Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NIA KURNIAWATI, 3401407081 Budaya Politik Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NIA KURNIAWATI, 3401407081 Budaya Politik Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten."— Transcript presentasi:

1 NIA KURNIAWATI, Budaya Politik Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : NIA KURNIAWATI - NIM : PRODI : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - JURUSAN : Hukum dan Kewarganegaraan - FAKULTAS : Ilmu Sosial - cheniez_n pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Setiajid, M. Si - PEMBIMBING 2 : Drs. At. Sugeng Priyanto, M. Si - TGL UJIAN :

3 Judul Budaya Politik Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten

4 Abstrak Kurniawati, Nia Budaya Politik Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Provinsi Banten. Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Setiajid, M.Si. Pembimbing II Drs. AT. Sugeng Pr., M.Si. 97 hlm. Kata Kunci : Budaya Politik, Masyarakat Suku Baduy Budaya politik suatu masyarakat tertentu berbeda dengan budaya politik masyarakat lainnya. Berdasarkan hal tersebut, tipe-tipe budaya politik dapat digolongkan dalam beberapa tipe antara lain: Budaya Politik Parokial, Budaya Politik Subjek/Kaula, Budaya Politik Partisipan dan Budaya Politik Campuran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tipe budaya politik, hubungan masyarakat, dan Struktur sosial masyarakat Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yakni data yang diperoleh dari hasil wawancara dan pengamatan. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Budaya Politik Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Provinsi Banten sudah terlaksana dengan cukup baik. Tipe budaya politik masyarakat Suku Baduy mengarah pada dua tipe budaya politik. Hubungan pemerintah dengan Suku Baduy berjalan selaras dan harmonis. Dalam kehidupan bermasyarakat pasti terdapat organisasi kemasyarakatan yang terdapat dalam lingkungan tempat tinggal, karena manusia hidup bersosial dan berkomunikasi untuk menuju perubahan sosial yang lebih baik dan maju. Dalam setiap kelompok/komunitas tertentu pasti terdapat struktur sosial organisasi kemasyarakatan, hal itupun terdapat dalam Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang penulis sampaikan berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu Kepada Tokoh dan Masyarakat Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, keteguhan pada prinsip aturan hukum adat Suku Baduy dalam melestarikan adat istiadat terdahulu serta amanat leluhur, merupakan suatu hal yang baik dan tetap mematuhi aturan NKRI. Kepada Pemerintah, tetap berusaha dengan baik untuk sedikit demi sedikit membantu kehidupan sosial politik di Suku Baduy tanpa merubah atau merusak tatanan adat yang terdapat disana. Kepada Masyarakat umum/Non Baduy sebagai kaum minoritas masyarakat Suku Baduy tetap harus dihormati keberadaan dan eksistensinya dan suatu komunitas yang memiliki prinsip yang berbeda dengan masyarakat lainnya, tetapi di dalam kehidupannya mereka memiliki nilai-nilai positif yang baik untuk diterapkan pada masyarakat umum dalam kehidupan bersama.

5 Kata Kunci Budaya Politik, Masyarakat Suku Baduy

6 Referensi Alfian Komunikasi Politik dan Sistem Politik Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Almond, Gabriel A. dan Sidney Verba Budaya Politik Tingkah Laku Politik dan Demokrasi di Lima Negara. (terjemahan Sahat Simamora). Jakarta: Bina Aksara. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arrianie, Lely Komunikasi Politik, Politisi dan Pencitraan di Panggung Politik. Jakarta: Widya Padjadjaran. Basrowi Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia. Budiardjo, Miriam Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. F aturahman, Deden dan Wawan Subari Pengantar Ilmu Politik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. Gaffar, Afan Politik Indonesia Transisi Menuju Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kantaprawira, Rusadi Sistem Politik Indonesia Suatu Model Pengantar. Bandung: Sinar Baru. Kavanagh, Dennis Kebudayaan Politik (terjemahan Laila Honoum Hisyam). Jakarta: Bina Aksara. Maran, Raga Rafael Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. M as’Oed, Mohtar dan Colin Mac Andrews Perbandingan Sistem Politik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Moleong, Lexy J Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Narwoko, Dwi J Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Ngabiyanto, dkk Bunga Rampai Politik dan Hukum. Semarang: Rumah Indonesia. Rahardjo, Djoko Mudji dan Rahayu Yuke Sri Urang Kanekes di Banten Kidul. Jakarta: Proyek pemanfaatan Kebudayaan Direktorat Tradisi dan Kepercayaan Deputi Bidang Pelestarian dan Pengembangan Budaya Badan Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata. Rush, Michael dan Phillip Althoff Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Grafindo Persada. S oekanto, Soerjono Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. S umarno Dimensi-dimensi Komunikasi Politik. Bandung: Citra Aditya Bakti. Sztompka, Pi Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada.

7 Terima Kasih


Download ppt "NIA KURNIAWATI, 3401407081 Budaya Politik Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google