Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nested Queries Pertemuan : Basisdata Terapan. Menampilkan data lebih dari dua tabel MahasiswaJurusan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nested Queries Pertemuan : Basisdata Terapan. Menampilkan data lebih dari dua tabel MahasiswaJurusan."— Transcript presentasi:

1 Nested Queries Pertemuan : Basisdata Terapan

2 Menampilkan data lebih dari dua tabel MahasiswaJurusan

3 Syntax : SELECT * from namatabel1,namatabel2,namatabel-n; Contoh : select *from Jurusan,Mahasiswa

4 Mahasiswa & Jurusan

5 Definisi Subquery berarti query di dalam query. Dengan menggunakan subquery, hasil dari query akan menjadi bagian dari query di atasnya. Pada klausa WHERE, subquery digunakan untuk memilih baris-baris tertentu yang kemudian digunakan oleh query. Ada 4 perintah yang biasanya digunakan pada nested query : IN, NOT IN, EXISTS, NOT EXISTS

6 In & Exists Perintah untuk menampilkan data pada tabel1 yang mana data pada sebuah kolom tercantum pada tabel2 menggunakan IN dan Exist

7 Contoh : Menampilkan jurusan yang ada di tabel table Mahasiwa. select nama,keterangan from Jurusan where nama in/Exists (select JurusanKul from Mahasiswa) Tampilan :

8 Not In & Not Exists Perintah untuk menampilkan data pada tabel1 yang mana data pada sebuah kolom tidak tercantum pada tabel2 menggunakan Not IN dan Not Exist

9 Contoh : Menampilkan jurusan yang tidak ada di tabel table Mahasiwa. select nama,keterangan from Jurusan where nama Not in/Not Exists (select JurusanKul from Mahasiswa) Tampilan :

10 Operator comparison ANY Operator ANY digunakan berkaitan dengan subquery. Operator ini menghasilkan TRUE (benar) jika paling tidak salah satu perbandingan dengan hasil subquery menghasilkan nilai TRUE. Ilustrasinya : Gaji > ANY (S) Jika subquery S menghasilkan G1, G2,..., Gn, maka kondisi di atas identik dengan (gaji > G1) OR (gaji > G2) OR... OR (gaji > Gn)

11 Contoh Perintah untuk menampilkan semua data yang npmnya bukan yang terkecil : select *from Mahasiswa Where npm < any (select npm from Mahasiswa) Tampilan :

12 Operator comparison ALL Operator ALL digunakan untuk melakukan perbandingan dengan subquery. Kondisi dengan ALL menghasilkan nilai TRUE (benar) jika subquery tidak menghasilkan apapun atau jika perbandingan menghasilkan TRUE untuk setiap nilai query terhadap hasil subquery.

13 Contoh Perintah untuk menampilkan semua data yang npmnya bukan yang terbesar : select *from Mahasiswa Where npm >= ALL (select npm from Mahasiswa) Tampilan :

14 UNION, INTERSECT dan EXCEPT AAZ AB

15 UNION adalah A dan B AAZ AB

16 INTERSECT adalah Z AAZ AB

17 EXCEPT adalah A atau B AAZ AB

18 UNION, INTERSECT dan EXCEPT Ketentuan jumlah, nama dan tipe kolom dari masing-masing table yang akan ditampilkan datanya harus sama.

19 UNION select npm, nama from Mahasiswa where JurusanKul='TI' union (select npm,nama from Mahasiswa Where JurusanKul='SI')

20 INTERSECT select npm, nama from Mahasiswa where JurusanKul='TI' intersect (select npm,nama from Mahasiswa Where JurusanKul='SI')

21 EXCEPT select npm, nama from Mahasiswa where JurusanKul='TI' except (select npm,nama from Mahasiswa Where JurusanKul='SI')


Download ppt "Nested Queries Pertemuan : Basisdata Terapan. Menampilkan data lebih dari dua tabel MahasiswaJurusan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google