Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RINNA CHRISTIANI, 7250307023 Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan pada RSUD Ungaran Kabupaten Semarang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RINNA CHRISTIANI, 7250307023 Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan pada RSUD Ungaran Kabupaten Semarang."— Transcript presentasi:

1 RINNA CHRISTIANI, Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan pada RSUD Ungaran Kabupaten Semarang

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RINNA CHRISTIANI - NIM : PRODI : Akuntansi - JURUSAN : Akuntansi - FAKULTAS : Ekonomi - r3_1nn4 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Muhammad Khafid, S.Pd., M.Si. - PEMBIMBING 2 : - TGL UJIAN :

3 Judul Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan pada RSUD Ungaran Kabupaten Semarang

4 Abstrak Christiani, Rinna, 2010, Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Pada RSUD Ungaran Kabupaten Semarang, Ahli Madya Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, M. Khafid, SPd., M.Si. 73 hal. Kata Kunci : Sistem, Akuntansi, Penggajian Karyawan. Sistem akuntansi penggajian merupakan unsur biaya yang relatif besar dan mempunyai banyak resiko kemungkinan manipulasi, kecurangan dan penyelewengan. Salah satu untuk menghindari terjadinya resiko tersebut adalah dengan adanya sistem akuntansi penggajian yang benar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah informasi apa yang dibutuhkan manajemen?, dokumen apa yang digunakan dalam sistem penggajian?, catatan apa yang dibutuhkan dalam sistem penggajian tersebut?, fungsi apa yang terkait dalam sistem penggajian?, bagaimana jaringan prosedurnya dalam sistem penggajian?, bagaimana sistem pengendalian intern dalam sistem penggajian tersebut?. Tujuan penelitian adalah mengetahui informasi yang dibutuhkan manajemen tentang sistem penggajian, mengetahui dokumen yang dibutuhkan dalam sistem penggajian, mengetahui catatan yang digunakan dalam sistem penggajian, mengetahui fungsi yang terkait dalam sistem penggajian, mengetahui jaringan prosedur yang membentuk sistem penggajian, mengetahui sistem pengendalian intern sistem penggajian. Lokasi penelitian dilakukan penulis pada RSUD Ungaran Jl. Diponegoro No. 125 kabupaten Semarang. Objek kajian dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah sistem akuntansi penggajian karyawan pada RSUD Ungaran kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua unsur sistem penggajian karyawan di RSUD Ungaran hampir sama dengan teori SIA seperti informasi, dokumen, catatan, jaringan prosedur. Yang membedakan hanya di fungsi yang terkait terdapat 3 fungsi yaitu fungsi kepegawaian, fungsi keuangan dan fungsi akuntansi. Fungsi kepegawaian merangkap tugas fungsi pembuat daftar gaji. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan yaitu informasi yang dibutuhkan manajemen telah sesuai dengan teori, dokumen dan catatan hampir sesuai teori hanya istilah yang digunakan berbeda, fungsi yang terkait berbeda dengan teori karena teori lebih ke perusahaan dagang sedang RSUD di bidang pelayanan jasa. Saran yang dapat digunakan yaitu sebaiknya pada pemegangan fungsi-fungsi yang terkait lebih dioptimalkan lagi agar perangkapan tugas tidak terjadi sehingga kegiatan dapat berjalan lebih efektif, untuk absensi karyawan sebaiknya menggunakan mesin absensi untuk menghindari kecurangan yang terjadi.

5 Kata Kunci Sistem, Akuntansi, Penggajian Karyawan.

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "RINNA CHRISTIANI, 7250307023 Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan pada RSUD Ungaran Kabupaten Semarang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google