Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aspek Ekonomi, Sosial, dan Politik Studi Kelayakan Bisnis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aspek Ekonomi, Sosial, dan Politik Studi Kelayakan Bisnis."— Transcript presentasi:

1 Aspek Ekonomi, Sosial, dan Politik Studi Kelayakan Bisnis

2 ASPEK EKONOMI Pendahuluan Cukup banyak data makroekonomi yang tersebar di berbagai media yang secara langsung maupun tidak langsung dapat dimanfaatkan perusahaan. Data makroekonomi tersebut banyak yang dapat dijadikan sebagai indikator ekonomi yang dapat diolah menjadi informasi penting dalam rangka studi kelayakan bisnis, misalnya: PDB, investasi, inflasi, kurs valas, APBN, dan sebagainya.

3 Selain menjadikan fakta makroekonomi sebagai input dalam studi kelayakan bisnis, hendaknya perlu dikaji imbal-baliknya, yaitu bahwa bisnis yang direncanakan hendaknya bermanfaat bagi pihak lain.

4 Sisi Rencana Pembangunan Nasional Analisis manfaat proyek ditinjau dari sisi ini, dimaksudkan agar proyek dapat: 1.Memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat; 2.Menggunakan sumber daya lokal; 3.Menghasilkan dan menghemat devisa; 4.Menumbuhkan industri lain; 5.Turut menyediakan kebutuhan konsumen dalam negeri sesuai dengan kemampuan; 6.Menambah pendapatan nasional.

5 Hambatan di Bidang Ekonomi 1. Iklim tropis; 2. Produktivitas rendah; 3. Kapital sedikit; 4. Nilai perdagangan luar negeri yang rendah; 5. Besarnya pengangguran; 6. Besarnya ketimpangan distribusi pendapatan; 7. Tekanan penduduk yang berat; 8. Penggunaan tanah yang produktivitasnya rendah.

6 Dukungan Pemerintah Pemerintah mempunyai kepentingan agar perdagangan yang dilakukan oleh perusahaan- perusahaan di dalam negeri akan menghasilkan devisa bagi negara. Salah satu bentuk dukungan itu adalah melalui proteksi perdagangan. Proteksi perdagangan merupakan seluruh insentif perdagangan baik berupa proteksi maupun bantuan (subsidi).

7 Oleh karena itu, proteksi perdagangan lebih tepat disebut sebagai insentif perdagangan. Instrumen kebijakan proteksi perdagangan banyak ragamnya, tetapi tujuannya tetap satu, yaitu menimbulkan distorsi pasar dalam artian mencegah adanya pasar persaingan bebas.

8 ASPEK SOSIAL Perusahaan Sebagai Lembaga Sosial Sebuah perusahaan memiliki tugas melaksanakan bermacam- macam kegiatan dalam waktu bersamaan. Dalam pelaksanaannya sering timbul ancaman sekaligus peluang baik dari lingkungan internal maupun eksternal perusahaan. Jadi, perusahaan selain mencari keuntungan juga mengemban misi sosial kemasyarakatan. Hal ini penting agar dirinya dengan masyarakat dapat hidup saling menguntungkan.

9 Perubahan Kondisi Sosial yang Kompleks Pemecatan karyawan karena berbagai alasan merupakan hal yang biasa pada masa lalu. Kini, tindakan seperti itu hanya akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan dalam sistem sosial yang kompleks dalam perusahaan.

10 Manfaat Sosial Hendaknya bisnis memiliki manfaat-manfaat sosial bagi masyarakat seperti: 1. Membuka lapangan kerja baru; 2. Melaksanakan alih teknologi; 3. Meningkatkan mutu hidup; 4. Pengaruh positif.

11 ASPEK POLITIK Good News vs Bad News Adanya isu/rumor/spekulasi yang timbul akibat kondisi politik yang diciptakan pemerintah akan mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk. Situasi politik dapat diketahui melalui berita-berita di media massa. Berita-berita tersebut dapat digolongkan menjadi: 1. Good news; 2. Bad news.

12 Good News Di dalam bisnis, good news dimaknai sebagai berita-berita yang dapat diterima pelaku pasar tentang berbagai faktor atau kondisi suatu negara yang berhubungan dengan dunia investasi, yang dinilai mendukung dan memiliki potensi mendatangkan keuntungan bagi dunia investasi.

13 Bad News Bad news, di sisi yang lain, dimaknai sebagai berita yang diterima pelaku pasar tentang berbagai faktor atau kondisi suatu negara yang berhubungan dengan dunia investasi yang dinilai tidak mendukung dan memiliki potensi mendatangkan kerugian bagi dunia investasi

14 Pengaruh Aspek Politik Aspek politik pemerintah secara langsung ataupun tidak langsung berpengaruh kepada dunia bisnis. Makin kacau kondisi politik suatu daerah atau negara akan berdampak makin kacau pula dunia bisnis di daerah atau negara tersebut, begitu pula sebaliknya.


Download ppt "Aspek Ekonomi, Sosial, dan Politik Studi Kelayakan Bisnis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google