Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARIE KHARISMA LESTARI, 1402907186 PENINGKATAN KETEREMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SDN 02 BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARIE KHARISMA LESTARI, 1402907186 PENINGKATAN KETEREMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SDN 02 BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG."— Transcript presentasi:

1 ARIE KHARISMA LESTARI, PENINGKATAN KETEREMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SDN 02 BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ARIE KHARISMA LESTARI - NIM : PRODI : Pendidikan Guru Sekolah Dasar - JURUSAN : Pendidikan Sekolah Dasar - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - ariekhar pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. HY PONIYO, M.Pd - PEMBIMBING 2 : Drs. SUWANDI, M.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul PENINGKATAN KETEREMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SDN 02 BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG

4 Abstrak Hakikat Media audio merupakan jenis media yang didengar. Media ini memiliki karakteristik pemanipulasian pesan hanya dilakukan melalui bunyi atau suara-suara. Media ini sangat cocok untuk kepentingan pengajaran bahasa. Namun demikian untuk tujuan yang berkaitan dengan penguasaan informasi faktual, prosedur dan sikap, media ini masih memungkinkan untuk digunakan. Kenyataan yang ada di SDN 02 Bantarbolang, guru dalam mengajar belum menggunakan media sebagai alat memotivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media audio pada siswa dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Metode pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan peneliti, teman sejawat(guru), dan kepala sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Bantarbolang, Pemalang pada tahun akademik 2008/2009, dengan jumlah siswa 48 yang terdiri dari 29 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes. Data tes menggunakan tes unjuk kerja, data nontes menggunakan pengamatan, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Penelitian ini dikatakan berhasil jika keterampilan berbicara siswa dalam ragam formal meningkat, dengan perolehan nilai secara klasikal mencapai 7,4. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan disegala aspek pengamatan. Rencana pembelajaran dari siklus I sampai dengan siklus II dari masing-masing tindakan kelas dalam kategori cukup dan baik. Pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 69,4, siklus II memperoleh nilai 78,8, ada peningkatan sebesar 9,4. Dengan melihat hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian, yakni media audio dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Bantarbolang, tahun akademik 2008/2009. Akhirnya peneliti menyarankan hendaknya para guru kreatif dalam menentukan penggunaan media audio dalam pembelajaran keterampilan berbicara agar siswa tidak merasa jenuh mengikuti pembelajaran

5 Kata Kunci Keterampilan Berbicara, Media Audio

6 Referensi Arief, Zaenal Skripsi Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X-4 SMAN 1 Jepara melalui Diskusi dengan Pendekatan Kontekstual Fokus Pemodelan. Semarang : Universitas Negeri Semarang Arikunto, S, Suhardjono, dan Supardi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara. Budiasih dan Zuchdi, D Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Budiningsih, C, Asri Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Rineka Cipta. Haryadi dan Zamzani Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Mugiarso, Heru Bimbingan dan Konseling. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Mukti, F, dan Wibawa, B Media Pengajaran. Bandung : CV. Maulana. Reviu, TIM, dan APKG PPGSD, Revisi. 1998/1999. Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Santosa, Puji Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka. Slamet, ST, Y Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Surakarta : Universitas Sebelas Maret. Suherdi, D, dan Rakhmat, C Evaluasi Pengajaran. Bandung : CV. Maulana. TIM Contoh Silabus Berdiversifikasi dan Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta : DEPDIKNAS. TIM Strategi Belajar Mengajar I. Surakarta : Universitas Sebelas Maret. TIM Silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kelas IV Semester 2. Pemalang : Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang. TIM Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Tri, A, Catharina Psikologi Belajar. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Widyati Belajar Aktif Bahasa Indonesia Kelas IV. Jakarta : PT Bintang Ilmu. Wihardit, K, dan Wardhani, IGAK Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka. Yunus, M, dan Suparno Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

7 Terima Kasih


Download ppt "ARIE KHARISMA LESTARI, 1402907186 PENINGKATAN KETEREMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SDN 02 BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google