Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SITI FAIZAH, 1301405013 BENTUK KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU MATA PELAJARAN DALAM MEMBANTU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA (STUDI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SITI FAIZAH, 1301405013 BENTUK KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU MATA PELAJARAN DALAM MEMBANTU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA (STUDI."— Transcript presentasi:

1 SITI FAIZAH, BENTUK KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU MATA PELAJARAN DALAM MEMBANTU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA KELAS VII SMP NEGERI 22 SEMARANG)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SITI FAIZAH - NIM : PRODI : Bimbingan dan Konseling - JURUSAN : Bimbingan Dan Konseling - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - sitifaizahchariri pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dr. Imam Tadjri, M. Pd - PEMBIMBING 2 : Dra. Awalya, M. Pd., Kons - TGL UJIAN :

3 Judul BENTUK KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU MATA PELAJARAN DALAM MEMBANTU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA KELAS VII SMP NEGERI 22 SEMARANG)

4 Abstrak Permasalahan yang kerap muncul dalam proses belajar mengajar adalah masalah kesulitan belajar. Kesulitan belajar tidak hanya bersifat instruksional, namun sering juga bersifat non-instruksional, maka penanganannya memerlukan kerjasama antara guru mata pelajaran dan guru pembimbing sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yaitu memilih suatu kejadian atau gejala mengenai kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar. Subyek penelitian yang digunakan adalah guru pembimbing dan guru mata pelajaran di SMP Negeri 22 Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah tiga subyek, dua diantaranya adalah guru BK dan seorang guru mata pelajaran. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam. Uji keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah bentuk kerjasama antara guru pembimbing dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar siswa sudah cukup terjalin namun belum secara keseluruhan, kerjasama yang terjalin lebih pada saling memberikan data siswa dari guru BK maupun dari guru mata pelajaran baik berupa data tertulis maupun informasi verbal mengenai nilai, perilaku serta permasalahan lain yang dialami siswa. Kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar terjalin bilamana dihadapkan pada permasalahan siswa yang tidak dapat diselesaikan oleh guru BK dengan siswa saja atau antara guru mata pelajaran dengan siswa saja, sehingga perlu melibatkan pihak lain seperti guru mata pelajaran, wali kelas dan orang tua. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bentuk kerjasama antara guru pembimbing dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar siswa tidak selalu terjalin, hal ini tergantung pada permasalahan yang dihadapi siswa dan frekuensinya pun lebih banyak pada tahap pengumpulan data siswa. Adapun saran yang dapat penulis berikan adalah hendaknya guru BK lebih aktif dalam mengadakan kerjasama dan komunikasi secara terbuka dengan guru mata pelajaran sehingga menghasilkan upaya bantuan yang efektif.

5 Kata Kunci kerjasama, guru Bimbingan dan Konseling, guru mata pelajaran, kesulitan belajar.

6 Referensi Abdurrahman, Mulyono Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan (Edisi Revisi Vi). Jakarta: PT Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta Hakim, Thursan Belajar Secara Efektif: Panduan Menemukan Teknik Belajar, Memilih Jurusan, dan menentukan cita-cita. Jakarta: Pusra Swara. Irawati Kerjasama Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viiid Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MTsN Ngemplak Sleman Yogyakarta.Skripsi.Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga KBBI Tim Penyusun Kamus Pembinaan & Pengembangan Bahasa Edisi 2. Jakarta: Balai Pustaka. Lestari, Sri Pedoman Kerjasama Konselor Dan Guru Mata Pelajaran Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Pontianak: Universitas Tanjung Pura. _________, dkk Studi Pengembangan Model Kerjasama Konselor Dan Guru Mata Pelajaran Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Umum Kotamadya Pontianak. Laporan Penelitian Dosen. Pontianak: Universitas Tanjung Pura. Makmun, Abin Syamsuddin Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Miles & Huberman Analisis Data Kualitatif, Penerjemah : Tjejep Rohendi; Pendamping. Jakarta: UI Press. Moleong, J Lexy Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung:PT Remaja Rosdakarya. Mugiarso, Heru, dkk Bimbingan dan konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. Partowisastro, Koestoer Bimbingan dan Penyuluhan Di Sekolah-sekolah Jilid I. Jakarta Pusat: Erlangga Prayitno, Erman Amti Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta Sagala Adminstrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta. Soetjipto, Raflis Kosasi Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono Meodologi Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitataf, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukardi, Dewa Ketut Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. Syah, Muhibbin Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Tidjan, dkk Bimbingan dan konseling untuk sekolah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Usman, Moh Uzer Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta UU RI No. 14 tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. From com/ diunduh pada 19 Oktober 2010 UU RI No. 20 TAHUN 2003.From net/files/sisdiknas.pdf diunduh pada 19 Oktober diunduh pada 19 Oktober 2010 Winardi Manajemen Konflik (Konflik Perubahan dan Pengembangan. Bandung: CV Mandar Maju.

7 Terima Kasih


Download ppt "SITI FAIZAH, 1301405013 BENTUK KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU MATA PELAJARAN DALAM MEMBANTU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA (STUDI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google