Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 SISTEM PAGING STMIK MDP Palembang. 2 1.Memori Maya Program yg dimuat harus dimuat di memori utama, masalah akan muncul ketika program lebih besar daripada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 SISTEM PAGING STMIK MDP Palembang. 2 1.Memori Maya Program yg dimuat harus dimuat di memori utama, masalah akan muncul ketika program lebih besar daripada."— Transcript presentasi:

1 1 SISTEM PAGING STMIK MDP Palembang

2 2 1.Memori Maya Program yg dimuat harus dimuat di memori utama, masalah akan muncul ketika program lebih besar daripada memori utama yg tersedia Terdapat 2 solusi untuk mengatasi masalah ini : 1.Overlay 2.Memori Maya (Virtual Maya)

3 3 1.1 Konsep Overlay Program dipecah mjd bagian2 yang dapat ditempati memori, disebut overlay Overlay yg belum diperlukan (tidak sedang dieksekusi) disimpan di disk, overlay ini dimuatkan ke memori begitu diperlukan

4 4 Pertukaran (swap) overlay diatur oleh SO, sedangkan pembagian menjadi overlay- overlay dilakukan pemrograman. Pembagian program menjadi potongan2 kecil dan modular sangat menghabiskan waktu Teknik overlay sudah ditinggalkan karena teknik memori maya telah diimplementasikan dengan murah dan berkinerja bagus

5 5 2. Konsep Memori Maya Memori maya adalah kemampuan mengalamati ruang memori melebihi memori utama yang tersedia Konsep ini pertama kali ditemukan oleh Fotheringham pada tahun 1961 untuk sistem komputer Atlas di Universitas Manchester, Inggris

6 6 Gagasan memori maya adalah ukuran gabungan program, data dan stack melampaui jumlah memori fisik yang tersedia. Sistem operasi menyimpan bagian2 proses yang sedang digunakan di memori utama dan sisanya di disk. Begitu bagian di disk diperlukan, maka bagian di memori yg tidak diperlukan disingkirkan diganti bagian di disk yg diperlukan itu

7 7

8 8 Memori maya dan Multiprogramming Memori maya meningkatkan efesiensi multiprogramming, keduanya saling melengkapi. Sambil proses menunggu bagiannya di- swap masuk ke memori,menunggu selesainya operasi masukan/keluaran dan proses di blocked. Jatah waktu pemroses dapat diberikan ke proses2 lain

9 9 Memori maya tidak mengubah kode program. Kecepatan eksekusi melambat karena dipengaruhi waktu tunda pengambilan bagian2 proses di memori sekunder saat proses berjalan Kecepatan maksimum eksekusi proses di memori maya dapat sama, tapi tidak pernah melampaui kecepatan eksekusi proses yg sama di sistem tanpa memori maya.

10 10 Sebagaimana dikatakan di atas bahwa hanya sebagian dari program yang diletakkan di memori fisik. Hal ini memberikan keuntungan: 1.Berkurangnya proses I/O yang dibutuhkan (lalu lintas I/O menjadi rendah). Misalnya untuk program butuh membaca dari disk dan memasukkan dalam memori setiap kali diakses. 2.Ruang menjadi lebih leluasa karena berkurangnya memori fisik yang digunakan. Contoh, untuk program 10 MB tidak seluruh bagian dimasukkan dalam memori fisik. Pesan-pesan error hanya dimasukkan jika terjadi error.

11 11 3.Meningkatnya respon, karena menurunnya beban I/O dan memori. 4.Bertambahnya jumlah pengguna yang dapat dilayani. Ruang memori yang masih tersedia luas memungkinkan komputer untuk menerima lebih banyak permintaan dari pengguna. Memori maya dapat dilakukan dengan tiga cara : 1.Paging 2.Segmentasi 3.Kombinasi paging dan segmentasi

12 12 Sistem Paging Sistem paging mengimplementasikan ruang alamat besar pada memori kecil menggunakan index register, base register, dll. Pemakai seolah-olah mempunyai ruang memori yg sangat besar tanpa mengelola overlay.

13 13 Beberapa istilah pada sistem paging adalah : 1.Alamat maya (virtual address) 2.Alamat nyata (Real address) 3.Page 4.Page frame 5.Page fault 6.MMU

14 14 MMU (Memory Management Unit) Chip atau kumpulan chip yg memetakan alamat maya ke alamat fisik. Pada komputer tanpa memori maya, alamat langsung diletakkan ke bus dan menyebabkan word memori fisik alamat itu dibaca atau ditulis. Pada komputer dgn memori maya, alamat tidak diletakkan ke bus secara langsung, tetapi lewat MMU yg kemudian memetakan alamat maya ke alamat memori fisik. Pada pemroses modern, MMU sudah menyatu di pemroses (on-chip)

15 15 Pemroses MMU MEMORI PENGENDALI DISK Pemroses mengirim alamat maya ke MMU MMU mengirim alamat fisik ke memori Gambar posisi dan fungsi MMU

16 16 Algoritma Pergantian Halaman Saat terjadi page fault berarti harus diputuskan page frame di memori fisik yg harus diganti Kinerja sistem akan baik jika page yg diganti dipilih yang tidak akan digunakan di masa datang Jika page yg diganti akan kembali digunakan, maka page akan dikembalikan secepatnya yg berarti terjadi page fault berulang kali.

17 17 Algoritma FIFO Prinsip yang digunakan dalam algoritma FIFO yaitu halaman yang diganti adalah halaman yang paling lama berada di memori. Algoritma ini adalah algoritma pemindahan halaman yang paling mudah diimplementasikan, akan tetapi paling jarang digunakan dalam bentuk aslinya, biasanya dikombinasikan dengan algoritma lain.

18 18 Contoh algoritma FIFO

19 19 Kelemahan dari algoritma FIFO adalah kinerjanya yang tidak selalu baik. Hal ini disebabkan karena ada kemungkinan halaman yang baru saja keluar dari memori ternyata dibutuhkan kembali. Di samping itu dalam beberapa kasus, tingkat kesalahan halaman justru bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah frame, yang dikenal dengan nama anomali Belady.

20 20 Algoritma Optimal Algoritma optimal pada prinsipnya akan mengganti halaman yang tidak akan digunakan untuk jangka waktu yang paling lama. Meski pun tampaknya mudah untuk dijelaskan, tetapi algoritma ini sulit atau hampir tidak mungkin untuk diimplementasikan karena sistem operasi harus dapat mengetahui halaman- halaman mana saja yang akan diakses berikutnya, padahal sistem operasi tidak dapat mengetahui halaman yang muncul di waktu yang akan datang.

21 21

22 22 Algoritma Least Recently Used (LRU) Algoritma LRU akan mengganti halaman yang telah tidak digunakan dalam jangka waktu terlama. Pertimbangannya yaitu berdasarkan observasi bahwa halaman yang telah sering diakses kemungkinan besar akan diakses kembali.

23 23


Download ppt "1 SISTEM PAGING STMIK MDP Palembang. 2 1.Memori Maya Program yg dimuat harus dimuat di memori utama, masalah akan muncul ketika program lebih besar daripada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google