Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 1 Perancangan dan Pemrograman Web. Internet Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 1 Perancangan dan Pemrograman Web. Internet Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 1 Perancangan dan Pemrograman Web

2 Internet Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan telpon, serat optik (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable), satelit atau dengan koneksi wireless.

3 Manfaat Internet mencari informasi pendidikan perpustakaan digital sarana belajar tambahan Adanya E-Book Kemudahan dalam mencari bahan belajar

4 Internet Protocol (IP) Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32- bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP

5 Internet Protocol (IP) IP ada 2 tipe : 1. IP Address Private : sebuah alamat IP komputer host pada jaringan lokal (LAN) 2. IP Address Public : alamat IP komputer pada jaringan internet atau Wide Area Network

6 Domain Domain = nama unik untuk mengidentifikasi nama server komputer pengguna internet dapat mengakses server dengan mudah tanpa harus menghapal IP yang terdiri dari deretan angka yang panjang Setiap domain memiliki Top Level Domain (TLD)

7 Top Level Domain Pengalamatan berbasis domain menggunakan sistem berjenjang, mulai dari level paling atas (dikenal sebagai TLD, Top Level Domain), hingga jenjang di bawahnya. Jenis TLD : 1. Global Top Level Domain (gTLD) 2. Country Code Top Level Domain (ccTLD)

8 Top Level Domain gTLD : TLD yang umum dipakai Contoh : 1..com 2..net ccTLD : TLD lokal yang mencakup suatu negara tertentu Contoh : Inggris ->.uk Malaysia ->.my India ->.in

9 Daftar TLD Indonesia Jenis Domain : AC.ID Pengguna : Lembaga pendidikan yang sedikitnya memiliki program Diploma 1 tahun (D1), dan beroperasi sesuai dengan perundangan yang berlaku. Termasuk di dalamnya perguruan tinggi yang bukan di bawah naungan Ditjen Dikti Depdikbud, seperti IAIN, Akademi Departemen, dan lain sebagainya. Jenis Domain : SCH.ID Pengguna : Sekolah (TK, SD, SMTP, SMU, SMK, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah) serta lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan PLSM Diknas, seperti lembaga kursus dan sejenis.

10 Daftar TLD Indonesia Jenis Domain : CO.ID Pengguna : Badan usaha yang mempunyai badan hukum sah serta memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau badan hukum sah yang berbentuk PT, PK, atau firma yang memiliki akte serta izin usaha yang terkait. Jenis Domain : GO.ID Pengguna : Khusus Lembaga milik Pemerintah Republik Indonesia.

11 Daftar TLD Indonesia Jenis Domain : MIL.ID Pengguna : Khusus Lembaga dalam jajaran militer Republik Indonesia. Jenis Domain : NET.ID Pengguna : Khusus perusahaan penyelenggara yang memiliki pelanggan eksternal dan bukan merupakan anggota organisasi tersebut. Perusahaan harus merupakan badan hukum sah yang memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau badan hukum sah yang berbentuk PT, PK, atau Firma yang memiliki akte serta izin usaha yang terkait.

12 Daftar TLD Indonesia Jenis Domain : OR.ID Pengguna : Untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk dalam kategori “AC.ID”, “CO.ID”, “GO.ID”, “MIL.ID”, “NET.ID”. Jenis Domain : WEB.ID Pengguna : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

13 Hosting Hosting : tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

14 Hosting Hal yang harus diperhatikan dalam memilih hosting 1. Kapasitas 2. Teknologi yang Digunakan 3. Support 4. Database 5. Backup 6. Bandwidth

15 Hosting Contoh penyedia jasa hosting :


Download ppt "PERTEMUAN 1 Perancangan dan Pemrograman Web. Internet Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google