Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rudi Yansah (20110610067) M.Rijal Ramdhani (20110610106) Indah Novitasari SJ (20110610 088) Agustina Khikmawati (20110610104) Nurwana (20110610091)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rudi Yansah (20110610067) M.Rijal Ramdhani (20110610106) Indah Novitasari SJ (20110610 088) Agustina Khikmawati (20110610104) Nurwana (20110610091)"— Transcript presentasi:

1

2

3 Rudi Yansah ( ) M.Rijal Ramdhani ( ) Indah Novitasari SJ ( ) Agustina Khikmawati ( ) Nurwana ( ) Praavidillia Tara Yuna K.S ( ) Alfian Trisakti

4

5 Dalam kehidupan bermasyarakat sering terjadi perselisihan yang disebabkan oleh banyaknya ideologi yang tumbuh dalam masyarakat sehingga sulit terjadinya konsensus. Sehinga dengan adanya dakwah kita dapat mempersatukan umat sesuai dengan ajaran yang disyariatkan.

6 Bagaimana dakwah yang diajarkan oleh Rasulullah? Bagaimana cara dakwah yang terjadi di indonesia?

7 Islam adalah agama dakwah artinya agama yang selalu mendorong pemeluknya untuk senantiasa aktif melakukankegiatan dakwah. Sehingga dapat disimpulkan pengertian dakwah : Dakwah adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah SAW sesuai dengan garis aqidah, syari'at dan akhlak Islam. Kata dakwah merupakan masdar (kata benda) dari kata kerja da'a yad'u yang berarti panggilan, seruan atau ajakan.

8 Tujuan utama dakwah yaitu : Mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat yang diridai oleh Allah SWT Nabi Muhammad SAW.

9 Rahasia besar kesuksesan Rasulullah Saw dalam berdakwah adalah menyampaikan dakwah melalui amal perbuatan. Metode dakwah Rasulullah saw. mengacu pada anjuran Allah yang tercantum dalam Alquran surat An-Nahl ayat 125. Ayat ini mencakup beberapa metode dakwah sebagai berikut : 1. Disampaikan dengan cara yang hikmah 2. Mau’idzah Hasanah 3. Mendebat dengan cara yang terbaik

10 1. Disampaikan dengan cara yang hikmah Kata hikmah berarti yang paling utama dari segala sesuatu, baik pengetahuan maupun perbuatan. Hikmah juga diartikan sebagai sesuatu yang bila digunakan/diperhatikan akan mendatangkan kemaslahatan dan kemudahan yang besar atau lebih besar serta menghalangi terjadinya kesulitan yang besar atau lebih besar. Dakwah harus disampaikan dengan cara hikmah, agar tidak menimbulkan permasalahan umat. Dalam hal ini, Majlis Taklim adalah tempat untuk menyatukan umat, bukan untuk memperbesar perbedaan dan memecah-belah umat. Rasul telah mengajarkan sikap lemah-lembut yang beliau tunjukkan tak hanya kepada para sahabat dan orang-orang muslim, tetapi juga kepada musuh yang akan membunuh beliau.

11 2. Mau’idzah Hasanah yakni memberikan nasihat dan perumpamaan yang menyentuh jiwa sesuai dengan pengetahuan para pendengarnya. Banyak ulama yang mengartikan mau’idzah dengan uraian yang menyentuh hati yang mengantar kepada kebaikan. Kata mau’idzah disifati dengan hasanah, karena ia baru dapat mengena hati sasaran bila ucapan yang disampaikan itu disertai dengan pengamalan dan keteladanan dari yang menyampaikannya.

12 3. Mendebat dengan cara yang terbaik Metode dakwah Rasulullah saw. senantiasa menghindari cara berdebat yang hanya akan melemahkan seorang da’i. Jika terpaksa harus berdebat, Rasulullah akan mendebat dengan cara yang sangat baik dan bijak. Hal ini beliau contohkan ketika suatu saat beliau ditemui oleh seorang utusan kaum kafir Quraisy. Utusan tersebut merayu dan membujuk Rasulullah untuk meninggalkan dakwah Islam. Sebagai gantinya kaum kafir Quraisy akan memberikan apa saja yang dikehendaki Rasul seperti harta, tawanan, dan jabatan.

13 DAKWAH

14 Ceramah adalah suatu teknik atau metode dakwah yang banyak di warnai oleh cirri karakteristik bicara seorang da’I pada suatu aktipitas dakwah. Ceramah dapat pula bersipat propaganda, kampanye, berpidato, khidbah, sambutan, mengajar dan sebagainya. Istilah ceramah dalam akhir- akhir ini sedang ramainya di pergunakan oleh instansi pemerintah ataupun swasta, baij melalui radio, televiisi, maupun ceramah secara langsung. Pada ssebagian orang menamai ceramah dengan berpidato atau retorika dakwah. Metode ceramah sebagai salah satu metode yang sseriang di pakai oleh orang atau da’i-da’I atau para utsan allah dalam usaha menyampaikan risalahnya.

15 metode Tanya jawab adalah penyampaian materi dakwah dengan cara mendorong sasarannya untuk menyatakan sesuatu masalah yang di rasa belum di mengerti dan da’I sebagai penjawabnya. Metode ini dimaksudkan untuk melayani masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Sebab dengan bertanya orang berarti ingin mengetahuai lebih dalam dan mengamalkannya. Harapan ini tak dapat di capai tampa adanya usaha seorang da’I untuh melatih didrinya memahami maksut dari perrtanyaan orang lain, memiliki keterampilan bertanya dan sebagainya

16 Mujadalah sinonim dari istilah dakwah, dapat juga sebagai salah satu metode dakwah. Debat sebagai metode dakwah pada dasarnya mencari kemenangan, dalam arti lebih menunjukan kebeneran dan kehebatan islam. Dengan katalain debat adalah mempertahankan pendapat agar pendapatnya itu diakui kebenarannya oleh orang lain. Dengan demikian debat efektif di lakukan sebagai metode dakwah kepada orang-orang yang membantah akan kebenaran islam. Sedangkan objek dakwah masih kurang percaya atau mantap terhadap kebenaran islam, di rasa kurang efektif bila menggunakan metode debat ini sebagai metode dakwahnya.apalagi sesame muslim yang hany berbeda pendapat, sangat tercela bila beerhobi debat dengan temannya.

17 Percakapan antar pribadi atau individu adalah percakan bebas antara seorang da’I dengan individu- individu sebagai sasaran dakwahnya. Pecakapan pribadi bertujuan menggunakan kesempatan yang baik di dalam percakapan untuk aktivitas dakwah. Biasanya yang di sebut ngobrol para subjeknya tak membatasi permasalahan yang di bicarakan. Oleh karna itu seorang da’I hendaknya dapat mengarahkan pembicaraannya kepada hal-hal yang baik memasukan ide-ide, dan mengajak mereka kejalan allah.

18 cara-cara dakwah persuasif melalui keindahan musik dan kata-kata justru bisa melunakkan hati yang keras dan lebih efektif, salah satunya menyadarkan orang untuk selalu berbuat kebaikan dan tidak melakukan kerusakan

19 Dalam berbagai macam banyak cara dakwah yang kesemua cara itu sangat di perlukan demi tercapainya sebuah tujuan dakwah. Cara yang di gunakan yang semuanya itu mempunyai kelemahan dan kekurangan masing-masing, tentu dalam penggunaannya kita harus memilih cara yang tepat yang di lihat dari keadaan objek yang di dakwahi, dengan memperhatikan factor usia, pengetahuan, status sosial dan sebagainya.

20

21 Soal : 1.Berhubungan dengan cara dakwah melalui musik, manusia mempunyai selera yang berbeda-beda. Bagaimana untuk mempersatukan hal tersebut agar dakwah nya tersampaikan dengan baik? (ahmad fadli nasution) Jawaban : dakwah dapat di sampaikan melalui musik apapun, meskipun selera musik setiap orang berbeda-beda selama ada individu yang mau menyelipkan atau menyisipkan dakwah di dalam musik tersebuk no problem. Soal : 2. Cara dakwah yang bagaimana yang tenar di indonesia? (firman ayatullah firdaus) Jawaban : cara dakwah yang paling tenar di indonesia adalah ceramah yang menggunakan media contohnya televisi, karana dengan memalui media orang dapat mendengarkan ceramah di mana saja. Soal : 3. kenapa cara dakwah di indonesia dan cara nabi muhammad itu berbeda, padahal sumbernya itu berasal dari nabi muhammad SAW (Ardha Pradhana) Jawaban : karna dakwah ini brsifat dinamis sehingga di dapat berkembang sesuai perkembangan jaman.

22


Download ppt "Rudi Yansah (20110610067) M.Rijal Ramdhani (20110610106) Indah Novitasari SJ (20110610 088) Agustina Khikmawati (20110610104) Nurwana (20110610091)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google