Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN KREDIT PERTEMUAN 6. bank & lembaga keuangan lainnya 2 Pengalokasian Dana Kegiatan bank yang kedua setelah menghimpun dana dari masyarakat dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN KREDIT PERTEMUAN 6. bank & lembaga keuangan lainnya 2 Pengalokasian Dana Kegiatan bank yang kedua setelah menghimpun dana dari masyarakat dalam."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN KREDIT PERTEMUAN 6

2 bank & lembaga keuangan lainnya 2 Pengalokasian Dana Kegiatan bank yang kedua setelah menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan giro, tabungan dan deposito adalah menyalur-kan kembali dana tersebut kepada masyarakat yang membutuhkannya. Kegiatan penyaluran dana ini sering disebut sebagai alokasi dana, yang diwujudkan dalam bentuk pinjaman atau kredit. Dapat juga dengan membeli berbagai aset yang dianggap menguntungkan bank.

3 bank & lembaga keuangan lainnya 3 Kredit dan Pembiayaan Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam melunasi utangnya setelah jangka waktu ttt dg pemberian bunga. Pembiayaan adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan atau bagi hasil.

4 bank & lembaga keuangan lainnya 4 Unsur-Unsur Kredit Kepercayaan Kesepakatan Jangka waktu Resiko Balas jasa

5 bank & lembaga keuangan lainnya 5 Tujuan Kredit Mencari keuntungan Membantu usaha nasabah Membantu pemerintah –Penerimaan pajak dari keuntungan yg ada –Membuka lapangan kerja –Meningkatkan jumlah barang dan jasa –Menghemat devisa –Meningkatkan devisa

6 bank & lembaga keuangan lainnya 6 Jenis-Jenis Kredit Dilihat dari segi kegunaan –Kredit investasi –Kredit modal kerja Dilihat dari segi tujuan kredit –Kredit produktif –Kredit konsumtif –Kredit perdagangan

7 bank & lembaga keuangan lainnya 7 Dilihat dari segi jangka waktu –Kredit jangka pendek –Kredit jangka menengah –Kredit jangka panjang Dilihat dari segi jaminan –Kredit dengan jaminan –Kredit tanpa jaminan Dilihat dari segi sektor usaha –Kredit pertanian, peternakan, industri, profesi, dll.

8 bank & lembaga keuangan lainnya 8 Prinsip-Prinsip Pemberian Kredit Character Capacity Capital Collateral Condition

9 Character (watak) Suatu keyakinan bahwa, sifat atau waStak dari orang-orang yang akan diberikan kredit benar-benar dapat dipercaya, hal ini tercermin dari latar belakang si nasabah baik yang bersifat latar belakang pekerjaan maupun yang bersifat pribadi. Seperti : gaya hidup, hoby, dan social standingnya. Ini semua merupakan ukuran “kemauan” membayar.

10 Capacity (kemampuan) Untuk melihat kemampuan nasabahnya dalam bidang bisnis yang dihubungkan dengan pendidikannya, kemampuan bisnis juga diukur dengan kemampuannya dalam memahami tentang ketentuan-ketentuan pemerintah. Pada akhirnya akan terlihat “kemampuannya” dalam mengembalikan kredit yang disalurkan.

11 Capital (modal) Untuk melihat penggunaan modal apakah efektif, dilihat laporan keuangan (neraca dan laporan rugi laba) degan melakukan pengukuran seperti dari segi likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan ukuran lainnya. Capital juga harus dilihat dari sumber mana saja modal yang ada sekarang ini.

12 Collateral (agunan) Merupakan jaminan yang diberikan calon nasabah baik yang besifat fisik maupun non fisik. Jaminan hendaknya melebihi jumlah kredit yang diberikan. Jaminan juga harus diteliti keabsahannya, sehingga jika terjadi suatu masalah, maka jaminan yang dititipkan akan dapat dipergunakan secepat mungkin.

13 Condition of economy (kondisi perekonomian) Dalam menilai kredit hendaknya juga dinilai kondisi ekonomi dan politik sekarang dan dimasa yang akan datang sesuai sektor masing-masing, serta prospek usaha dari sektor yang dijalankan. Penilaian prospek bidang usaha yang dibiayai hendaknya benar- benar memiliki prospek yang baik, sehingga kemungkinan kredit tersebut bermasalah relatif kecil.

14 bank & lembaga keuangan lainnya 14 Aspek-Aspek Pemberian Kredit Aspek yuridis/hukum Aspek pemasaran Aspek keuangan Aspek teknis/operasi Aspek manajemen Aspek sosial ekonomi Aspek amdal

15 bank & lembaga keuangan lainnya 15 Prosedur dalam Pemberian Kredit Pengajuan berkas-berkas Penyelidikan berkas pinjaman Wawancara I On the spot Wawancara II Keputusan kredit Penandatanganan akad kredit Realisasi kredit Penyaluran/penarikan dana


Download ppt "MANAJEMEN KREDIT PERTEMUAN 6. bank & lembaga keuangan lainnya 2 Pengalokasian Dana Kegiatan bank yang kedua setelah menghimpun dana dari masyarakat dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google