Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AVITA ISTARIHANA, 1301405038 KESIAPAN KONSELOR UNTUK MELAKSANAKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SESUAI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AVITA ISTARIHANA, 1301405038 KESIAPAN KONSELOR UNTUK MELAKSANAKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SESUAI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI."— Transcript presentasi:

1 AVITA ISTARIHANA, KESIAPAN KONSELOR UNTUK MELAKSANAKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SESUAI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2009/2010

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : AVITA ISTARIHANA - NIM : PRODI : Bimbingan dan Konseling - JURUSAN : Bimbingan Dan Konseling - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - misscutez87 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dra. MTh. Sri Hartati, M. Pd. - PEMBIMBING 2 : Drs. Eko Nusantoro, M. Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul KESIAPAN KONSELOR UNTUK MELAKSANAKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SESUAI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2009/2010

4 Abstrak Kesiapan adalah hal penting yang harus ada ketika individu akan melakukan suatu hal. Berhasil atau tidaknya suatu pekerjaan tergantung pada kesiapan dari seseorang tersebut. Begitu pula dalam Bimbingan dan Konseling, salah satu faktor penentu berhasil atau tidaknya pelaksanaan layanan konseling di sekolah tergantung pada kesiapan konselor itu sendiri. Seorang konselor dikatakan telah siap untuk melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling, apabila ia telah memiliki pengetahuan, pemahaman, kemampuan, nilai, sikap, dan minat. Fakta yang diperoleh bahwa konselor memiliki pemahaman yang cukup dan sikap yang baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana kesiapan konselor ditinjau dari pemahaman konselor dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling sesuai KTSP, 2) bagaimana kesiapan konselor ditinjau dari sikap konselor terhadap layanan Bimbingan dan Konseling KTSP. Tujuan penelitian ini adalah untuk menetahuai 1) memperoleh informasi yang benar dan obyektif tentang kesiapan konselor dari segi pemahaman dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling sesuai KTSP, 2) memperoleh data yang benar dan obyektif tentang kesiapan konselor dari segi sikap konselor terhadap layanan Bimbingan dan Konseling sesuai KTSP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian populasi dimana yang menjadi populasi yaitu seluruh konselor di SMA Negeri Se-Kabupaten Jepara sebanyak 30 konselor. Pengambilan data dengan angket dan skala psikologi. Perhitungan validitas dengan rumus Poduct Moment dan perhitungan reliabilitas dengan rumus Alpha. Angket dan skala sikap dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kesiapan konselor ditinjau dari pemahaman konselor termasuk dalam kriteria cukup dengan persentase 61%, kesiapan konselor ditinjau dari sikap konselor berada dalam kriteria baik dengan persentase 69%. Hal ini menunjukkan bahwa konselor mempunyai kesiapan untuk melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling, namun masih dalam batas standar. Berdasarkan penelitian tersebut, disarankan kepada konselor untuk lebih meningkatkan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah dengan mengikuti Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), seminar, dan pelatihan-pelatihan Bimbingan dan Konseling. Diharapkan adanya peningkatan pemahaman pada konselor supaya siap untuk melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah dengan maksimal.

5 Kata Kunci Kesiapan, Pemahaman Konselor, Sikap Konselor

6 Referensi Ali, Mohammad Strategi Penelitian. Bandung: Angkasa Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Azwar, Syaifudin Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Penyusunan Skala Psikologi: Yogyakarta: Pustaka Pelajar BSNP Panduan pengembangan Diri. Jakarta Danim, Sudarwan Metode Penelitian Untuk Ilmu-ilmu Perilaku. Jakarta: Bumi Aksara Departemen Pendidikan Nasional Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi 3). Jakarta: Balai Pustaka Gerungan Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama Hadi, Sutrisno Statistik (Jilid 2). Yogyakarta. Andi Offset Hartoyo Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan KTSP. Karya Tulis Dosen Kurniawan, Kusnarto Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan KTSP. Karya Tulis Dosen Mulyasa Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT. Rosdakarya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosdakarya Mugiharso, Heru Bimbingan dan Konseling. Semarang. UNNES Press Prayitno Dasar-Dasar Bimbinagn dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jaarta:Rineka Cipta Pusat Kurikulum BALITBANG DEPDIKNAS Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (makalah). Jakarta Soejipto, dan Kosasi, Raflis Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta Sudjana Metoda Statistika. Bandung: Transito Sugiharto, DYP Peran dan Kinerja Pembimbing dalam Peningkatan Mutu Layanan Bimbingan dan Konseling. Karya Tulis Dosen Sugiyono Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Sukardi, Dewa Ketut Pengantar Pelaksanaan Program BK di Sekolah. Jakarta: Rineka cipta Tri Ani, Chatarina Psikologi Belajar. UNNES Press Walgito, Bimo Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset William Metode Penelitian Knowledge Base. MUD dex. (8 Maret 2010) Yusuf, Syamsu Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

7 Terima Kasih


Download ppt "AVITA ISTARIHANA, 1301405038 KESIAPAN KONSELOR UNTUK MELAKSANAKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SESUAI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google