Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS MANAJEMEN SIM AUDIT WEB KOTA MALANG

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS MANAJEMEN SIM AUDIT WEB KOTA MALANG"— Transcript presentasi:

1 TUGAS MANAJEMEN SIM AUDIT WEB KOTA MALANG
JUDUL AUDIT WEB KOTA MALANG Oleh ; JUMINAH ( )/Reguler C

2 Pendahuluan Penggunaan teknologi internet memiliki berbagai keuntungan sebagai sarana untuk menyajikan informasi dan media komunikasi yang murah mudah, dan cepat serta tanpa batasan jarak dan waktu. Berdasarkan keuntungan tersebut internet banyak digunakan dalam bidang kehidupan manusia termasuk bidang pemerintahan. Didalam bidang pemerintahan internet digunakan untuk menampilkan situs web pemerintah (e-Government). Perkembangan situs web pemerintah saat ini sudah sangat pesat dan meningkat, hal ini merupakan penerapan dari instruksi Presiden No. 3 tahun 2003, yang isinya menggalakkan pemanfaatan teknologi informasi (internet) dalam menunjang aktifitas pemerintahannya, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah menuju terwujudnya e-Government di Indonesia.

3 LATAR BELAKANG Ketika kerajaan Singhasari dibawah kepemimpinan Akuwu Tunggul Ametung yang beristrikan Ken Dedes, kerajaan itu dibawah kekuasaan Kerajaan Kediri. Pusat pemerintahan Singhasari saat itu berada di Tumapel. Baru setelah muncul Ken Arok yang kemudian membunuh Akuwu Tunggul Ametung dan menikahi Ken Dedes, pusat kerajaan berpindah ke Malang , setelah berhasil mengalahkan Kerajaan Kediri. Kediri saat itu jatuh ke tangan Singhasari dan turun statusnya menjadi kadipaten. Sementara Ken Arok mengangkat dirinya sebagai raja yang bergelar Prabu Kertarajasa Jayawardhana atau Dhandang Gendhis ( ). Kerajaan ini mengalami jatuh bangun. Semasa kejayaan Mataram, kerajaan- kerajaan di Malang jatuh ke tangan Mataram, seperti halnya Kerajaan Majapahit. Sementara pemerintahan pun berpindah ke Demak disertai masuknya agama Islam yang dibawa oleh Wali Songo. Malang saat itu berada di bawah pemerintahan Adipati Ronggo Tohjiwo dan hanya berstatus kadipaten. Pada masa-masa keruntuhan itu, menurut Folklore, muncul pahlawan legendaris Raden Panji Pulongjiwo. Ia tertangkap prajurit Mataram di Desa Panggungrejo yang kini disebut Kepanjen (Kepanji-an). Hancurnya kota Malang saat itu dikenal sebagai Malang Kutho Bedhah.

4

5 Rumusan masalah Menilai web pemerintah kabupaten malang apakah telah sesuai dengan parameter penilaian yang dikeluarkan oleh depkominfo serta memberikan gambaran umum layanan yang perlu dikembangkan oleh kabupaten Malang (www.kabmalang.go.id).

6 Landasan teori E-Government Menurut World Bank, e-Government didefinisikan sebagai upaya pemanfaatan dan pendayagunaan telematika untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemerintahan, memberikan berbagai jasa pelayanan kepada masyarakat secara lebih baik, menyediakan akses informasi kepada publik secara lebih luas, dan menjadikan penyelenggaraan pemerintahan lebih bertanggung jawab (accountable) serta transparan kepada masyarakat. Intinya e-Government adalah proses pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat untuk membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efektif dan efisien.

7 Parameter Penilaian (sumber : depkominfo)
Didalam pembuatan rating situs web pemerintah daerah, digunakan sejumlah parameter penilaian yang meliputi: Kecepatan (Speed) Faktor kecepatan untuk tampilan sebuah situs web pemerintah daerah sangat berpengaruh terhadap pengunjung. Homepage Homepage pada suatu situs web pemerintah daerah adalah halaman pertama yang akan dibuka oleh pengunjung. Suatu bentuk homepage yang menarik akan memberi kesan tersendiri bagi pengunjung untuk mengetahui lebih jauh tentang isi dari situs web pemerintah daerah.

8 Isi (Content) Isi (content) situs web pemerintah daerah merupakan sejumlah informasi yang disampaikan oleh suatu lembaga pemerintah daerah kepada masyarakat. Isi minimal situs web pemerintah provinsi akan berbeda dengan situs web pemkab/pemkot. Konteks suatu situs web pemerintah daerah harus mencerminkan dan sejalan dengan visi dan misi, serta tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari lembaga pemerintah daerah bersangkutan. Pembuatan situs web pemerintah daerah mempunyai sasaran agar masyarakat Indonesia dapat dengan mudah memperoleh akses kepada informasi dan layanan lembaga pemerintah daerah

9 Kemudahan Dibaca (Readibility) Suatu situs web pemerintah daerah harus mudah dibaca, dimengerti, dan difahami oleh pengunjung. Situs web pemerintah daerah harus memperhatikan faktor kenyamanan, dan memberikan kemudahan bagi pengunjung. Mobilitas Data Data pada suatu isi (content) sebuah situs web pemerintah daerah harus selalu di mutakhirkan. Ditinjau dari sisi mobilitasnya, suatu data dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu data statis dan data dinamis.

10 Ketepatan (Accuracy) Salah satu parameter keberhasilan suatu situs web pemerintah daerah adalah ketepatan (accuracy). Pengertian ketepatan disini adalah mengenai kemampuan dan ketepatan situs web pemerintah daerah dalam menyajikan informasi. Layanan Publik Salah satu tujuan dari e-government adalah memberikan layanan publik secara elektronik melalui media situs web pemerintah daerah. Situs web pemerintah daerah harus memberikan informasi tentang layanan publik yang diberikan oleh lembaga pemerintah daerah bersangkutan atau lembaga pemerintah lainnya kepada masyarakat.

11 Ukuran Kualitas Interaksi (Usability) Ukuran kualitas interaksi pada situs web pemerintah daerah adalah pengalaman pengunjung ketika melakukan interaksi pada situs web pemerintah. Ukuran kualitas interaksi (usability) lebih cenderung mengacu pada desain dari User Interface (UI). Penggunaan Platform Penggunaan suatu platform mempunyai korelasi dengan penggunaan dan pengembangan aplikasi pada suatu situs web pemerintah.

12 Kesimpulan Sehubungan dengan Instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 website pemerintah diharapkan dapat menunjang pemerintahan daerah maupun pusat, maka dengan hal tersebut website pemerintah selayaknya memiliki konten layanan yang dapat digunakan oleh karyawan pemerintahan dan swasta serta mayarakat umum, bukan hanya bagus dari segi tampilan, namun dititikberatkan pada parameter yang telah ditetapkan untuk standart web pemerintah.

13 www. kabmalang.go.id

14

15 Tabel Hasil Penilaian Total
TABEL HASIL PENELITIAN Tabel Hasil Penilaian Total quisioner skor Kriteria 1.Kecepatan 5.00 Sangat Baik 2.Homepage 3.Kontek 4.Kontens(isi) 4.33 Cukup Baik 5.Ukuran Kualitas Interaksi 4.40 6.Kemudahan dibaca sangat Baik 7.Mobilitas Data 4.60 Baik 8.Ketepatan ( accuracy) 4.00 baik 9.Layanan Publik 3.83 cukup Baik 10.Hits 4.75 11.Penggunaan Platform 45.41

16 GRAFIK HASIL PENELITIAN

17 KRETERIA PENILAIAN NO Kreteria Penilaian JAWABAN SB B CB KB SKB 5 4 3
2 1 1. Kecepatan (SPEED) 1.1 Kecepatan Loding X 1.2 Kecepatan Pindah (link) Ke Halaman lain 1.3 Kecepatan download DATA/INFORMASI 1.4 Kecepatan AKSES Homepage 2.1 Halaman Depan Mudah di Mengerti dan di Pahami 2.2 Memilliki Banner Ucapan Selamat Datang 2.3 Desain Halaman Muka Baik (INTERFACE) 2.4 Huruf Terang (mudah dibaca,bukan pada berita) 2.5 Desain LAYOUT (Desain dan tata letak )

18 Dari segi kecepatan (speed), kecepatan loading dan berpindah ke link lain web malang tergolong, sangat baik, untuk kecepatan download dan kecepatan akses tergolong sangat baik, dan Untuk halaman homepage hasil yang didapat sangat baik,mudah dipahami,mudah dibaca,mudah dimengerti.

19 No Kreteria Penilaian JAWABAN SB B CB KB SKB 5 4 3 2 1 KONTEKS 3.1 Ada visi dan misi Pemerintahan Daerah X 3.2Tugas pokok dan fungsi lembaga pemerintahan 3.3Terdapat Impomasi Geografis 3.4Terdapat Impomasi potensi daerah 3.5 Terdapat Impomasi Layanan Publik 3.6 Terdapat LINK dengan WEB terkait ( dinas, Badan, kantor )

20 Dari segi konteks web site Malang sangat baik, untuk ketersediaan informasi layanan dan web benar-benar sesuai dengan konteks kegunaan.

21 No Kreteria Penilaian JAWABAN SB B CB KB SKB 5 4 3 2 1 4. KONTEKS (ISI) 4.1 Berita (news) X 4.2 Perijinana 4.3 Link ke web lain 4.4 Propil Daerah 4.5 Galery 4.6 Agenda acara (walikota,bupati,gubenur) 4.7 INFO kota 4.8 Memiliki subdomain ( simpeg, simpada , simkeu dan lain-lain

22 Dari segi konten untuk berita, link web lain, serta profil daerah peniti menilai baik, sedangkan untuk galeri baik, agenda acara dan info kota peneliti menilai cukup baik, sementara untuk simpeg, simpada, simkeu dll nilainya kurang begitu baik, hal yang sama juga untuk info perijinan, peneliti menilai sangat kurang baik, karena web tersebut belum memiliki info layanan tentang perijinan.

23 No Kreteria Penilaian JAWABAN SB B CB KB SKB 5 4 3 2 1 UKURAN KUALITAS INTERAKSI(USABILYTI) 5.1 Pembelajaran (mudah di mengerti) X 5.2 Mudah berinteraksi dengan sistim (User friendly) 5.3 Alamat Webisite mudah di ingat 5.4 Frekwensi Kesalahan Navagasi rendah 5.5 Desain interaksi WEb

24 Dari segi usability dan readibility sangat baik sedangkan untuk berintraksi dengan sistim baik, untuk alamat website mudah di ingat cukup baik, frekwensi kesalahan navagasi rendah baik dan desain interaksi Web baik,peneliti nilai bahwa web yang dimaksud sangat baik.

25 No Kreteria Penilaian JAWABAN SB B CB KB SKB 5 4 3 2 1 6 KEMUDAHAN DI BACA (Readibility) 6.1 Kejelasan Kalimat Dalam Tulisan X 6.2 Tata letak TEKS (Layout Teks) 6.3 Warna Tulisan 6.4 Kemudahan di baca ,dimengerti,& dipahami ( inpormasi ) 6.5 Kemudahan dalm mencari Informasi

26 Dari segi mobilitas data dan ketepatan menurut peneliti sudah baik hanya perlu peningkatan pada informasi dinamis up to date.

27 No Kreteria Penilaian JAWABAN SB B CB KB SKB 5 4 3 2 1 7. MOBILITAS DATA 7.1 Data Akurat X 7.2Proses Yang Akurat 7.3 Output Akurat 7.4 Inpormasi Dinamis UP TO DATE ( Berita, Agenda, Tanggapan Dan lain-lain ) 7.5 Inpormasi Statis UP TO DATE ( Struktur Organisasi, geografis Dan Lain-lain )

28 No Kreteria Penilaian JAWABAN SB B CB KB SKB 5 4 3 2 1 8 KETEPATAN ( ACCURACY ) 8.1 Reabilitas Data ( Ketepatan Data ) X 8.2 Inpormasi Yang Valid 8.3 Sumber Inpormasi Jelas

29 Dari segi mobilitas data dan ketepatan menurut peneliti sudah baik hanya perlu peningkatan pada Proses.

30 No Kreteria Penilaian JAWABAN SB B CB KB SKB 5 4 3 2 1 9 LAYANAN PUBLIK 9.1 Jenis Layanan Yang Diberikan ( Perijinan, Perpajakan ,Dan Lain –lain ) X 9.2 Interaksi Layanan Publik Pada Masyarakat 9.3 Tanggapan dari Pemerintah Daerah 9.4 Pengaduan Masyrakat

31 No Kreteria Penilaian JAWABAN SB B CB KB SKB 5 4 3 2 1 10. HITS 10.1 Tersedia Jumlah Pengunjung Web X 10.2 Tersedia Informasi Unique Visitor (Ip Address Pengunjung ) 10.3 Jumlah File Yang didownload 10.4 Jumlah Pelayanan secara Online

32 Dari segi layanan publik baik,namun layanan publik pada masyarakat cukup baik . Dari segi hits sangat baik, tersedia informasi jumlah pengunjung, layanan secara online juga baik.

33

34 No Kreteria Penilaian JAWABAN SB B CB KB SKB 5 4 3 2 1 11 PENGGUNAAN FLATFORM 11.1 Dukungan Browser ( Internet Eksplorer, Mozila, Opera ) X 11.2 Dukungan Sistem Operasi ( Windows, Open Source ) 11.3 Dukungan Pembuat ( Cms,Java,PHP,Mysql)

35 Dari segi penggunaan flatform yang terdiri dari dukungan browser, sistim operasi dan dukungan pembuatan dalam katagori baik.

36

37

38 Sekian dan Terima kasih Maret, 2012


Download ppt "TUGAS MANAJEMEN SIM AUDIT WEB KOTA MALANG"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google