Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Wawancara-1/20131 Wawancara-1  Wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh seorang/ beberapa orang dengan seseorang/bebera orang lainnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Wawancara-1/20131 Wawancara-1  Wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh seorang/ beberapa orang dengan seseorang/bebera orang lainnya."— Transcript presentasi:

1 Wawancara-1/20131 Wawancara-1  Wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh seorang/ beberapa orang dengan seseorang/bebera orang lainnya.  satu pihak sebagai pewawancara (interviewer) atau pihak yang mengajukan pertanyaan  satu pihak lain sebagai orang yang diwawancarai (interviewee) atau yang menjawab.  Wawancara adalah salah satu cara (bahkan cara paling kuno) untuk memperoleh informasi dari manusia.  Cara lainnya untuk memperoleh informasi tentang manusia adalah dengan cara pengamatan (tingkah laku, kebiasaan), pengukuran (tinggi, berat), serta pengujian (kecakapan).

2 Wawancara-1/20132 Wawancara bisa dilakukan oleh:  Seorang kepada seseorang, misalnya antara seorang reporter dengan pejabat, korban bencana, saksi mata kecelakaan, dsb.  Seorang kepada beberapa orang, misalnya seorang reporter dengan beberapa personil grup musik.  Beberapa orang kepada satu orang, misalnya antara satu tim wartawan dengan seorang kepala negara sahabat.  Beberapa orang kepada beberapa orang, misalnya satu tim wartawan kepada beberapa orang pejabat pemerintah di suatu tempat sekaligus.

3 Wawancara-1/20133 Kegunaan Wawancara  Wawancara untuk kepentingan pihak yang pewawancara, misalnya wawancara yang dilakukan pihak perusahaan terhadap calon karyawan, yaitu untuk menentukan apakah calon bisa diterima atau tidak.  Wawancara untuk kepentingan orang yang diwawan-carai, misalnya dilakukan dokter kepada pasein, untuk menentukan jenis obat yang paling tepat agar pasein cepat sembuh.  Wawancara untuk kepentingan pewawancara dan yang diwawancarai, misalnya dilakukan pengacara kepada kliennya untuk menyusun pembelaan untuk klien tersebut.  Wawancara untuk kepentingan pihak lain, misalnya wawancara yang dilakukan oleh peneliti bebas atau wawancara dilakukan reporter kepada sumber berita. Pewawancara berusaha mendapatkan informasi untuk dipublikasikan kepada khalayak untuk kepentingan khalayak.

4 Wawancara-1/20134 Wawancara Jurnalistik  Wawancara jurnalistik adalah wawancara yang dilakukan wartawan dengan sumber berita untuk mendapatkan informasi yang menarik dan penting bagi khalayak.  Cerita hasil wawancara selalu menarik, karena:  Kata terucap (kutipan) membuat cerita jadi hidup, seolah sumber berbicara kepada tiap pembaca secara individual.  Diskripsi tentang sumber membantu pembaca menemukan seolah melihat sumber secara langsung (apalagi kalau wawancara dilakukan secara langsung melalui radio atau televisi)  Penjelasan dari sumber yang kompeten mempunyai daya tarik walaupun ditulis oleh wartawan tidak dikenal.  Hasil wawancara dapat memberi informasi sekaligus menghibur pembaca.

5 Wawancara-1/20135 Ragam Wawancara Jurnalistik  Wawancara dengan perjanjian yang biasanya dilakukan dengan sumber yang sudah dikenal luas (wellknow subject).  Kelebihan wawancara jenis ini adalah hanya kita dan tim kita yang mewawancari tokoh tersebut, sehingga terkadang kita bisa mendapatkan hasil informasi yang eksklusif.  Konferensi Pers, yaitu beberapa wartawan memenuhi undangan seseorang atau lembaga untuk mendengar penjelasan mereka. Biasanya setelah itu wartawan diberi kesempatan bertanya.  Biasanya waktu wawancara sangat singkat sehingga pertanyaan sangat terbatas. Juga informai yang diperoleh tidak ada yang spesifik hanya untuk wartawan tertentu karena dikemukakan secara terbuka.

6 Wawancara-1/20136  Wawancara on the spot, yaitu wawancara di tempat kejadian, misalnya kecelakaan atau bencana.  Kelemahannnya, pertanyaan diajukan secara spontan kepada orang yang tidak dikenal. Wawancara dilakukan dalam situasi psikologis yang sangat tidak kondusif bagi sumber yang di wawancara, misalnya masih sangat emosional karena musibah.  Wawancara telepon, yaitu wawancara dengan jarak jauh memanfaatkan media telepon.  Kelemahannya, tidak semua sumber bersedia diwawancarai dengan cara ini. Juga tidak bisa melihat nuansa (roman muka dan gerak-gerik) orang yang kita wawancarai.  Wawancara on line, yaitu memanfaatkan media internet untuk menghubungi sumber.  Persoalannya di Indonesia, masih sedikit yang sudah akrab dengan teknologi internet.

7 Wawancara-1/20137  Wawancara tertulis, yaitu mengajukan pertanyaan tertulis agar sumber menjawab secara tertulis.  Kelemahannya, belum tentu si sumber mau dan memiliki cukup waktu untuk menjawab pertanyaan itu. Kalaupun kita memperoleh jawabannya, belum tentu berasal dari sumber yang dimaksud.  Live interview, yaitu dengan mengundang sumber ke studio untuk disiarkan secara langsung.  Kelemahannya, hasil wawancara tidak bisa diedit, sehingga bisa jadi secara tidak sengaja menyiarkan hal-hal yang melanggar etika atau melanggar hukum.  Vox pops, yaitu wawancara di jalanan, misalnya di stasiun, terminal, dan pasar untuk mengetahui pendapat spontan dari sumber tentang suatu kebijakan publik.  Misal mewawancarai orang-orang di jalanan untuk memperoleh tanggapanya secara spontan tentang kebijakan kenaikan TDL.

8 Wawancara-1/20138 Persiapan Wawancara  Tentukan topik wawancara. Topik yang dipilih haruslah yang penting dan menarik bagi khalayak, misalnya masalahnya masih aktual di masyarakat.  Pelajari topik secermat mungkin, misalnya baca semua publikasi yang berhubungan dengan topik tersebut.  Tentukan sumber yang kompeten untuk diwawancara.  Kenali sumber tersebut sebaik mungkin (riwayat hidup, kebiasaan, hasil karyanya, publikasi tentang subjek, dsb)  Bila perlu bentuk tim pewawancara.  Bicaralah dengan anggota tim tentang fokus perhatian masing-masing (agar pertanyaan yang diajukan nanti jangan tumpang tindih)

9 Wawancara-1/20139  Susun pertanyaan sebanyak mungkin, mencakup beberapa persoalan yang ingin diketahui. Lalu urutkan pertanyaan tersebut berdasarkan prioritas.  Hubungi sumber Anda, minta kesediaan sumber untuk diwawancara. Catatlah secara cermat kapan dan dimana dia bersedia ditemui.  Jangan lupa sebelumnya perkenalkan diri Anda: nama dan dari media mana. Jika si sumber tersebut menyatakan bersedia diwawancara, informasikan juga siapa saja yang akan menemuinya saat wawancara.  Siapkan semua peralatan yang Anda perlukan (tape, kamera, peralatan tulis lainnya)  Siapkan diri agar bisa melaksanakan wawancara sebaik- baiknya.


Download ppt "Wawancara-1/20131 Wawancara-1  Wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh seorang/ beberapa orang dengan seseorang/bebera orang lainnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google