Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PSIKOLOGI TIMUR Psikologi Kepribadian 2 11 Juni 2013 Drs. E.M Agus Subekti, M.Kes., M.Psi., Psikolog Weni Endahing Warni, M.Psi., Psi Lutfi Arya, M.Psi.,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PSIKOLOGI TIMUR Psikologi Kepribadian 2 11 Juni 2013 Drs. E.M Agus Subekti, M.Kes., M.Psi., Psikolog Weni Endahing Warni, M.Psi., Psi Lutfi Arya, M.Psi.,"— Transcript presentasi:

1 PSIKOLOGI TIMUR Psikologi Kepribadian 2 11 Juni 2013 Drs. E.M Agus Subekti, M.Kes., M.Psi., Psikolog Weni Endahing Warni, M.Psi., Psi Lutfi Arya, M.Psi., Psikolog

2 Ajaran /kajian kepribadian ttg hidup Ajaran ABHIDAMMA Ajaran Budha Gautama  konsep2 psikologi scr umum yg menyoroti ttg aktivitas jiwa. Banyak dirujuk oleh pemikir Barat, Tokoh Romawi dan Yunani. Psi. Timur tidak berkembang, berkaitan dg metode yg sifatnya sangat subyektif, yaitu metode penghayatan. Psi. Timur tidak berkembang, berkaitan dg metode yg sifatnya sangat subyektif, yaitu metode penghayatan. Hidup melakukan pengorbanan. Hidup melakukan pengorbanan.

3 Ada 3 konsep dasar Abhidamma: Ada 3 konsep dasar Abhidamma: 1. Hidup memiliki 3 prinsip 2. Aktivitas jiwa manusia 3. Pikiran manusia merupakan hasil/produk dr aktivitas panca indera

4 1.Hidup memiliki 3 prinsip (objek kajian fenomenologi) a. Hidup adl penderitaan. Yg tdk mau menderita maka mengakhiri hidupnya  pengingkaran thd aktivitas kehidupan. Spt konsep psi. eksistensi  jk mans tdk mau eksis maka dibuang. Mans lahir hrs berusaha, krn memiliki potensi (Growth Need)  aktualisasi diri. b. Dalam hidup sll ada jalan/alternatif. Goldstein : dlm kehidupan ada kanal2/jalan. Apakah manusia mau mencari jalan tsb? Hidup bukan mrpkn hadiah. Manusia hrs mampu memaknai penderitaan  krn ada jln utk melalui penderitaan tsb. c.Hidup memberikan reward/hadiah, jika manusia mampu melalui penderitaan & menemukan alternatif/jalan utk hidup kepuasan.

5 3 prinsip diatas mrp suatu gejala/fenomena dlm hidup. Jika memakai Psi.Barat maka ke 3 prinsip tsb mjd kajian Fenomenologi (Rogers).

6 Rogers: Menyoroti ttg gejala yg sll eksis, meng”ada” (fenomenologi) Jung: juga mengembangkan ttg fenomena yg terkait dg ekstravert & introvert. Memadukan dg filsafat timur. Metode penghayatan bukan pd eksperimen (deep feeling). Prinsip Integralistik: Suatu bentuk kesatuan yg tdk bisa terpisahkan Maslow: Integralistik yg holistik (mencakup keseluruhan) Behavioristik: Melihat perilaku dg cara eksperimen.

7 2. Aktivitas jiwa manusia (ATTA)  menggambarkan seluruh aktivitas jiwa yg menggambarkan suatu dinamika. Jiwa memiliki 2 unsur = suci & tdk suci Mempengaruhi tipologi kepribadian manusia. Suci = Kusula Tipe Tdk suci = Akusula Kepribadian

8 a.Jika dikuasai dg unsur suci maka mjd bijaksana shg sifat yg muncul adl ‘wise’, ‘wisdom’, baik, suka menolong, mengabdi pd muncul adl ‘wise’, ‘wisdom’, baik, suka menolong, mengabdi pd sesama. sesama. b. Jika dikuasai oleh unsur tdk suci, maka mjd pendengki shg sifat yg muncul adl iri hati, tdk suka kedamaian, profokasi. yg muncul adl iri hati, tdk suka kedamaian, profokasi. c. Tipe jiwa yg acak2an, campuran silih berganti antara jiwa yg sehat & yg tdk sehat (Delude). Dilihat dr tempat tidur, jika bangun tidur loncat kmd tempat tidur dibiarkan acak2an, maka indikasi memiliki pribadi yg acak2an, mudah melemparkan tanggung jawab.

9 □ Perubahannya tergantung pada pengendalian diri. □ Menurut prinsip Abhidhamma = membentuk pribadi (sehat), dg ciri: tanpa stres, mengalir, tdk berarti tdk punya prinsip, tdk memiliki tekanan, jk ada tekanan maka dianggap sbg feedback. □ Golongan akhir pribadi Arahat: menuju NIRWANA  alam yg kosong & tdk terkontaminasi byk hal.

10 3. Pikiran manusia mrp hasil/produk dr aktivitas panca indera. Panca indera memiliki ambang batas (keterbatasan) dlm melakukan proses penginderaan shg pikir tsb arahnya mjd sesat/tersesat. Contoh: melihat laki2 yg tinggi, dipikir dpt melindungi, memayungi, pdhal belum tentu menimbulkan sesat. Shg sbg mans hrs mengembangkan intuisi (indera keenam) kepekaannya perlu dilatih, krn indera keenam tdk memiliki ambang batas. Ada reinkarnasi  perubahan status dr hidup sbg mans, turun mjd level binatang, turun lg mjd level tumbuhan.

11 KONSEP ANIMA (JUNG) Agar tdk tjd reinkarnasi, maka mans hrs mengolah pikir, mengembangkan intuisi dg cara: Konsentrasi: memusatkan perilaku mans POLA □ Konsentrasi: memusatkan perilaku mans POLA tertuju pd satu tujuan/objek. PIKIR tertuju pd satu tujuan/objek. PIKIR Mindfullness meditation. (Meditasi scr penuh) SEHAT □ Mindfullness meditation. (Meditasi scr penuh) SEHAT tdk menyingkirkan obyek2 kehidupan tp sbg (TINGKAT tdk menyingkirkan obyek2 kehidupan tp sbg (TINGKAT fenomena yg saling menopang dicapai oleh NIRWANA) fenomena yg saling menopang dicapai oleh NIRWANA) org2 yg sdh terlatih. org2 yg sdh terlatih.

12 Psikologi Timur Keselarasan pelaksanaan. Keselarasan pelaksanaan. Mlht konsep harmoni, memotret bgian ujung dr lingkaran keselarasan antar teori. Inti harmoni mengembangkan unsur jiwa yg suci, kemampuan mengelola. Inti harmoni mengembangkan unsur jiwa yg suci, kemampuan mengelola. Sisi pandang lain yg m’jlskan ttg humanistik Sisi pandang lain yg m’jlskan ttg humanistik Agr tdk sesat “ada karma”yg mrpkn doktrin yg mmlk 3 makna : Agr tdk sesat “ada karma”yg mrpkn doktrin yg mmlk 3 makna : 1. Kematerialan : keduniawian Tdk suci/ ing menguasai dunia dgn m’halalkan sgl Tdk suci/ ing menguasai dunia dgn m’halalkan sgl crmenyesatkan crmenyesatkan

13 Lanjutan 2. Doktrin kepatuhan Yg tdk pth akn menerima buah ktdkpatuhan, tdk ujian tdk dpt nilai ulang menderita, ada tingkatan2 KESEHATAN MENTAL a. Pikir b. Rasa c. Psikosomatik Dgn mengikuti kaidah2 kusula (kebaikan)

14


Download ppt "PSIKOLOGI TIMUR Psikologi Kepribadian 2 11 Juni 2013 Drs. E.M Agus Subekti, M.Kes., M.Psi., Psikolog Weni Endahing Warni, M.Psi., Psi Lutfi Arya, M.Psi.,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google