Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kriptografi Disusun oleh : Suryanto (12122006) Anjelica Booant (12122014) Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercubuana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kriptografi Disusun oleh : Suryanto (12122006) Anjelica Booant (12122014) Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercubuana."— Transcript presentasi:

1 Kriptografi Disusun oleh : Suryanto ( ) Anjelica Booant ( ) Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercubuana Yogyakarta 2014

2 Definisi  Kriptografi berasal dari bahasa yunani, menurut bahasa dibagi menjadi dua kripto dan graphia, kripto berarti secret (rahasia) dan graphia berarti writing (tulisan).

3 Implementasi  Automatic Teller Machine (ATM), Internet Banking, Mobile Banking, Komunikasi elektronik seperti telepon tetap, cellular, SMS, MMS. 3G, Komunikasi via Internet seperti , messaging, chatting, Voice Call dan E- Government, E-Commence.

4 Sejarah Kriptografi  Menurut catatan sejarah, kriptografi sudah digunakan oleh bangsa Mesir sejak 4000 tahun yang lalu oleh raja-raja Mesir pada saat perang untuk mengirimkan pesan rahasia kepada panglima perangnya melalui kurir-kurinya.

5 Syarat Algoritma kriptografi  Kerahasiaan.  Autentikasi.  Integritas.  Non-Repudiation

6 Elemen kriptografi  Pesan, Plainteks dan Cipherteks  Pengirim dan Penerima  Enkripsi dan dekripsi  Cipher  Sistem kriptografi  Penyadap  Kriptanalisis dan kriptologi

7 Algoritma kriptografi terdiri dari 2 bagian fungsi, yaitu  ENKRIPSI (encryption) Proses tranformasi dari plaintext menjadi ciphertext disebut proses Encipherment atau enkripsi (encryption).  DEKRIPSI (decryption). Proses mentransformasikan kembali ciphertext menjadi plaintext disebut proses dekripsi (decryption).

8 Menurut Shannon Algoritma kriptografi harus memiliki kekuatan untuk melakukan konfusi dan difusi.  KONFUSI (confusion). Mengaburkan hubungan antara plaintext dan ciphertext  DIFUSI (difusion), Menyebarkan redudansi plaintext dengan menyebarkan masukan ke seluruh ciphertext.

9 Secara umum berdasarkan kesamaan kuncinya, algoritma sandi dibedakan menjadi  ALGORITMA KUNCI SIMETRIS. Dalam symmetric cryptosystem ini, kunci yang digunakan untuk proses enkripsi dan dekripsi pada prinsipnya identik, tetapi satu buah kunci dapat pula diturunkan dari kunci yang lainnya.

10 Kriptografi simetris dapat dibagi menjadi dua  Penyandian blok bekerja pada suatu data yang terkelompok menjadi blok-blok data atau kelompok data dengan panjang data yang telah ditentukan  Penyandian alir bekerja pada suatu data bit tunggal atau terkadang dalam satu byte.

11 ALGORITMA KUNCI ASIMETRIS.  KUNCI PUBLIK adalah kunci yang digunakan untuk melakukan proses enkripsi data. Kunci ini disebut publik karena siapapun dapat mengetahuinya.  KUNCI PRIVAT adalah kunci yang digunakan untuk melakukan proses dekripsi data.

12 Berdasarkan arah implementasi dan pembabakan zamannya dibedakan menjadi :  ALGORITMA SANDI KLASIK. kriptografi dilakukan dengan menggunakan pensil dan kertas. Ciri  Berbasis karakter  Menggunakan pena dan kertas saja, belum ada computer  Termasuk ke dalam kriptografi kunci simetris.

13 Algoritma klasik dikelompokkan menjadi  Cipher substitusi (substitution cipher) . Cipher transposisi (transposition cipher) ALGORITMA SANDI MODERN Algoritma kriptografi modern tidak lagi mengandalkan keamanannya pada kerahasiaan algoritma tetapi kerahasiaan kunci.

14 berdasarkan besar data yang diolah dalam satu kali proses algoritma kriptografi dibedakan menjadi dua jenis yaitu :  Algoritma block cipher  Algoritma stream cipher.

15 Sekian dan terimakasih

16


Download ppt "Kriptografi Disusun oleh : Suryanto (12122006) Anjelica Booant (12122014) Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercubuana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google