Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKONOMI LINGKUNGAN MINGGU KE - 2. EKONOMI LINGKUNGAN Ekonomi lingkungan atau ilmu lingkungan adalah ilmu yang mempelajari perilaku atau kegiatan manusia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKONOMI LINGKUNGAN MINGGU KE - 2. EKONOMI LINGKUNGAN Ekonomi lingkungan atau ilmu lingkungan adalah ilmu yang mempelajari perilaku atau kegiatan manusia."— Transcript presentasi:

1 EKONOMI LINGKUNGAN MINGGU KE - 2

2 EKONOMI LINGKUNGAN Ekonomi lingkungan atau ilmu lingkungan adalah ilmu yang mempelajari perilaku atau kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan tersebut dapat dipertahankan dan bahkan penggunaannya dapat ditingkatkan dalam jangka panjang dan berkelanjutan. Ekonomi lingkungan atau ilmu lingkungan adalah ilmu yang mempelajari perilaku atau kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan tersebut dapat dipertahankan dan bahkan penggunaannya dapat ditingkatkan dalam jangka panjang dan berkelanjutan. Peranan manusia yang bersifat negatif terhadap lingkungan antarlain : Peranan manusia yang bersifat negatif terhadap lingkungan antarlain : 1)Eksploitasi yang melampaui batas sehingga persediaan sumber daya alam makin menurun. 2)berubahnya profil permukaan bumi yang dapat mengganggu kestabilan tanah sehingga menimbulkan longsor. 3)Masuknya energi bahan atau senyawa tertentu kedalam lingkungan yang menimbulkan pencemaran air, udara, dan tanah. Hal ini berakibat menurunnya kualitas lingkungan hidup. 4)Punahnya jumlah ke anekaragaman jenis biota.

3 Pengaruh manusia pada Alam Lingkungan Hidupnya Manusia merupakan komponen biotik lingkungan yang memiliki kemampuan berpikir dan penalaran tinggi. Peranan manusia dalam lingkungan ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif. Manusia merupakan komponen biotik lingkungan yang memiliki kemampuan berpikir dan penalaran tinggi. Peranan manusia dalam lingkungan ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif. Perubahan dalam lingkungan hidup manusia akan berpengaruh baik secara positif ataupun negatif. Berpengaruh bagi manusia karena manusia mendapatkan keuntungan dari perubahan tersebut, dan berpengaruh tidak baik karena dapat mengurangi kemampuan alam lingkungan hidupnya unuk menyokong kehidupnya Perubahan dalam lingkungan hidup manusia akan berpengaruh baik secara positif ataupun negatif. Berpengaruh bagi manusia karena manusia mendapatkan keuntungan dari perubahan tersebut, dan berpengaruh tidak baik karena dapat mengurangi kemampuan alam lingkungan hidupnya unuk menyokong kehidupnya

4 Pengambilan keputusan Model Normatif Yaitu sebuah model pengambilan keputusan yang menberikan kepada manusia sebagai pengambil keputusan menjadi bagaimana ia harus mengambil sekelompok keputusan. Yaitu sebuah model pengambilan keputusan yang menberikan kepada manusia sebagai pengambil keputusan menjadi bagaimana ia harus mengambil sekelompok keputusan. Penerapan model normatif meliputi lima langkah yaitu : Penerapan model normatif meliputi lima langkah yaitu : 1)Orientasi, yaitu menentukan bagaimana situasi yang dihadapi. 2)Evaluasi, yaitu menentukan sikap yang perlu diambil. 3)Pengawasan,yaitu menentukan apa yang harus dilakukan untuk menghadapi situasi tersebut. 4)Pengambilan keputusan, yaitu menentukan pilihan atas berbagai alternatif yang telah dievaluasi. 5)Pengendalian, yaitu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan hasil keputusan.

5 LANJUTAN … Ada beberapa kriteria umum untuk menilai suatu alternatif, yaitu : 1)Feasbility  Menilai suatu alternatif dapat dicapai dengan batasan – batasan yang ada dalam organisasi. 2)Quality  Menilai alternatif tersebut efektif untuk menyelesaikan masalah yang ada. 3)Acceptability  Tingkat penerimaan pembuat keputusan dan oranglain yang berhubungan terhadap alternatif tersebut. 4)Coast  Jumlah sumber daya yang dibutuhkan dan efek atau dampak dari suatu alternatif. 5)Reversibility  Kemampuan untuk mengganti alternatif secara mudah.

6 Pengaruh Manusia pada Alam

7 TERIMA KASIH


Download ppt "EKONOMI LINGKUNGAN MINGGU KE - 2. EKONOMI LINGKUNGAN Ekonomi lingkungan atau ilmu lingkungan adalah ilmu yang mempelajari perilaku atau kegiatan manusia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google