Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 “AGAMA SIKH” Dosen Pembimbing: Ibu Siti Nadroh Oleh: M. Najib Tsauri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 “AGAMA SIKH” Dosen Pembimbing: Ibu Siti Nadroh Oleh: M. Najib Tsauri."— Transcript presentasi:

1 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 “AGAMA SIKH” Dosen Pembimbing: Ibu Siti Nadroh Oleh: M. Najib Tsauri

2 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 2  Sikhisme (bahasa Punjabi): adalah salah satu agama terbesar di India. Agama ini berkembang pesat pada ke- 16 dan 17 di India.  Sebuah agama orang India, agama yang mengandung sedikit ajaran Islam dan Hindu di bawah semboyan “Bukan Hindu dan bukan muslim”.  Pendiri Agama Sikh adalah Guru Nanak, Ia dilahirkan pada tanggal 15 April 1469 di Talwandi Rai Bhoe.  Agama Sikh berasal dari anak benua Indo-Pakistan, tempatnya di wilayah bagian punjab.  agama Sikh lahir dan mulai berkembang bersamaan waktunya dengan kelahiran agama Protestan di Eropa, yaitu di akhir abad ke-19 Masehi. “SEJARAH AGAMA SIKH”

3 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 3 AJARAN-AJARAN AGAMA SIKH  Ajaran Nanak Tentang Manusia: Guru Nanak menyatakan bahwa seluruh umat manusia satu. Dia meletakkan landasan pengangkatan derajat manusia tidak semacam jalan pintas, seperti mantera, mukjizat, atau kegaiban, melainkan dengan watak dan tingkah laku manusia.  Ajaran Nanak Tentang Alam: Dia mengajarkan bahwa alam semesta ini adalah ciptaan Tuhan, dan tidak abadi. Yang kekal dan abadi hanya Tuhan. Apapun yang dikehendaki Tuhan semua terjadi. Tidak ada berada dalam kekuasaan makhluk.  Peribadatan Agama Sikh: Ibadat yang paling pokok adalah semadi dalam rangkah mengingat Tuhan untuk menyucikan rohani dan pengaruh-pengaruh yang menjahukan manusia dari Tuhan. Disamping itu, mereka mengenal sujud dan menyanyi di kuil. Tetapi inti pokoknya adalah zikir.

4 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 4 Sepuluh Guru Sikh: 1. Nanak ( ) 2. Angad ( ), 3. Anas Das ( ), 4. Ram Das ( ) 5. Arjan Dev ( ) 6. Har Gobind ( ) 7. Har Rai ( ) 8. Har Krishan ( ) 9. Teg Bahadur ( ) 10. Gobind Singh ( )

5 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 5 KITAB-KITAB SUCI AGAMA SIKH 1. Adi Granth (Guru Granth Sahib), Ada tiga kategori: pertama, Puji-pujian dari Guru-guru Sikh. kedua, nyanyian puji-pujian oleh ahli mistik Hindu dan Muslim. Ketiga, pernyataan puji-pujian yang tinggi kepada Guru-guru Sikh oleh penyair-penyair resmi. 2. Dasam Granth (Davsin Padshah ka Granth), adalah kumpulan tulisan-tulisan Guru Gobind Singh. Dibagi menjadi empat bagian: filosofi, otobiografi, dan narasi. Sebagian besar adalah mitologi yang berisi ucapan kembali Guru Gobind Singh tentang dewa-dewa Hindu.

6 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 6 ALIRAN-ALIRAN SIKH A. Aliran Nanak-panthis, aliran yang percaya kepada Tuhan Yang Esa dan Satu-satunya Yang Abadi adalah dengan sendirinya. B. Aliran Khalsa Sikh, dapat didefinisakan dengan lima K. C. Aliran Udasi, sekelompok orang suci yang didirikan oleh putra sulung Guru Nanak. D. Aliran Sutre, aliran yang lebih bersikap fakir mengembara dengan menjalani hidup murni. E. Aliran Diwani Sadhu, yang anggotanya terpandang orang-orang suci sikap hidupnya bagaikan orang gila. F. Aliran Nirimale Sadhu, yang anggotanya mempertahankan sikap membujang dan menjalankan hidup suci. G. Akalis, yang dikenal berani.

7 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 7 SEKTE-SEKTE AGAMA SIKH Terpecah menjadi lima sekte yaitu: Orsi, Hendali, Artenas, Namdari, dan Akali. A. Sekte Namdari Yang didirikan oleh Bhai Ram Singh, seorang perwira pasukan raja Ranjit Singh. B. Sekte Akali Suatu sekte yang paling akhir lahir dikalangan kaum Sikh, karena aliran ini baru muncul setelah perang dunia kedua.

8 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 8 “ESKATOLOGI” Guru Nanak menghabiskan sisi hidupnya di Kartapur. Setiap orang yang melihat dan mendengar khotbahnya selalu terpesona oleh kesalehan dan kepribadiannya yang luar biasa Guru Nanak menghabiskan sisi hidupnya di Kartapur. Setiap orang yang melihat dan mendengar khotbahnya selalu terpesona oleh kesalehan dan kepribadiannya yang luar biasa Setelah Nanak dan Guru-guru Sikh silih berganti menggantikannya, kecenderungan kaum Sikh mengalami perubahan. Mereka menjahui dari Islam, dan sebaliknya membina hubungan baik dengan Hindu. Setelah Nanak dan Guru-guru Sikh silih berganti menggantikannya, kecenderungan kaum Sikh mengalami perubahan. Mereka menjahui dari Islam, dan sebaliknya membina hubungan baik dengan Hindu.


Download ppt "Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 “AGAMA SIKH” Dosen Pembimbing: Ibu Siti Nadroh Oleh: M. Najib Tsauri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google