Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

2 1. Tujuan Pilot Project A.Tujuan Umum: Mendorong kemampuan Pemda dalam meningkatkan kualifikasi dan sertifikasi serta manajemen guru pada seluruh jenjang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "2 1. Tujuan Pilot Project A.Tujuan Umum: Mendorong kemampuan Pemda dalam meningkatkan kualifikasi dan sertifikasi serta manajemen guru pada seluruh jenjang."— Transcript presentasi:

1

2 2

3 1. Tujuan Pilot Project A.Tujuan Umum: Mendorong kemampuan Pemda dalam meningkatkan kualifikasi dan sertifikasi serta manajemen guru pada seluruh jenjang pendidikan dengan focus pada guru SD/MI dan SMP/Tsanawiyah.

4 1. Tujuan Pilot Project B.Tujuan Khusus: 1. Efisiensi dan efektivitas pengangkatan, penemp., pemerataan, dan pemberhentian pendidik dan tenaga kependidikan

5 1. Tujuan Pilot Project B.Tujuan Khusus: 2. Peningkatan Kualifikasi pend. dan tenaga kependidikan menurut jenjang pendidikan (formal dan non formal) dan kesesuaian tugas mengajar dengan latar belakang pend.

6 1. Tujuan Pilot Project B.Tujuan Khusus: 3. Efektivitas sistem peningkatan kompetensi pend. dan tenaga kependidikan, serta pemetaan terhadap kelompok kerja KKG, MGMP, KKS, MKKS, KKKS, dan MKPS

7 1. Tujuan Pilot Project B.Tujuan Khusus: 4. Tersedianya data yang lengkap dan akurat tentang jumlah pend. dan tenaga kepend. menurut: jenis kelamin, usia, masa kerja, jenjang, dan jenis pendidikan, jenjang kepangk., status kepegawaian, serta rasio guru dan siswa.

8 1. Terbangunnya Sistem Data Guru, termasuk kebijakan (PerBup) mengenai tata cara pemutakhiran data, sehingga selalu tersedia data yang lengkap dan mutakhir.

9 2. Diperolehnya kesimpulan (hasil analisis) tentang (a) persebaran guru, (b) kemungkinan peningkatan efisiensi penempatan guru, (c) kebutuhan peningkatan kualifikasi guru, dan (d) efisiensi system pembinaan professional. Diperolehnya kesimpulan (hasil analisis) tentang (a) persebaran guru, (b) kemungkinan peningkatan efisiensi penempatan guru, (c) kebutuhan peningkatan kualifikasi guru, dan (d) efisiensi system pembinaan professional, yang dianalisis berdasarkan data yang dihasilkan oleh Sistem Data Guru.

10 3. Diperolehnya rekomendasi alternatif tentang (a) strategi kebijakan khususnya mengenai pengangkatan dan penempatan pendidik dan tenaga kependidikan yang lebih efektif dan efisien dengan lebih mengacu pada jumlah siswa dan mutu pendidikan, (b) strategi peningkatan kualifikasi guru, dan (c) strategi sistem pembinaan profesional yang efisien. Diperolehnya kesimpulan (hasil analisis) tentang (a) persebaran guru, (b) kemungkinan peningkatan efisiensi penempatan guru, (c) kebutuhan peningkatan kualifikasi guru, dan (d) efisiensi system pembinaan professional, yang dianalisis berdasarkan data yang dihasilkan oleh Sistem Data Guru. Diperolehnya rekomendasi alternatif tentang (a) strategi kebijakan khususnya mengenai pengangkatan dan penempatan pendidik dan tenaga kependidikan yang lebih efektif dan efisien dengan lebih mengacu pada jumlah siswa dan mutu pendidikan, (b) strategi peningkatan kualifikasi guru, dan (c) strategi sistem pembinaan profesional yang efisien.

11 4. Dihasilkannya berbagai kebijakan kabupaten, dalam bentuk peraturan, keputusan atau dokumen resmi lainnya tentang pengelolaan guru, yang disusun berdasarkan hasil-hasil kegiatan yang didanai oleh BSPK. Diperolehnya kesimpulan (hasil analisis) tentang (a) persebaran guru, (b) kemungkinan peningkatan efisiensi penempatan guru, (c) kebutuhan peningkatan kualifikasi guru, dan (d) efisiensi system pembinaan professional, yang dianalisis berdasarkan data yang dihasilkan oleh Sistem Data Guru. Diperolehnya rekomendasi alternatif tentang (a) strategi kebijakan khususnya mengenai pengangkatan dan penempatan pendidik dan tenaga kependidikan yang lebih efektif dan efisien dengan lebih mengacu pada jumlah siswa dan mutu pendidikan, (b) strategi peningkatan kualifikasi guru, dan (c) strategi sistem pembinaan profesional yang efisien.

12 Input 1. Dana BSPK: 1. Jumlah Dana BSPK: Rp Dana diterima di Gorontalo tanggal: a. 24 Okt Rp b. Desember 2008 Rp c. 1 Juli 2009 Rp d. 25 Sept Rp Dana digunakan sesuai ketentuan yang berlaku

13 Input 1. Dana BSPK: 4. Jlh.Dana Pendamp.:Rp terdiri dari: a. Beasiswa Peningkatan kualifikasi guru Rp b. Peningkatan mutu lewat KKG/MGMP Rp c. Pemetaan dan pendataan Rp

14 Input 1. Dana BSPK: 4. Jlh.Dana Pendamp.:Rp terdiri dari: c. Pemetaan dan pendataan Rp d. Pelatihan/seminar dan lokakarya peningkatan kompetensi guru Rp

15 Input 2. Konsultan Daerah: 1.Jumlahnya 2 orang. 2. Kualifikasinya : (a) sarjana, (b) berpengalaman di bidang pendidikan,dan (c) bersedia tinggal di kabupaten. 3. Fasilitas yang dijanjikan : gaji sesuai kesepakatan. 4. Hari kerja per minggu: 4 hari.

16 Input 2. Konsultan Daerah: 5.Tugas/Tanggungjawab: a. Mendampingi dan memberikan konsultasi kepada Kepala Dinas Pend., Ketua Dewan Pend., serta Panitia Pelaksana Kegiatan BSPK agar kegiatan BSPK dapat berjalan lancar dan sesuai arah dan ketentuan waktu yang telah ditetapkan dalam proposal.

17 Input 2. Konsultan Daerah: 5.Tugas/Tanggungjawab: b. Memberikan bantuan teknis dalam penyelenggaraan kegiatan BSPK, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pelaporan kegiatan..

18 Input 2. Konsultan Daerah: Kesan selama menjadi konsultan daerah Program Pilot Pilot Proyek sangat menunjang upaya pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo dalam meningkatkan kualifikasi dan sertifikasi serta manajemen guru pada seluruh jenjang pendidikan dengan focus pada guru SD/MI dan SMP/Tsanawiyah guna mendukung program wajib belajar sembilan tahun. Pilot Proyek di Kabupaten Gorontalo telah mencapai tujuannya sesuai tolok ukur keberhasilan yang telah ditetapkan.. ICR-ICM

19 Input 3. Sosialisasi BSPK: (Lihat File: ICR/ICM). ICR-ICM

20


Download ppt "2 1. Tujuan Pilot Project A.Tujuan Umum: Mendorong kemampuan Pemda dalam meningkatkan kualifikasi dan sertifikasi serta manajemen guru pada seluruh jenjang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google