Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI 2 FIRMA (PARTNERSHIP). 1. Investasi para sekutu dapat dilakukan dalam bentuk uang kas atau aktiva lainnya seperti yang ditetapkan dalam perjanjian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI 2 FIRMA (PARTNERSHIP). 1. Investasi para sekutu dapat dilakukan dalam bentuk uang kas atau aktiva lainnya seperti yang ditetapkan dalam perjanjian."— Transcript presentasi:

1 MATERI 2 FIRMA (PARTNERSHIP)

2 1. Investasi para sekutu dapat dilakukan dalam bentuk uang kas atau aktiva lainnya seperti yang ditetapkan dalam perjanjian persekutuan firma 2. Jika investasi dalam bentuk aktiva, maka sebaik nya dicatat sesuai dengan persetujuan, dan perkiraan modal masing-masing sekutu di kredit sebesar jumlah investasi masing-masing. 3. Untuk memenuhi keadilan, aktiva yang ditanamkan oleh para sekutu harus dilaporkan dengan nilai pasarnya yang wajar.

3 Sebuah Firma A & B diketahui pada akhir tahun fiskal adalah sebesar Rp Sedangkan pengambilan prive dan perubahan modal terlihat sebagai berikut : Prive A Prive B 1 Jan s.d 31 Des Rp. 6 jt Rp. 19.jt 31 Des Rp. 19 jt

4 Modal A Modal B 1 Jan Rp. 50 jt bb 1 Maret Rp. 5 jt 1 Jan Rp. 70jt 1 Apr Rp. 10 jt 1 Nov Rp. 10 jt

5 Para sekutu dapat menyetujui setiap cara pembagian laba dan rugi yang mereka kehendaki. Laba dan rugi pada umumny dibagi menurut salah satu dari cara-cara berikut ini : 1. Merata. Yakni dengan membagi secara merata atas laba dan rugi yang diperoleh. 2. Laba dan Rugi dibagi dalam Rasio Arbitrary Misal pembagian laba untuk 2 sekutu A dan B ditetapkan dengan rasio 3 : 2. Maka jika dibuat ayat jurnal untuk mencatat pembagian laba sebesar Rp adalah sbb :

6 Ikhtisar Laba-Rugi ……………………….. Rp Prive A …………………………… Rp Prive B …………………………… Rp Perhitungan : Bagian Laba A = 3/5 dari Rp = Rp Bagian Laba B = 2/5 dari Rp = Rp Total …………………………………………= Rp Laba dan Rugi Dibagi dalam Rasio Modal Sekutu Para sekutu dapat menyetujui untuk membagi laba dengan rasio modal sekutu.

7 4. Pembagian Laba dan Rugi dengan Memberikan Bunga atas Modal Sekutu. 5. Laba dan Rugi Dibagi dengan Memberikan Gaji atau Bonus kepada Sekutu. 6. Laba dan Rugi dibagi dalam Perhitungan Laba Rugi. Pembagian Laba dan Rugi dengan Memberikan Bunga atas Modal Sekutu : Pada ketentuan mengenai penetapan selisih dalam investasi dan juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan usahan, para sekutu dapat setuju untuk memberikan bunga atas modal, dimana setiap laba

8 Atau rugi setelah pemberian bunga dibagi dengan rasio tertentu Ilustrasi : Misal A dan B menyetujui pemberian bunga atas investasi rata-rata sebesar 6% ; setiap saldo laba atau rugi harus dibagi rata. Buatlah ayat-ayat jurnal untuk mencatat pemberian bunga dan pembagian sisa laba di atas?


Download ppt "MATERI 2 FIRMA (PARTNERSHIP). 1. Investasi para sekutu dapat dilakukan dalam bentuk uang kas atau aktiva lainnya seperti yang ditetapkan dalam perjanjian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google