunakan keyword C++ seperti break, return

6 #include #define MAX 5; using namespace std; int main () { int A[MAX]; return 0; } #include using namespace std; const int MAX = 5; int main () { int A[MAX]; return 0; } menggunakan preprocessor directive #define menggunakan kata kunci const Identifier Konstanta

7 #include using namespace std; int A; int main () { A = 10; cout<<“A=“< { "@context": "http://schema.org", "@type": "ImageObject", "contentUrl": "http://images.slideplayer.info/3068220/11/slides/slide_6.jpg", "name": "#include using namespace std; int A; int main () { A = 10; cout<< A= <

8 #include using namespace std; int contoh() { int A = 0; A = A + 10; return A; } int main() { int x, y, z; x = contoh(); y = contoh(); z = contoh(); cout<<"Nilai fungsi pertama : "< { "@context": "http://schema.org", "@type": "ImageObject", "contentUrl": "http://images.slideplayer.info/3068220/11/slides/slide_7.jpg", "name": "#include using namespace std; int contoh() { int A = 0; A = A + 10; return A; } int main() { int x, y, z; x = contoh(); y = contoh(); z = contoh(); cout<< Nilai fungsi pertama : <

9 #include using namespace std; int contoh() { static int A = 0; A = A + 10; return A; } int main() { int x, y, z; x = contoh(); y = contoh(); z = contoh(); cout<<"Nilai fungsi pertama : "< { "@context": "http://schema.org", "@type": "ImageObject", "contentUrl": "http://images.slideplayer.info/3068220/11/slides/slide_8.jpg", "name": "#include using namespace std; int contoh() { static int A = 0; A = A + 10; return A; } int main() { int x, y, z; x = contoh(); y = contoh(); z = contoh(); cout<< Nilai fungsi pertama : <

10 Tipe data Tipe data dasar –tipe bilangan bulat –tipe bilangan riil –tipe logika –tipe karakter/string Tipe data bentukan –struktur –enumerasi

11 Tipe bilangan bulat Tipe dataUkuran (bit)Rentang int16 atau 32-32.768 sampai 32.767 -2.147.483.648 sampai 2.147.483.647 unsigned int16 atau 320 sampai 65.535 atau 0 sampai 4.294.967.295 signed int16 atau 32sama seperti int short int16-32.768 sampai 32.767 unsigned short int160 sampai 65.535 signed short int16sama seperti short int long int32-2.147.483.648 sampai 2.147.483.647 signed long int32sama seperti long int unsigned long int320 sampai 4.294.967.295

12 Tipe bilangan riil Tipe data Ukuran (bit) RentangPresisi float321.2E-38 sampai 3.4E+38 6 digit presisi double642.3E-308 sampai 1.7E+308 15 digit presisi long double 803.4E-4932 sampai 1.1E+4932 19 digit presisi

13 Tipe karakter/string Tipe dataUkuran (bit) Rentang char8-128 sampai 127 atau 0 sampai 255 unsigned char80 sampai 255 signed char8-128 sampai 127


Download ppt "Bab 2 Komentar, Identifier dan Tipe Data. #include using namespace std; int main () { int X; cout<<"Masukkan sebuah bilangan bulat:"; cin>>X; cout<<"Bilangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google