Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SOFIA NUR KRISTANTI, 4101405622 MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SMP KELAS VIII BIDANG GEOMETRI MELALUI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SOFIA NUR KRISTANTI, 4101405622 MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SMP KELAS VIII BIDANG GEOMETRI MELALUI."— Transcript presentasi:

1 SOFIA NUR KRISTANTI, MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SMP KELAS VIII BIDANG GEOMETRI MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SOFIA NUR KRISTANTI - NIM : PRODI : Pendidikan Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - cophia_moaniz pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Moch. Chotim, M.S - PEMBIMBING 2 : Walid, S. Pd, M. Si. - TGL UJIAN :

3 Judul MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SMP KELAS VIII BIDANG GEOMETRI MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

4 Abstrak Siswa di sekolah akan lebih mudah mempelajari sesuatu bila didasari pada apa yang diketahui siswa, karena untuk mempelajari suatu materi matematika yang baru, pengalaman belajar yang lalu dari seseorang akan mempengaruhi terjadinya proses belajar materi matematika tersebut. Aktivitas belajar dan kemampuan siswa SMP Negeri 3 Pati dalam menyelesaikan soal matematika masih rendah. Hal ini diketahui dari nilai ulangan harian dan ujian tengah semester siswa masih dibawah standar yang ditentukan oleh pihak sekolah yaitu kurang dari 75 dan kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang diajarkan khususnya bidang geometri. Penggunaan pendekatan konstruktivisme menjadi salah satu solusi. Sehingga diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade matematika smp kelas VIII SMP Negeri 3 Pati bidang geometri. Sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB semester 2 SMP Negeri 3 Pati tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian yang dapat penulis sajikan adalah sebagai berikut. Siklus I aktivitas siswa pertemuan pertama mencapai 57,5% dan pertemuan kedua mencapai 62,5%. Hasil tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 11 siswa yang mendapat nilai 75 ke atas (45,83%), dengan nilai rata-rata kelas 69,87. Siklus II aktivitas siswa pertemuan pertama mencapai 70% dan pertemuan kedua mencapai 65%. Hasil Hasil tes yang dilaksanakan pada siklus II terdapat 16 siswa yang mendapat nilai 75 ke atas (66,66%), dengan nilai rata-rata kelas 72,08. Siklus III aktivitas siswa pertemuan pertama mencapai 75% dan pertemuan kedua mencapai 82,5%. Hasil Hasil tes yang dilaksanakan pada siklus III terdapat 19 siswa yang mendapat nilai 75 ke atas (79,16%), dengan nilai rata-rata kelas 78,79. Simpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah cara meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade matematika SMP kelas VIII di SMP Negeri 3 Pati bidang geometri melalui pendekatan konstruktivisme yaitu dengan penggunaan LKS dan lembar diskusi dalam pembelajaran.

5 Kata Kunci Meningkatkan, Olimpiade Matematika, Geometri, dan Konstruktivisme.

6 Referensi Anni, Catharina dkk. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Asikin Daspros Pembelajaran Matematika I. Semarang: Jurusan Matematika. Tersedia di: related:ocw.unnes.ac.id/ocw/matematika/pendidikan-matematikas1/ kk dasar-dasar-proses-pembelajaran matematika/DIKTAT%20KULIAH%20DASPROS%20PEMB%20MAT1.d oc (diakses 18 Mei 2009). Departemen Pendidikan Nasional SILABUS OLIMPIADE SAINS NASIONAL Edisi kedua. Jakarta: DIREKTORAT PEMBINAAN SMP DIREKTORAT JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH. Depdiknas Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Hodojo, Herman Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud. Kurniawan, Once Tantangan dan Kreativitas Mengajar Matematika di Era Digital. v. 4, n. 2. Hlm Lucky Fajar R. Dan Farid Maulana Cara Mudah Menakhlukkan Olimpiade Matematika SMP. Jakarta: PT. Wahyumedia. Sardiman Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sugandi, Achmad dkk. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang. Suherman, Erman dkk Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Sukino dan Wilson Simangunsong Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga. Wiworo Metode Pembinaan Untuk Menghadapi Olimpiade Matematika SMP. Yogyakarta: Buletin Limas. Wiworo Olimpiade Nasional Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG.

7 Terima Kasih


Download ppt "SOFIA NUR KRISTANTI, 4101405622 MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SMP KELAS VIII BIDANG GEOMETRI MELALUI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google