Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PUSPITA WULANDARI, 3101405007 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN SEJARAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PUSPITA WULANDARI, 3101405007 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN SEJARAH."— Transcript presentasi:

1 PUSPITA WULANDARI, UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI - BAHASA SMA NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2008/2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : PUSPITA WULANDARI - NIM : PRODI : Pendidikan Sejarah - JURUSAN : Sejarah - FAKULTAS : Ilmu Sosial - zietha_zone pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Bain, M.Hum. - PEMBIMBING 2 : Drs. IM. Jimmy De Rosal, M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI - BAHASA SMA NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2008/2009

4 Abstrak Pembaharuan dalam bidang pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan suatu bangsa. Salah satu cara untuk memperbaharui dunia pendidikan adalah dengan menciptakan iklim pembelajaran yang mengaktifkan siswa yaitu dengan tidak menggunakan cara-cara yang konvensional lagi. Didalam situasi pembelajaran banyak siswa menganggap bahwa sejarah merupakan mata pelajaran yang membosankan dan rumit, hal ini dapat terlihat pada saat pemberian materi ajar dikelas siswa cenderung untuk tidak memperhatikan guru yang sedang member materi dan berbicara sendiri. Mereka sangat merasa kesulitan saat harus menghafalkan angka tahun yang bagi mereka sangat rumit. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran baru untuk meningkatkan potensi belajar siswa. Sistem pembelajaran yang ada di SMA Negeri 2 Salatiga selama ini masih belum melibatkan potensi dan peran aktif siswa secara optimal dalam mengikuti pembelajaran yang ada. Hal tersebut menjadi penyebab tidak dapat terselenggarakannya proses pembelajaran yang baik, karena siswa cenderung bersikap pasif terhadap pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Menanggapi masalah tersebut, maka dilaksanakan model pembelajaran Group Investigation melalui penelitian tindakan kelas. Model pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI-Bahasa SMA Negeri 2 Salatiga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah dengan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-Bahasa SMA Negeri 2 Salatiga”. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-Bahasa SMA Negeri 2 Salatiga melalui model pembelajaran Group Investigation dalam mata pelajaran sejarah. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus. Dalam setiap siklus ada empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Peneliti memberikan lembar kerja siswa untuk dikerjakan secara berkelompok dan hasilnya akan dipresentasikan didepan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI-Bahasa SMA Negeri 2 Salatiga tahun 2008/2009. Berdasarkan hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Group Investigation, hasil belajar siswa kelas XI-Bahasa SMA Negeri 2 Salatiga dapat ditingkatkan. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dalam kegiatan belajarmengajar. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 63,97 dengan ketuntasan klasikal adalah 55,89% dan siswa yang tuntas berjumlah 19 anak. Nilai rata-rata ix kelas paa siklus II adalah 70,73 dengan ketuntasan klasikal adalah 82,53% dan siswa yang tuntas berjumlah 28 anak. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru hendaknya harus mengadakan variasi dalam menggunakan metode pembelajaran untuk menghindari timbulnya rasa jenuh siswa dalam proses belajar-mengajar didalam kelas sehingga motivasi dan prestasi belajar sejarah siswa dapat meningkat.

5 Kata Kunci hasil belajar, group investigation

6 Referensi Ali, Muhammad Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Arikunto,Suharsimi, dkk Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Darsono, Max Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press Depdiknas Model-model Pembelajaran yang Efektif. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Faisol Memperbaiki Hasil Pembelajaran Melalui Penilitian Tindakan Kelas (PTK). Semarang: Yayasan Penerbit PGRI Hamalik, Oemar Metodologi Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Jakarta : Tarsito Kasmadi, Hartono Pembangunan Pembelajaran Dengan Pendekatan Model-Model Pengajaran Sejarah. Semarang: Prima Nugraha Pratama. Lie, Anita Mempraktikan Cooperatif Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo. Moleong, Lexy J Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Mulyasa, E Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan : Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Munib, Achmad Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press. Slavin, Robert E Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media. Soeparwoto Psikologi Perkembangan. Semarang: UNNES Press. Sudaryo, dkk Strategi Belajar Mengajar. Semarang : IKIP Semarang Press. Sudjana, Nana Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sujana, Nana Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugandi, Achmad Teori Pembelajaran. Semarang : UPT MKK Unnes Press. Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka. Tri Anni, Chatrina Psikologi Belajar. Semarang : UNNES Press Penelitian Pemula, UKM Penelitian UNNES Semarang, Trianto Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konse,p Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta : Prestasi Pustaka. Widiastuti, Kurnia Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Matrik Siswa SMP Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran Semarang: FMIPA UNNES. Widja, I Gde Dasar-Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: P2LPTK.

7 Terima Kasih


Download ppt "PUSPITA WULANDARI, 3101405007 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN SEJARAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google