Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Arsitektur dan Organisasi Komputer (Kode Mata Kuliah : ) Hari : Rabu Jam : 08.00 – 11.00 Ruang : R303 Dosen : Ir. I Made Astawa, M.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Arsitektur dan Organisasi Komputer (Kode Mata Kuliah : ) Hari : Rabu Jam : 08.00 – 11.00 Ruang : R303 Dosen : Ir. I Made Astawa, M.Kom."— Transcript presentasi:

1 Arsitektur dan Organisasi Komputer (Kode Mata Kuliah : ) Hari : Rabu Jam : – Ruang : R303 Dosen : Ir. I Made Astawa, M.Kom. Mata Kuliah :

2 Mata Kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer Arsitektur dan Organisasi Komputer Organisasi dan Arsitektur Komputer Organisasi dan Arsitektur Komputer Computer Organization and Architecture Computer Organization and Architecture Organisasi Komputer Organisasi Komputer Arsitektur Komputer Arsitektur Komputer Pengantar Organisasi Komputer Pengantar Organisasi Komputer dll dll

3 Buku Referensi Buku Utama : Buku Utama : William Stallings, 2006, Computer Organization and Architecture, 7 th Edition, Prentice-Hall. William Stallings, 2006, Computer Organization and Architecture, 7 th Edition, Prentice-Hall. Buku Pendukung : Buku Pendukung : Mehdi R. Zargham, 1996, Computer Architecture, Prentice-Hall. Mehdi R. Zargham, 1996, Computer Architecture, Prentice-Hall. Andrew S. Tanembaum, 1999, Structured Computer Organization, Fourth Editon, Prentice-Hall Andrew S. Tanembaum, 1999, Structured Computer Organization, Fourth Editon, Prentice-Hall Hamacher, C., Vranesic, Z., Zaky, S., 2002, Computer Organization, Fifth Edition, Mc. Graw Hill Hamacher, C., Vranesic, Z., Zaky, S., 2002, Computer Organization, Fifth Edition, Mc. Graw Hill

4 Situs Web Penulis : William Stallings Mengandung link-link ke bahan-bahan bacaan buku ini pada situs terkait yang up-to-date Mengandung link-link ke bahan-bahan bacaan buku ini pada situs terkait yang up-to-date Transparansi mengenai tabel-tabel yg ada pada buku (pdf). Transparansi mengenai tabel-tabel yg ada pada buku (pdf). Catatan Kuliah (pdf) Catatan Kuliah (pdf) Slide Perkuliahan (Power Point) Slide Perkuliahan (Power Point)

5 Sistem Penilaian UTS (30%) UTS (30%) UAS (40%) UAS (40%) Tugas (30%) Tugas (30%) Paper Paper Keaktifan di kelas Keaktifan di kelas Quis / Latihan Quis / Latihan Absensi Absensi

6 Sistem Penilaian Bolehkan Protes Nilai ? Bolehkan Protes Nilai ?

7 Tata Tertib Selama perkuliahan : Selama perkuliahan : Hp tidak boleh bunyi (di Silent), karena bisa mengganggu perkuliahan Hp tidak boleh bunyi (di Silent), karena bisa mengganggu perkuliahan Tidak melakukan pembicaraan melalui HP, selama perkuliahan di kelas Tidak melakukan pembicaraan melalui HP, selama perkuliahan di kelas Tidak menggunakan Sandal Tidak menggunakan Sandal Tidak merokok Tidak merokok Tidak Ribut Tidak Ribut

8 Silabus PART I OVERVIEW PART I OVERVIEW Chapter 1. Pendahuluan (mengenalkan konsep komputer sbg sistem hirarki) Chapter 1. Pendahuluan (mengenalkan konsep komputer sbg sistem hirarki) Chapter 2. Evolusi dan Kinerja komputer (sejarah perkembangan komputer) Chapter 2. Evolusi dan Kinerja komputer (sejarah perkembangan komputer)

9 Silabus PART II THE COMPUTER SYSTEM PART II THE COMPUTER SYSTEM Chapter 3. Struktur Interkoneksi Komputer (Prosesor, memori, I/O) Chapter 4. Memori Cache Chapter 5. Memori Internal Chapter 6. Memori External Chapter 7. Input / Output Chapter 8. Dukungan Sistem Operasi

10 Silabus PART III : (CPU) CENTRAL PROCESSING UNIT Chapter 9 : Computer Arithmetic Chapter 10 : Instruction Set (Characteristics and Function) Chapter 11 : Instruction Set (Addressing mode and Format) Chapter 12 : Processor Structure and Function Chapter 13 : RISC Chapter 14 : Instruction Level

11 What is a Computer ?

12 What is a computer system ?

13 Mengapa Belajar Arsitekur & Organisasi Komputer ? ACM Computer Curricula 2001: ACM Computer Curricula 2001: Salah satu bahasan inti yg seharusnya menjadi kurikulum semua mahasiswa TI dan SK Salah satu bahasan inti yg seharusnya menjadi kurikulum semua mahasiswa TI dan SK Untuk menjadi profesional diberbagai bidang komputasi manapun saat ini, hendaknya tdk menganggap komputer sbg kotak hitam yg menjalankan program dgn kekuatan lebih. Untuk menjadi profesional diberbagai bidang komputasi manapun saat ini, hendaknya tdk menganggap komputer sbg kotak hitam yg menjalankan program dgn kekuatan lebih. Semua Mhs perlu memperoleh pemahaman tentang komponen fungsional sistem komputer, karakteristik, kinerja, interaksi mereka. Semua Mhs perlu memperoleh pemahaman tentang komponen fungsional sistem komputer, karakteristik, kinerja, interaksi mereka.

14 Mengapa Belajar Arsitekur & Organisasi Komputer ? Sumber lain: IEEE Micro, may/june 2000 Sumber lain: IEEE Micro, may/june 2000 Dalam pemilihan suatu sistem yang digunakan, Mhs /lulusan TI / SK harus mampu memahami tradeoff antar berbagai komponen, spt: kecepatan CPU vs kapasitas memori. Dalam pemilihan suatu sistem yang digunakan, Mhs /lulusan TI / SK harus mampu memahami tradeoff antar berbagai komponen, spt: kecepatan CPU vs kapasitas memori. Prosesor tidak saja digunakan dalam PC tetapi sudah banyak yg dlm bentuk sistem minimum. Prosesor tidak saja digunakan dalam PC tetapi sudah banyak yg dlm bentuk sistem minimum.

15 Arsitektur dan Organisasi Komputer Arsitektur ? Arsitektur ? Arsitektur komputer berkaitan dengan atribut-atribut sebuah sistem yang dapat terlihat oleh seorang programmer (bhs mesin/rakitan) atau atribut-atribut yang mempunyai dampak langsung pada eksekusi sebuah program Arsitektur komputer berkaitan dengan atribut-atribut sebuah sistem yang dapat terlihat oleh seorang programmer (bhs mesin/rakitan) atau atribut-atribut yang mempunyai dampak langsung pada eksekusi sebuah program Organisasi ? Organisasi ? Organisasi komputer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya Organisasi komputer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya Bagaimana features yang ada pada atribut arsitektural di implementasikan Bagaimana features yang ada pada atribut arsitektural di implementasikan Control signals, interfaces, memory technology. Control signals, interfaces, memory technology. Contoh Instruksi perkalian : Contoh Instruksi perkalian : Apakah dgn hardware multiply unit Apakah dgn hardware multiply unit Atau dgn s/w repeated addition Atau dgn s/w repeated addition

16 Arsitektur dan Organisasi Komputer Arsitektur bisa bertahan selama bertahun-tahun (contoh IBM System / 370 dari 1970-an sampai sekarang), keluarga intel x86 Arsitektur bisa bertahan selama bertahun-tahun (contoh IBM System / 370 dari 1970-an sampai sekarang), keluarga intel x86 Organisasi berubah cepat sesuai perkembangan teknologi Organisasi berubah cepat sesuai perkembangan teknologi Tidak perlu membuang sistem perangkat lunak sebelumnya (investasi pelanggan untuk s/w dapat terjamin) Tidak perlu membuang sistem perangkat lunak sebelumnya (investasi pelanggan untuk s/w dapat terjamin)

17 Struktur dan Fungsi Komputer adalah sebuah sistem yg komplek (jutaan komponen elektronik), Bagaimana cara menjelaskan komponen tsb ? Komputer adalah sebuah sistem yg komplek (jutaan komponen elektronik), Bagaimana cara menjelaskan komponen tsb ? Kuncinya mengetahui sifat hirarkinya Kuncinya mengetahui sifat hirarkinya Pada setiap tingkat perancang menjelaskan Struktur dan Fungsi Pada setiap tingkat perancang menjelaskan Struktur dan Fungsi Struktur : Cara komponen-komponen saling berhubungan Struktur : Cara komponen-komponen saling berhubungan Fungsi: Operasi dari setiap komponen sebagai bagian dari struktur Fungsi: Operasi dari setiap komponen sebagai bagian dari struktur

18 FUNGSI Secara umum semua komputer mempunyai fungsi : Secara umum semua komputer mempunyai fungsi : Data processing (pengolahan data) Data processing (pengolahan data) Data storage (penyimpanan data) Data storage (penyimpanan data) Data movement (pemindahan data) Data movement (pemindahan data) Control Control

19 Fungsi connections to peripherals and comm n links

20 Komputer sebagai alat pemindahan data

21 Komputer sebagai perangkat penyimpan data

22 Processing from/to storage

23 Processing from storage to I/O

24 Structure - Top Level Computer Main Memory Input Output Systems Interconnection Peripherals Communication lines Central Processing Unit Computer

25 Structure - The CPU Computer Arithmetic and Logic Unit Control Unit Internal CPU Interconnection Registers CPU I/O Memory System Bus CPU

26 Structure - The Control Unit CPU Control Memory Control Unit Registers and Decoders Sequencing Login Control Unit ALU Registers Internal Bus Control Unit

27 Computer Level Hierarchy


Download ppt "Arsitektur dan Organisasi Komputer (Kode Mata Kuliah : ) Hari : Rabu Jam : 08.00 – 11.00 Ruang : R303 Dosen : Ir. I Made Astawa, M.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google