Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : I Putu Agus Hendrayana Surya (07410100176).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : I Putu Agus Hendrayana Surya (07410100176)."— Transcript presentasi:

1 Oleh : I Putu Agus Hendrayana Surya ( )

2 Latar belakang

3 PERUMUSAN MASALAH 1.Bagaimana merancang dan membangun sistem informasi rumah bersalin pada rumah bersalin yang efektif dan user friendly. 2.Bagaimana merancang dan membangun sistem informasi ini supaya dapat mempercepat dan meminimalkan antrian pasien pada waktu pendaftaran dan pemeriksaan pasien. 3.Bagaimana merancang dan membangun sistem informasi ini agar dapat memberikan data kepada bidan mengenai histori dari pasien. 4.Bagaimana merancang dan membangun laporan pembelian, laporan pendapatan, pelaporan jumlah pasien, laporan stok obat, dan laporan bayi yang lahir kepada manajer rumah bersalin.

4 PEMBATASAN MASALAH 1.Pembuatan tugas akhir ini mengambil studi kasus Rumah Bersalin Bidan Ni Wayan Suriati. 2.Sistem informasi ini mencakup pembelian obat-obatan, pembelian alat medis rumah bersalin, pengaturan tempat kamar pasien, pembayaran jasa serta pembuatan laporan pembelian, laporan pendapatan, pelaporan jumlah pasien, laporan stok obat, dan laporan bayi yang lahir. 3.Untuk data obat-obatan dan alat medis yang di catat di gudang maupun yang diberikan kepada pasien atau bayi dihitung dalam satuan. 4.Pasien yang melakukan transaksi diharuskan melakukan pembayaran secara tunai bukan secara kredit. 5.Pembuatan tugas akhir ini digunakan untuk menangani pada pasien hamil, pasien bersalin dan imunisasi bayi/balita. 6.Sistem informasi ini berbasiskan desktop dengan menggunakan Microsoft Visual Basic.Net 2010 dengan database Microsoft SQL Server 2008.

5 LANDASAN TEORI

6 Menurut Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 20 Tahun 2005 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan, Bab 1 Ketentuan Umum, Pasal 1, no.14 pada ampl.net/file/pdf/Perda_Kota_Malang_No_20_Tahun_2005.pdf, Rumah bersalin adalah rumah bersalin yang melayani pertolongan persalinan serta perawatannya dengan menginap termasuk bayinya. Menurut Desi (2008) pada nkpe/s1/desi/2008/jiunkpe-ns-s baby_blues-chapter2.pdf, Rumah Bersalin merupakan tempat menyelenggarakan pelayanan kebidanan bagi wanita hamil, bersalin dan masa nifas fisiologik termasuk pelayanan keluarga berencana serta perawatan bayi baru lahir. Rumah bersalin harus mempunyai sifat privat dan semi privat, sebab tidak semua orang dapat keluar masuk di dalam area ini. Sifat privat terdapat pada ruang persalinan.

7 PERANCANGAN SISTEM System Flow DFD CDM PDM DOCFLOW

8 SYSTEM FLOW PASIEN BARU

9 SYSTEM FLOW PASIEN LAMA

10 SYSTEM FLOW PENCATATAN KESEHATAN IBU HAMIL DAN KELUHAN IBU HAMIL

11 DFD CONTEXT DIAGRAM DFD LEVEL 0 DFD LEVEL 1 (administrasi) DFD LEVEL 1 (pemeriksaan pasien)

12

13 KESIMPULAN Kesimpulan yang dapat diambil dari pembuatan Rancang Bangun Sistem Informasi Rumah Bersalin adalah sebagai berikut : 1.Rancang Bangun Sistem Informasi pada Rumah Bersalin ini menghasilkan sistem baru dan merupakan pengembangan sistem yang telah ada di Rumah Bersalin Bidan Ni Wayan Suriati. 2.Rancang Bangun Sistem Informasi pada Rumah Bersalin dapat mengintegrasikan sistem pendaftaran pasien, pemeriksaan dan tindakan terhadap pasien dan pembayaran jasa kepada pasien secara komputerisasi.

14 SARAN • Berdasarkan analisis dan perancangan sistem yang sudah dilakukan, saran yang dapat disampaikan oleh penulis untuk pengembangan desain sistem informasi pada rumah bersalin yaitu : • Hasil analisis dan perancangan sistem informasi pada rumah bersalin ini dapat dikembangkan dengan membuat sms gateway untuk notifikasi kepada pasien yang akan melakukan pemeriksaan atau yang akan melahirkan. • untuk kesempurnaan dari sistem rumah bersalin ini di perlukan sistem informasi akuntansi dan penggajian sehingga sistem informasi pada rumah bersalin bisa berjalan optimal.


Download ppt "Oleh : I Putu Agus Hendrayana Surya (07410100176)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google