Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 2 – Manipulasi String PEMINATAN PROGRAMMING & DESAIN GRAFIS SMAK ST. LOUIS 2 SURABAYA POWERED BY PUEDE EDUCATION.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 2 – Manipulasi String PEMINATAN PROGRAMMING & DESAIN GRAFIS SMAK ST. LOUIS 2 SURABAYA POWERED BY PUEDE EDUCATION."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 2 – Manipulasi String PEMINATAN PROGRAMMING & DESAIN GRAFIS SMAK ST. LOUIS 2 SURABAYA POWERED BY PUEDE EDUCATION

2 Agenda 1. Review pertemuan 1 2. String 3. Latihan

3 Review Input / Output: printf scanf cin cout Variable Deklarasi: tipe_data nama_var Nama_var harus mengikuti aturan yang ada.

4 String Merupakan kumpulan karakter baik huruf, angka, ataupun spesial karakter. Biasa disebut kalimat dalam kehidupan sehari- hari Menggunakan: #include

5 Contoh Program #include using namespace std; int main(){ cout<<“Masukkan sebuah kalimat = “; string kalimat; getline(cin, kalimat); cout<< “Huruf pertama dari kalimat anda = “<< kalimat.at(0) <

6 Penjelasan #include dibutuhkan oleh cout dan cin. #include dibutuhkan karena ada tipe data string dalam program. using namespace std digunakan untuk menyingkat penulisan cout, cin, endl dan string. Jika tidak ada using namespace std, maka penulisan cin cout endl dan string menjadi std::cin, std::cout, std::string, std::endl; string kalimat memberitahu komputer bahwa kita memiliki 1 variabel bernama kalimat dan bertipe data string. getline(cin, kalimat) memodifikasi cin sehingga bisa menangkap seluruh inputan meskipun dipisahkan spasi. Tanpa getline, cin hanya dapat menangkap 1 kata saja. Kata berikutnya akan diabaikan atau dibuang.

7 Penjelasan (2) kalimat.at(0) mengakses huruf pertama di dalam variabel kalimat. Huruf pertama di C++ adalah huruf ke 0 (nol). endl mencetak enter. Sama dengan \n dalam bahasa C. kalimat.size() mencari banyaknya huruf dalam variabel kalimat. kalimat.find(“ ”) mencari spasi dalam variabel kalimat. Jika ditemukan, maka akan menghasilkan lokasi huruf spasi (huruf pertama adalah huruf ke 0). Atau menghasilkan -1 jika tidak menemukan karakter yang dicari. kalimat.at (panjang – 1) huruf terakhir di C++ adalah banyaknya huruf – 1. Dikurangi satu karena huruf pertama C++ mulai dari angka 0 (nol) BUKAN 1 (satu).


Download ppt "Pertemuan 2 – Manipulasi String PEMINATAN PROGRAMMING & DESAIN GRAFIS SMAK ST. LOUIS 2 SURABAYA POWERED BY PUEDE EDUCATION."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google