Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH : I Made Swasta Adiputra 07.41010.0215. 1. Rekam medis merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH : I Made Swasta Adiputra 07.41010.0215. 1. Rekam medis merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan,"— Transcript presentasi:

1 OLEH : I Made Swasta Adiputra

2 1. Rekam medis merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan serta tindakan dan pelayanan lain kepada pasien selama mendaatkan perawatan di penyedia layanan kesehatan baik rawat jalan maupun rawat inap (Brontowasisto, 2003). 2. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang telah berpengaruh besar bagi perubahan pada semua bidang, termasuk bidang kesehatan khususnya pada proses rekam medis yang disebut dengan rekam medis elektronik (Hozinah, 2010).

3 3. Masalah yang seringkali muncul adalah tidak adanya keterkaitan antar masing-masing penyedia layanan kesehatan dalam hal informasi pada rekam medis 4. Permasalahan yang juga sering muncul yaitu pada keluhan pasien yang menunjukkan setiap mereka memasuki penyedia layanan kesehatan mengatakan bahwa mereka menjawab pertanyaan yang sama pada setiap kunjungan atau diagnosa (Schafer, 2008).

4 1. Bagaimana merancang sistem rekam medis pasien elektronik yang terpusat di Kota Madya Denpasar. 2. Bagaimana menentukan infrastruktur teknologi informasi yang sesuai untuk sistem rekam medis elektronik terpusat di Kota Madya Denpasar.

5 1. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data-data dari tiga rumah sakit yang telah dipilih yang ada di Kota Madya Denpasar. 2. Desain sistem tidak membahas rawat jalan, rawat inap, dan UGD, langsung ke proses pemeriksaan pasien. 3. Penyedia layanan kesehatan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah rumah sakit baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Madya Denpasar dalam Study kasus ini diambil 3 tipe rumah sakit yaitu : a. Rumah Sakit tipe A yaitu : RSUP Sanglah. b. Rumah Sakit tipe B yaitu : RS. Wangaya. c. Rumah Sakit tipe C yaitu : RS. Bhakti Rahayu.

6 4. Rancangan sistem informasi yang dibangun tidak mencakup detail sistem informasi manajemen rumah sakit (SIM-RS) yang bersangkutan. 5. Formulir rekam medis pasien yang ada dalam sistem mencakup data identitas pasien, data anamnesa, data diagnosa fisik, data pemeriksaan radiologi atau laboratorium, data sejarah penyakit pasien, data tindakan medis yang diberikan kepada pasien dan data obat.

7 1. Rekam Medis Elektronik Rekam medis elektronik secara praktis dapat diartikan sebagai proses pemeliharaan informasi kesehatan secara elektronik mengenai status kesehatan dan perawatan kesehatan yang telah diberikan kepada pasien(Ardianto, 2004).

8 2. Unified Modeling Language (UML) UML adalah buah pikiran dari Grady Booch, James Rumbaugh, dan Ivar Jacobson. Mereka bekerja dalam organisasi yang terpisah antara tahun 80-an sampai dengan awal 90-an. Mereka merencanakan sebuah metodelogi untuk analisis dan design yang berorientasi obyek.

9 3.Jaringan Terpusat Menurut Sharpey-Scafer dan Suleman ada banyak solusi teknis yang mungkin untuk menciptakan sebuah jaringan terpusat. Desain jaringan terpusat yang telah ada (existing) dan yang diusulkan (proposed) diambil dari berbagai bidang TI termasuk: aplikasi web, database terdistribusi, jaringan peer-to-peer, arsip digital, standar interoperabilitas, dan komputasi grid (grid computing).

10 1. Business Use Case Diagram A. Business Use Case Diagram Sistem Informasi Rekam Medis Pasien Elektronik Terpusat B. Business Use Case Diagram Sistem Rimah Sakit 2. Class Diagram 3. Gambaran Umum Sistem 4. Eentity Relationship Diagram A. CDM B. PDM

11 1. Pendaftaran Pasien 2. Registrasi Pasien Langsung 3. Registrasi Pasien dengan Rujukan 4. Pemeriksaan Pasien 5. Data Rekam Medis Pasien 6. Laporan Data Pasien 7. Laporan Data Kunjungan Pasien

12 Berdasarkan hasil uji coba desain sistem yang telah dilakukan, berikut adalah poin-poin kesimpulan dari pengerjaan tugas akhir ini, antara lain : 1. Desain sistem informasi rekam medis pasien elektronik terpusat dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan untuk menyimpan data rekam medis pasien yang melakukan pemeriksaan di rumah sakit-rumah sakit yang ada di Kota Madya Denpasar secara terpusat pada database server. 2.Desain sistem informasi berorientasi objek menggunakan UML dapat memberikan berbagai sudut pandang terhadap sistem yang akan dibuat, dapat membuat model dengan menggunakan notasi-notasi yang tepat dan dapat memverifikasi bahwa model yang telah dibuat sudah memenuhi persyaratan system. 3.Dengan menggunakan diagram-diagram grafis yang ada pada UML seperti business use case diagram, activity diagram, use case diagram, class diagram, sequence diagram, collaboration diagram, dan statechart diagram dapat digunakan untuk memahami persoalan, mengkomunikasikan dengan orang yang terlihat dalam proyek, memodelkan rumah sakit dan sistem, menyiapkan dokumentasi, merancang program, dan merancang database.

13 Tugas akhir ini hanya membuat rancangan desain sistem untuk sistem informasi rekam medis pasien elektronik terpusat, adapun keterkaitan dengan sistem informasi manajemen rumah sakit. Terdapat beberapa saran untuk pengembangan tugas akhir ini, antara lain : 1.Membuat rancang bangun sistem informasi rekam medis pasien elektronik terpusat, sehingga dapat diimplementasikan oleh pemerintah kota untuk melakukan centralisasi data rekam medis pasien. 2.Membuat desain sistem informasi manajemen rumah sakit yang dapat menyesuaikan dengan desain integrasi sistem yang telah dibuat. Sistem informasi manajemen tersebut antara lain: sistem pembayaran, sistem rawat inap, sistem rawat jalan, sistem unit gawat darurat dan sistem pendukung lain yang bergubungan dengan rumah sakit. Yang mana pada akhirnya bisa terbentuk sistem informasi yang terintegrasi secara regional.

14 Terima Kasih


Download ppt "OLEH : I Made Swasta Adiputra 07.41010.0215. 1. Rekam medis merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google