Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MAZHAB DALAM KRIMINOLOGI HERU SUSETYO, SH. LL.M. M.SI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MAZHAB DALAM KRIMINOLOGI HERU SUSETYO, SH. LL.M. M.SI."— Transcript presentasi:

1 MAZHAB DALAM KRIMINOLOGI HERU SUSETYO, SH. LL.M. M.SI.

2 Sumber : Eva Achjani Zulfa, Pergeseran Paradigma Pemidanaan (Bandung, Lubulk Agung : 2011).

3 MAZHAB KLASIK  BERKEMBANG PADA ABAD PERTENGAHAN DI EROPA ABAD 18  BERANGKAT DARI PARADIGMA FILOSOFIS  SISTEM PERADILAN PIDANA YANG ADA DILAKSANAKAN DENGAN SEMENA-MENA DAN TANPA PROSEDUR YANG PASTI  HUKUMAN DIJATUHKAN SECARA TIDAK MANUSIAWI  TIDAK ADANYA KEPASTIAN HUKUM DALAM BEKERJANYA HUKUM PIDANA DAN HUKUM ACARA PIDANA YANG ADA

4 KARAKTERISTIK SEBAB MUSABAB KEJAHATAN TERLETAK PADA KARAKTER INDIVIDU YANG :  BERKEHENDAK BEBAS (FREE WILL)  HEDONIST (SELALU MENGEJAR KEUNTUNGAN ATAU KESENANGAN BAGI DIRINYA)  FELITIO CALCULUS ( MANUSIA ADALAH MAKHLUK YANG SUKA BERHITUNG TENTANG UNTUNG DAN RUGI)

5 INTI AJARAN MAZHAB KLASIK ADANYA HUKUMAN YANG SAMA UNTUK PERBUATAN-PERBUATAN YANG SAMA TANPA MEMPERHATIKAN SIFAT DARI PELAKU DAN TIDAK PULA MEMPERHATIKAN KEMUNGKINAN ADANYA PERISTIWA-PERISTIWA TERTENTU YANG MEMAKSA TERJADINYA PERBUATAN TERSEBUT.

6 MAZHAB NEO KLASIK  MAZHAB INI MENYATAKAN BAHWA PANDANGAN KLASIKYANG MENDASARKAN PADA KEHENDAK BEBAS MANUSIA TIDAK SELURUHNYA BENAR.  TIDAK SEMUA ORANG BENAR-BENAR BERTANGGUNGJAWAB ATAS TINDAKAN MEREKA SENDIRI.  ADANYA PERUBAHAN ATAS DOKTRIN KEHENDAK BEBAS YANG DIPENGARUHI OLEH PERKEMBANGAN ILMU PATHOLOGI  PENGAKUAN ADANYA FAKTOR YAGN MERINGANKAN SUATU TINDAK PIDANA  DIHADIRKANNYA SAKSI/ KETERANGAN AHLI DALAM PROSES PERADILAN PIDANA

7 MAZHAB POSITIVIS MENDASARKAN PADA ADANYA PENERAPAN METODE DETERMINISTIS DAN ILMIAH TERHADAP STUDI TENTANG KEJAHATAN. SEMUA TEORI KRIMINOLOGI ILMIAH YANG MUTAKHIR ADALAH BERSIFAT POSITIF/PASTI.

8 SARJANA YANG MENCARI SEBAB MUSABAB KEJAHATAN 1.CESARE LOMBROSSO Terkenal dengan karyanya ‘Born Criminal’ Berdasarkan teorinya, terdapat tiga golongan tipe kejahatan : a.Born criminal b.Insane criminal c.Criminaloid

9 2. ENRICO VERRI Menekankan pada adanya hubungan yang erat antara faktor- faktor ekonomi, sosial dan politik. Kejahatan disebabkan oleh sebagian besar faktor-faktor fisik, antropologis dan sosial.

10 3. GAROFALO Kejahatan disebabkan karena luka pada pikiran moral dan ketidakmampuannya untuk menyesuaikan diri dengan masyarakarat.

11 MAZHAB KRITIS PERTANYAAN SEPUTAR SISTEM NORMA YANG MELANDASI BEKERJANYA HUKUM SEBAGAI TATA NILAI YANG MENGATUR PERILAKU MANUSIA BERDAMPAK PADA PENDEFINISIAN KEJAHATAN DAN PENJAHAT BERBEDA DENGAN DUA MAZHAB SEBELUMNYA. (Austin Turk) : “Criminal is not biological or even behavioral phenomenon, but a social status defined by the way in which an individual is perceived, evaluated and treated by legal authorities”

12 MAZHAB KRITIS (2) Masyarakat merupakan individu-individu yang terikat bersama dalam kelompok karena sebagai social animals dengan kebutuhan-kebutuhan yang sebaiknya dipenuhi melalui tindakan kolektif. Jika kelompok ini melayani anggotanya, ia akan terus hidup, tetapi jika tidak maka kelompok lain akan mengambil alih. Dalam hal demikian maka konflik akan kerap timbul.


Download ppt "MAZHAB DALAM KRIMINOLOGI HERU SUSETYO, SH. LL.M. M.SI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google