Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KeLoMpOk SeMaNgKa Oleh: Grasita Widyaningsih Yutta Siani Hayati Nadya Citrakirana Nine Ewinda Ade Ayu Rendjani Sabila Dirayati Dewanti paramita.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KeLoMpOk SeMaNgKa Oleh: Grasita Widyaningsih Yutta Siani Hayati Nadya Citrakirana Nine Ewinda Ade Ayu Rendjani Sabila Dirayati Dewanti paramita."— Transcript presentasi:

1 KeLoMpOk SeMaNgKa Oleh: Grasita Widyaningsih Yutta Siani Hayati Nadya Citrakirana Nine Ewinda Ade Ayu Rendjani Sabila Dirayati Dewanti paramita

2 Sesungguhnya tidak semua bakteri merugikan,tetapi banyak bakteri yang menguntungkan,bahkan menjadi sahabat bagi kehidupan manusia. 1. Bakteri yang menguntungkan Banyak jenis bakteri yang membantu berbagai proses kehidupan serta mampu menghasilkan berbagai produk yang berguna bagi manusia, antara lain: a.] Bakteri pembusuk Sampah-sampah dan bangkai diuraikan oleh bakteri menjadi unsur-unsur hara sehingga membantu mengembalikan kesuburan tanah.

3 Contohnya,di dalam usus besar kita juga terdapat Eschericiacoli yang membantu membusukan sisa pencernaan makanan dan membantu pembentukan vitamin k. b.] Bakteri penghasil asam Berbagai jenis bakteri yang mampu menghasilkan berbagai zat asam yang diperlukan manusia,yaitu: (1) Clostridium butiricum, penghasil asam butirat, (2) Propioni bacterium, penghasil asam propionat, dan (3) Acetobakter, penghasil asam cuka. c.] Bakteri dalam pemrosesan susu. Bakteri Lactobacillus bulgaricus dapat digunakan untuk membuat yoghurt,yaitu sejenis minuman dari bahan susu. Disamping itu, bakteri ini menyekresikan zat yang memberikan aroma sedap pada susu.

4 Beberapa jenis bakteri juga dapat digunakan untuk memproduksi makanan,misalnya mentega dan keju. Perubahan krim asam pada bahan keju hingga menjadi padat serta aroma yang harum dari keju adalah berkat zat kimia yang dihasilkan oleh bakteri. Perhatikan gambar 1.1 dan 1.2 !

5 d.] Bakteri pengikat zat nitrogen zat nitrogen sangat diperlukan tumbuhan untuk sintesis protein. Tumbuhan menyerap unsur nitrogen dari dalam tanah dalam bentuk ion garam-garam mineral. Dengan jasa beberapa bakteri yang mampu mengikat zat N 2 dari udara bebas, senyawa N 2 di dalam tanah akan meningkat, Berarti bakteri-bakteri tersebut mampu menyuburkan tanah. bakteri pengikat zat N 2 dapat dibedakan menjadi dua,yaitu hidup bebas dan yang hidup bersimbiosis dengan makhluk lain. contoh bakteri pengikat zat N 2 yang hidup bebas antara lain azotobacter, rhodospirillum rubrum, dan clostridium pasteurianum. Contoh bakteri pengikat zat N 2 yang bersimbiosis dengan tumbuhan, antara lain rhizobium leguminosorum. Bakteri tersenut hidup pada bintil akar tanaman berbuah polongan [leguminosae].

6 Di saming bakteri nitrogen yang mampu mengikat zat N2 bebas dari udara,di dalam tanah yang gembur dan kaya zat organik,banyak terdapat bakteri nitrifikasi.Bakteri tersebut mampu mengubah senyawa amoniak menjadi senyawa nitrit dan selanjutnya mengubahnya menjadi senyawa nitrat. Yang termasuk bakteri nitrifikasi adalah nitrosomonas,nitrosococcus,dan nitrobacter. e.] Bakteri dalam pengolahan limbah Untuk mengatasi masalah limbah,salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan jasa bakteri aerob. Bakteri aerob yang banyak di udara bebas,dibiarkan mengoksidasi limbah-limbah di bak penampungan yang dibiarkan terbuka.

7 f.] Bakteri dan rekayasa genetika Dalam bidang rekayasa genetika bakteri dapat digunakan sebagai sarana pencangkokan gen dari berbagai makhluk hidup. Dengan ini dapat dihasilkan suatu varietas makhluk hidup yang memiliki sifat gabungan sesuai dengan yang diingainkan manusia. Disamping itu,sekarang telah dikembangkan produksi asam amino berkualitas tinggi dengan menggunakan jasa bakteri. g.] Pembuatan biogas Kemampuan bakteri untuk menguraikan zat-zat organik dapat dipergunakan untuk menguraikan sampah-sampah dan kotoran ternak yang banyak kita miliki. Dengan menggunakan bakteri tersebut, sampah dan kotoran ternak dapat diolah untuk menghasilkan biogas. Biogas dapat dipergunakan untuk bahan bakar pengganti BBM ataupun bahan bakar lain yang keberadaaannya semakin terbatas.

8 2. Bakteri yang merugikan. Banyak bakteri yang sangat merugikan manusia. Disamping mengancam kesehatan manusia, juga merusak bahan pangan bahan bangunan, tanaman, hewan ternak, dan lain-lain. Bakteri tersebut antara lain: a.] Bakteri patogen Bakteri patogen adalah bakteri parasit yang dapat menimbulkan penyakit bagi manusia. b.] Baketri parasit pada hewan dan tumbuhan. Banyak bakteri yang menimbulkan penyakit pada hewan dan tumbuhan. Penyakit hewan yang disebabkan oleh bakteri,antara lain sebagai berikut:

9 (1) Antraks, disebabkan oleh Bacillus antraxis biasa menyerang sapi, kerbau, dan domba. Bacillus antraxis (2) Bruselosis, disebabkan oleh Brucella abortus, biasa menyerang sapi. Brucella abortus Penyakit bruselosis pada sapi (3) Bengkak rahang,penyebabnya adalah actynomyces bovis, biasa menyerang sapi.

10 Penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh bakteri antara lain: Kanker batang jeruk disebabkan oleh xanthomonas citri: xanthomonas citri pada jeruk Kanker batang kopi disebabkan oleh Agrobacterium tumefaciens: Agrobacterium tumefaciens Penyakit busuk daun labu disebabkan Oleh Erwienia tracheipila: Erwienia tracheipila

11 c.] Bakteri perusak makanan Banyak jenis bakteri saprofit yang hidup pada bahan makanan dan dapat merusak serta meracuni bahan makanan tersebut. Berikut ini beberapa contoh bakteri perusak bahan makanan. (1) Pseudomonas cocovenenans, menghasilkan racun asam bongkrek. Bakteri ini biasa hidup pada tempe bongkrek yang berasal dari ampas tahu dan ampas kelapa yang pembuatannya kurang higienis. (2) Clostridium botulinum, menghasilkan racun botulinin. Bakteri tersebut sering ditemukan pada makanan kaleng yang mulai rusak. Botulinin dapat mematikan manusia yang mengkonsumsinya. (3) Leuconostoc mesentroides menghasilkan lendir pada makanan yang telah lama atau akan basi.

12 Clostridium tetani,tetanus kejang otot. Diplococcus pneumonia, radang paru-paru Mycobacterium tuberculosis,TBC Mycobacterium leprae,lepra/kusta

13 Neisseria gonorrhoeae, penyakit kencig nanah Pasteurella pestis,pes/sampar Salmonella typhi, Tifus Shigella dysentriae,Disentri

14 Treponema palidum,sifilis Vibrio cholerae,kolera


Download ppt "KeLoMpOk SeMaNgKa Oleh: Grasita Widyaningsih Yutta Siani Hayati Nadya Citrakirana Nine Ewinda Ade Ayu Rendjani Sabila Dirayati Dewanti paramita."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google