Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

C.SRI HENDARSIH RAHAYUNINGTYAS, 2501906007 PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI SENI MUSIK DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "C.SRI HENDARSIH RAHAYUNINGTYAS, 2501906007 PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI SENI MUSIK DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG."— Transcript presentasi:

1 C.SRI HENDARSIH RAHAYUNINGTYAS, PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI SENI MUSIK DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : C.SRI HENDARSIH RAHAYUNINGTYAS - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik - JURUSAN : Seni Drama, Tari, dan Musik - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - sikil70 pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : DRS. WADIYO, M.Si - PEMBIMBING 2 : DRS. SUHARTO, S.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI SENI MUSIK DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG

4 Abstrak Penelitian ini berlatar belakang diberlakukannya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Pembelajaran Seni Budaya Sub Materi Seni Musik untuk mencapai pengalaman estetika melalui apresiasi dan kreasi. Permasalahan yang timbul adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni budaya sub materi seni musik di SMA Kristen YSKI Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang pelaksanaan pembelajaran seni budaya sub materi seni musik di SMA Kristen YSKI Semarang. Manfaat penelitian ini adalah : (1) bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan kreasi musik untuk mendapatkan pengalaman estetika, (2) bagi guru diharapkan dapat menggunakan model, strategi, pendekatan, metode serta teknik pengajaran yang tepat untuk meningkatkan apresiasi dan kreasi musik siswa menuju pada hakikat pendidikan seni budaya, (3) bagi kepustakaan sekolah diharapkan dapat menjadikan wacana dan menambah wawasan pengetahuan bagi pembaca serta masyarakat pada umumnya sehingga dapat mengembangkan apresiasi dan kreasi musik sebagai pengalaman estetika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan prosedur analisis pendekatan kualitatif yang meliputi reduksi data, kualifikasi data, penafsiran data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Setelah melalui proses analisis, kemudian data yang sudah jadi dideskripsikan secara kualitatif untuk mendapatkan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni budaya sub materi seni musik di SMA Kristen YSKI Semarang menggunakan model pembelajaran secara klasikal pada awal pelajaran dan pada kegiatan selanjutnya memvariasikan dengan strategi pembelajaran berkelompok. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan konsep yang selanjutnya mengarah pada pendekatan proses. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi kelompok, pemberian tugas dan latihan. Teknik pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas menggunakan tahap apersepsi, pembukaan materi, materi, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam pembelajaran seni budaya sub materi seni musik menggunakan proses pembelajaran dengan tahap apersepsi, pembukaan materi, materi, dan evaluasi.

5 Kata Kunci Musik, Pembelajaran

6 Referensi Burhan Bungin, 2006, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Echols, John dan Shadily, 1990, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta : PT. Gramedia. Kamus Lengkap Bahasa Inggris, 2004, Tim Prima Pena. Kemp, Jerrold, 1994, Proses Perancangan Pengajaran, Bandung : ITB. Latifah, Marzoeki, 2006, Tangga nada dan Trinada, Jakarta : Djambatan. Moleong, 2006, Metologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya. Munandar, Utami, 2004 : Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta : Rineka Cipta. Ngalim Purwanto, M, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya. Sagala, Syaiful, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfabeta. Sanjaya, Wina, 2005, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta. Soemanto, Wasty, 2003, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Edisi 2006, Semarang : SMA Kristen YSKI. Strauss, Anselm, dan Corbin Juliet, 2003, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif, Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Sudjana, Nana, dan Ibrahim, 2004, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung : Sinar Baru Algensindo. Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta. Suharsimi Arikunto, 1989, Manajemen Penelitian, Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Sukohardi, Aloysius, 1990, Dasar Teori Musik Umum, Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi. Undang-Undang Guru dan Dosen, UU RI No. 14 Tahun 2005, Jakarta : Sinar Grafika. Usman, Husaini dan Akbar, 2003, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : Bumi Aksara. Wibowo, Eddy, ed, Panduan Penulisan Karya Ilmiah, 2006, Semarang : Universitas Negeri Semarang.

7 Terima Kasih


Download ppt "C.SRI HENDARSIH RAHAYUNINGTYAS, 2501906007 PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI SENI MUSIK DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google