Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TONE/VALUE/TERANG-GELAP DAN TEKSTUR WEEK-4. TONE/VALUE/TERANG-GELAP Untuk keperluan studi nirmana 2D, tone dan value dapat menjadi synonim kata. Value.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TONE/VALUE/TERANG-GELAP DAN TEKSTUR WEEK-4. TONE/VALUE/TERANG-GELAP Untuk keperluan studi nirmana 2D, tone dan value dapat menjadi synonim kata. Value."— Transcript presentasi:

1 TONE/VALUE/TERANG-GELAP DAN TEKSTUR WEEK-4

2 TONE/VALUE/TERANG-GELAP Untuk keperluan studi nirmana 2D, tone dan value dapat menjadi synonim kata. Value adalah tingkatan terang / gelap yang dipantulkan oleh suatu permukaan.

3 TEKSTUR ADALAH ATRIBUT VISUAL DAN FISIK DARI SUATU BENTUK TONE DAN TEKSTUR MENUNJUKKAN KARAKTER PERMUKAAN OBYEK

4 TUGAS DI STUDIO (exercise 9) MENGGAMBAR TEKSTUR PERMUKAAN DENGAN MENGGUNAKAN TONE Tentukan beberapa obyek yang memiliki tesktur permukaan yang berbeda- beda seperti: - obyek yang berkilauan seperti uang logam, pen metal, plastik, dan sebagainya - obyek yang memiliki tekstur dan pola pada permukaannya, seperti sweater, kaus kaki, tas kulit imitasi, lantai kasar, celana jeans, - obyek yang terbuat dari kayu seperti kusen jendela /korek api / papan triplek / penggaris kayu / pensil kayu - obyek yang terbuat dari kertas seperti tissue makan, kertas cat air - obyek makanan seperti cracker / biskuit - obyek berambut seperti kuas cat - obyek yang berbulu seperti bola tenis / boneka bulu. Gambar salah satu obyek dengan menggunakan terang-gelap/tone/value, dan tekstur, untuk merepresentasikan obyek secara realistic, pada area 16x8 cm. Buat gambar detail perbesaran (close-up) dari tekstur obyek tersebut, pada area 8x8 cm. Media: kertas sketsa, pensil (HB-5B), dan drawing pen/rapido Media background untuk menempel kedua gambar: kertas putih tebal ukuran A4. Orientasi kertas: landscape/horizontal

5

6 Contoh Hasil Penggambaran Tekstur dengan Tone KIRI: CLOSE UP DETAIL TEKSTUR KANAN: OBYEK LENGKAP DENGAN TEKSTUR SECARA DETAIL

7 Contoh-contoh Tekstur Nyata KERTAS TISSUE DAPUR KARDUS BEKAS MANGKUK KACA SAPU

8 Tekstur di Alam

9 Contoh Tekstur Lain TEKSTUR CEREAL MERK “CHEX” TEKSTUR KAIN CORDUROY

10 TUGAS DI STUDIO (exercise 10) MENGGAMBARKAN KUALITAS 3D DENGAN TEKSTUR DAN TONE Lampu kelas dimatikan sebagian untuk membantu terbentuknya shadow/bayangan. Remas-remas sehelai kertas hingga membentuk bola Sketsa obyek tersebut di atas kertas sketsa putih ukuran 10x10 dengan media pensil HB-5B/sesuai keperluan. Perhatikan posisi jatuhnya bayangan, kualitas terang- gelap, karakter permukaan kertas, dsb. Tempel di background tebal warna hitam ukuran A4, beri label standard di bagian depan bawah. Perhatikan komposisi layout keseluruhan (prinsip desain)

11 Contoh Sketsa Kantong Kertas

12

13 Teknik Penggambaran a

14 TAKE-HOME EXERCISE TEXTURE DISCOVERIES (Ex.11) Buat reproduksi tekstur dengan teknik: 1. Stamping/Printing/cap – min. 7 tekstur nyata 2. Rubbing (dengan pensil) – min. 7 tekstur nyata 3. Drawing (dengan drawing pen/rapido) – min. 7 tekstur buatan / nyata / kombinasi Ukuran masing-masing bidang bertekstur: 5 x 5 cm. Reproduksi tekstur-tekstur tersebut ditempel pada kertas putih tebal ukuran A3. Orientasi kertas background: landscape. Layout lihat pada halaman berikut. Dikumpulkan Senin tanggal 4 Oktober 2010, di awal studio. Jika terlambat, hanya bisa dikumpulkan minggu depan, dan ADA PENGURANGAN NILAI.

15 Layout Tugas Texture Discoveries

16 Printed Texture (CAP/STAMPING)

17 DRAWN TEXTURERUBBED TEXTURE

18 Tekstur dengan Teknik Rubbing

19 Untuk Persiapan Minggu Depan Siapkan material sebagai berikut: Karton hitam (untuk 2 background A4, dan cadangan untuk membuat tugas figur-ground) Kertas “art paper” 100 gram ukuran A4 Siapkan bulatan-bulatan dari kertas putih (kertas HVS), dan hitam (warnai HVS dengan tinta bak hitam/kertas hitam setebal HVS), dengan menggunakan pelubang kertas. Buat cukup bulatan untuk mengisi bidang 10x10 cm Lem pvc (fox, dsb)/lem kertas Siswa menyiapkan 3 rencana komposisi dengan bantuan komputer di rumah, dan dibawa untuk direalisasikan saat studio. Bentuk-bentuk overlapping (ingat interrelationship of forms) juga dapat disiapkan di rumah jika diperlukan.

20 Contoh Komposisi Repetition (tugas 1)

21 Contoh Komposisi Repetition (tugas 2)

22 Bahan Referensi (dibaca sebelum pertemuan minggu depan) Principles of Two –Dimensional Design. Wucius Wong. John Wiley & Sons, Inc Pg (Chapter 3: Repetition, Chapter 4: Structure)  untuk tugas studio minggu depan tgl 5 October 2010 Untuk bahan bacaan sebelum tugas minggu berikutnya (2 minggu lagi): halaman (Chapter 5: Similarity, Chapter 6: Gradation, Chapter 7: Radiation). Tugas structure = take home. Dikumpulkan tgl. 12 October 2010

23 Tugas 3 di studio: Shape and Form (Ex. 12) Baca copy referensi yang dibagikan hari ini (buku: Design Principles and Problems, second edition. Paul Zelanski and Mary Pat Fisher. Thomson Wadsworth Pg ) Siapkan material karton hitam dan art paper putih 100 gr. Untuk membuat komposisi- komposisi dari referensi di atas. Komposisi berukuran 8x8. Background berukuran A4. Label standard. Pengumpulan awal studio minggu depan


Download ppt "TONE/VALUE/TERANG-GELAP DAN TEKSTUR WEEK-4. TONE/VALUE/TERANG-GELAP Untuk keperluan studi nirmana 2D, tone dan value dapat menjadi synonim kata. Value."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google