Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUHAMMAD ALI MUSTHOFA, 7250306019 SISTEM KLAIM JAMINAN HARI TUA PADA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) KANTOR CABANG SEMARANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUHAMMAD ALI MUSTHOFA, 7250306019 SISTEM KLAIM JAMINAN HARI TUA PADA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) KANTOR CABANG SEMARANG."— Transcript presentasi:

1 MUHAMMAD ALI MUSTHOFA, SISTEM KLAIM JAMINAN HARI TUA PADA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) KANTOR CABANG SEMARANG.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : MUHAMMAD ALI MUSTHOFA - NIM : PRODI : Akuntansi - JURUSAN : Akuntansi - FAKULTAS : Ekonomi - all_lins pada domain rocketmail.com - PEMBIMBING 1 : INDAH FAJARINI SW, SE, M.Si, AKT - PEMBIMBING 2 : - TGL UJIAN :

3 Judul SISTEM KLAIM JAMINAN HARI TUA PADA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) KANTOR CABANG SEMARANG.

4 Abstrak Hari tua merupakan suatu kondisi yang harus dihadapi oleh setiap orang yang dapat menyebabkan seseorang berkurang produktifitasnya bahkan tidak produktif lagi. Keadaan demikian menyebabkan seseorang merasa risau akan datangnya hari tua. Melalui program Jaminan Hari Tua PT. Jamsostek memberikan suatu jaminan untuk mengantisipasi hal tersebut dihari tua seseorang tidak menggantungkan dirinya kepada orang lain. Permasalahan yang dikaji dalam Tugas Akhir ini adalah : 1) Dokumen apa saja yang digunakan dalam sistem klaim Jaminan Hari Tua pada PT. Jamsostek (Persero). 2) Fungsi apa saja yang terkait dalam sistem kliam Jaminan Hari Tua pada PT. Jamsostek (Persero). 3) Catatan akuntansi apa saja yang digunakan dalam sistem klaim Jaminan Hari Tua pada PT. Jamsostek (Persero). 4) Bagaimana jaringan prosedur yang membentuk sistem klaim Jaminan Hari Tua pada PT. Jamsostek (Persero). 5) Bagaimana unsur pengendalian intern pada sistem klaim Jaminan Hari Tua pada PT. Jamsostek (Persero). Tujuan penulisan Tugas Akhir ini untuk mengetahui prosedur-prosedur yang terkait dalam sistem klaim Jaminan Hari Tua, dokumen-dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan serta fungsi atau bagian-bagian yang terkait dalam sistem klaim Jaminan Hari Tua. Manfaatnya untuk menambah pengetahuan tentang hal-hal prosedural yang harus dilakukan untuk mengajukan klaim Jaminan Hari Tua. Metode pengumpulan data yang dipakai antara lain observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Data yang diperoleh dari ketiga metode pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis diskriptif kwlitatif. Metode analisis diskriptif adalah metode analisis yang tidak didasarkan pada perhitungan kwantitatif (jumlah) akan tetapi pada bentuk pernyataan dan uraian yang selanjutnya akan disusun secara sistematis dalam bentuk Tugas Akhir. Data analisis kemudian dibandingkan antara teori dan fakta yang terjadi yaitu prosedur secara diskriptif dari Sistem Klaim Jaminan Hari Tua. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem klaim Jaminan Hari Tua pada PT. Jamsostek (Persero) telah berjalan dengan baik, hanya saja ada beberpa perbedaan antara buku pedoman PT. Jamsostek (Persero) dengan praktik yang ada di lapangan. Perbedaan tersebut misalnya pada ototrisasi besarnya penetapan Jaminan Hari Tua, penggabungan saldo (amalgamasi). Simpulan yang dapat diambil adalah untuk mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh PT. Jamsostek (Persero). Saran yang digunakan sebagai bahan pertimbangan adalah agar sosialisasi terhadap prosedur-prosedur yang harus dilakukan untuk pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) perlu ditingkatkan.

5 Kata Kunci Sistem Klaim Jaminan Hari Tua

6 Referensi Arikunto, Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. Krismiaji.2005.Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta : UPP AMP YKPN. Mulyadi Sistem Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat Prakoso, Djoko. Hukum Asuransi Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta. PT. Jamsostek Kumpulan Peraturan Perundang-undangan Jamsostek. Jakarta: PT. Jamsostek(Persero) PT. Jamsostek. Pedoman pengoprasian (ISO) : PT. Jamsostek (Persero) PT. Jamsostek. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Salim, Abbas. Asuransi dan Manajemen Resiko. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

7 Terima Kasih


Download ppt "MUHAMMAD ALI MUSTHOFA, 7250306019 SISTEM KLAIM JAMINAN HARI TUA PADA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) KANTOR CABANG SEMARANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google