Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APRILIA KARTIKA MAYASARI, 1301404041 KONTRIBUSI KOGNISI SOSIAL TERHADAP SIKAP SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES) YANG TELAH MENGIKUTI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APRILIA KARTIKA MAYASARI, 1301404041 KONTRIBUSI KOGNISI SOSIAL TERHADAP SIKAP SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES) YANG TELAH MENGIKUTI."— Transcript presentasi:

1 APRILIA KARTIKA MAYASARI, KONTRIBUSI KOGNISI SOSIAL TERHADAP SIKAP SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES) YANG TELAH MENGIKUTI KKN TEMATIK PBA DI KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2008/2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : APRILIA KARTIKA MAYASARI - NIM : PRODI : Bimbingan dan Konseling - JURUSAN : Bimbingan Dan Konseling - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - yaa_yaa pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Sugiyo, M. Si. - PEMBIMBING 2 : Dra. Catharina Tri Anni, M. Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul KONTRIBUSI KOGNISI SOSIAL TERHADAP SIKAP SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES) YANG TELAH MENGIKUTI KKN TEMATIK PBA DI KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2008/2009

4 Abstrak Dalam kehidupannya, manusia membutuhkan lingkungan dan pergaulan dengan sesama. Hal ini dapat dilihat dalam kesehariannya bahwa manusia tidak sanggup hidup sendiri tanpa lingkungannya. Kemampuan seseorang dalam bersosialisasi dengan lingkungan sangat dipengaruhi oleh yang dia pelajari sejak kecil, baik dari orang tuanya maupun orang terdekat di lingkungannya. Demikian halnya mahasiswa, harus pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan baru sesuai dengan lingkungan yang menjadi pusat kegiatan KKN berlangsung. Kognisi sosial mahasiswa dalam bersosialisasi di masyarakat sangat mempengaruhi sikap sosial mereka selama mengikuti kegiatan KKN. Mahasiswa yang memiliki kognisi sosial tinggi, ia akan mudah menyesuaikan diri di lingkungan KKN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kognisi sosial terhadap sikap sosial mahasiswa yang telah mengikuti KKN di Kecamatan Sumowono Kabupetn Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang telah mengikuti KKN di Sumowono tahun 2008/2009. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Perhitungan validitas dengan rumus korelasi product moment dan untuk perhitungan reliabilitas dengan rumus alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif prosentase, korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara keseluruhan sikap sosial dan kognisi sosial mahasiswa termasuk dalam kriteria tinggi yaitu 78.20% dan 76.50%. Hubungan antara kognisi sosial dengan sikap sosial pada mahasiswa yang telah mengikuti KKN di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang tahun 2008/2009 sebesar 74%. Hasil penelitian diketahui besarnya kontribusi kognisi sosial dalam mempengaruhi sikap sosial mahasiswa sebesar 53.8%. Hal ini berarti kognisi sosial memberikan kontribusi yang cukup tinggi terhadap sikap sosial mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar mahasiswa memperdalam pengetahuannya tentang kognisi sosial dan sikap sosial serta diharapkan dapat memperdalam dengan kegiatan-kegiatan bersifat sosial kemasyarakatan, kepada jurusan BK diharapkan lebih meningkatkan sosialisasi tentang wilayah kinerja konselor bahwa selain di sekolah dan panti sosial, konselor juga memiliki wilayah kerja sampai tingkat perguruan tinggi dengan mengadakan seminar-seminar tentang wilayah kerja konselor.

5 Kata Kunci kognisi sosial, sikap sosial, kuliah kerja nyata.

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Azwar, Saifuddin Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. __________ Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bahtiar Pengertian Kuliah Kerja Nyata. 20 Maret Baron, Roberta & Donn Byrne Psikologi Sosial (Edisi Kesepuluh Jilid 1). Jakarta : Erlangga. Dayakisni, Tri & Hudaniah Psikologi Sosial. Malang : UMM Press. Developmental Psychology Vol 30, no. 6, Gerungan Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditama. Herdjoko PT Di Jateng Sepakat Berantas Buta Aksara. 20 Maret Hurlock Psokologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga. Jogiyanto, Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta : ANDI Offset. Mar’at Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukuran. Jakarta : Ghalia Indonesia. Mar’at, Samsunuwiyati Perilaku Manusia (Pengantar Singkat Tentang Psikologi). Bandung : Refika Aditama. Monks Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada Press. Prayitno Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan. Padang. Santrock, John W Life-Span Development : Perkembangan Masa Hidup (Edisi 5 Jilid II). Jakarta : Erlangga. __________ Adolescence Perkembangan Remaja (Edisi 6). Jakarta : Erlangga. Sarwono, Sarlito Wirawan Psikologi Sosial : Individu Dan Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta : Balai Pustaka. __________ Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Sudibyo, Retno Tak Perlu Kompromi Tuntaskan Buta Aksara. 20 Maret Sudjana, Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti. Bandung: Tarsito. Sugiyono Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta. Suharnan Psikologi Kognitif. Surabaya : Srikandi. Suyono, Hadi Social Intelligence (Cerdas Meraih Sukses Bersama Orang Lain Dan Lingkungan). Jogjakarta : Ar-Ruzz Media. Walgito, Bimo Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta : Andi Offset. Yulaelawati, Ella Maret 2009.

7 Terima Kasih


Download ppt "APRILIA KARTIKA MAYASARI, 1301404041 KONTRIBUSI KOGNISI SOSIAL TERHADAP SIKAP SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES) YANG TELAH MENGIKUTI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google