Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RIANI ROHMAWATI, 3201406023 Peran Guru geografi dalam Menanamkan Kesadaran Lingkungan pada Siswa SMP se- Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RIANI ROHMAWATI, 3201406023 Peran Guru geografi dalam Menanamkan Kesadaran Lingkungan pada Siswa SMP se- Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal."— Transcript presentasi:

1 RIANI ROHMAWATI, Peran Guru geografi dalam Menanamkan Kesadaran Lingkungan pada Siswa SMP se- Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RIANI ROHMAWATI - NIM : PRODI : Pendidikan Geografi - JURUSAN : Geografi - FAKULTAS : Ilmu Sosial - a_ahn_she38 pada domain rocketmail.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Sunarko, M.Pd - PEMBIMBING 2 : Dra. Puji Hardati, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul Peran Guru geografi dalam Menanamkan Kesadaran Lingkungan pada Siswa SMP se-Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal

4 Abstrak Kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia didominasi dengan banjir. Banjir melanda Kecamatan Margasari. Banjir tersebut juga merendam bangunanbangunan sekolah, sehingga siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran. Untuk itu diharapkan peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa SMP se- Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Populasi penelitian ini adalah guru Geografi SMP se-kecamatan Margasari. Populasi guru Geografi berjumlah 10 guru Geografi. Dengan menggunakan teknik total sampling, sampel guru Geografi berjumlah 10 guru. Populasi siswa berjumlah 1463 siswa. Dengan menggunakan teknik stratified random sampling, sampel siswa berjumlah 152 siswa. Variabel penelitian adalah peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan. Intrument pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan, dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan siswa dalam kategori baik dengan persentase 65,34%. Sub variabel peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan melalui pengetahuan dalam kategori baik dengan persentase 67,17%; peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan melalui sikap dalam kategori cukup dengan persentase 59,97%; dan peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan melalui tindakan dalam kategori baik dengan persentase 68,89%. Simpulan dalam penelitian, peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa SMP dalam kategori baik. Pada sub variabel peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa melalui pengetahuan dalam kategori baik, peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa melalui sikap dalam kategori cukup, dan peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa melalui tindakan melalui tindakan dalam kategori baik. Saran yang diberikan peneliti adalah 1) Bagi Sekolah; Sekolah sebaiknya memiliki program kegiatan peduli lingkungan seperti kerja bakti, penanaman pohon, lomba kebersihan dan kegiatan lainnya. 2) Bagi Guru; Meningkatkan peran dalam menanamkan pengetahuan lingkungan dengan meningkatkan fasilitas, mengelola kelas, bahan pembelajaran, kualitas penilaian, dan aktif dalam kegiatan peduli lingkungan baik yang diselenggarakan di sekolah maupun di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. 3) Bagi Siswa; Siswa diharapkan mengikuti kegiatan-kegiatan peduli lingkungan baik yang diselenggarakan pihak sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan menerapkan pengetahuan lingkungan hidup yanga didapatkan dari sekolah maupun membaca buku atau internet dalam kehidupan sehari-hari.

5 Kata Kunci peran guru Geografi, kesadaran lingkungan

6 Referensi Abdurahman Pengantar Hukum Lingkungan Indonesia. Bandung: Alumni Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Ali, Moh Penelitian Kependidikan Prosedur Dan Strategis. Bandung: Angkasa Barizi, A Menjadi Guru Unggul. Jogja: Ar-Ruzz Media Budiyanto Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Geografi Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Dit PLP Ditjen Dikdasemen Depdiknas Djamarah, Syaiful B Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta Hambali, Lili Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Melalui IPS. Online (5/7/2009) Artikel Hayati, Sri Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dalam membentuk Perilaku Lingkungan Bertanggung Jawab. Online (1/28/2010). Makalah HIMAGRI Pendidikan Lingkungan Hidup: Bukan Pembebanan Baru Bagi Siswa. Online (7/5/2009). Artikel Kusara, Yuane F Kontribusi Materi Ajar Geografi Dalam Penanaman Sikap Siswa Terhadap Kepedulian Lingkungan Hidup (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007). Skripsi: Fakultas Ilmu Sosial Lahmuddin Peranan Guru Geografi Dalam Menciptakan Sekolah Berwawasan Lingkungan Dalam Upaya Meminimalisasi Dampak Pemanasan Global. Online (1/28/2010) Makalah untuk Forum Pertemuan IGI Mangunjaya Banjir Dan Ironi Kesadaran Lingkungan. Online (4/21/2010). Artikel Mulyasa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Mulyasa Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya Neolaka, Amos Kesadaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta Pramukti, S Kemampuan Guru Dalam Mengintegrasikan Pendidikan Kependudukan Lingkungan Hidup (PKLH) Dengan Mata Pelajaran SAINS Dan Pengetahuan Sosial Di SD Negeri Se-Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang Tahun 2006/2007. Skripsi: FakultasIlmu Sosial Sanjaya, Wina Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Sugiyono Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Suharyono Bunga Rampai Pemikiran Geografi Dan Lingkungan Hidup Dalam Pendidikan Dan Pengajaran. Semarang: UNNES Press Sukarman, Herry Menyikapi Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup, Apa Yang Harus Dilakukan Guru. Online. (5/7/2009) Artikel. Sunarko Diklat Perkuliahan Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup. Semarang: FIS UNNES Suparlan Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing Wahyuningsih, Ummi Pengaruh Pembelajaran Konsep Lingkungan Model PBI Terhadap Peningkatan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa SMP Negei 20 Semarang. Skripsi: FMIPA Widoyoko Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. ______ Ketinggian Air Mencapai Dua Meter. Online (12/9/2010). Artikel ______ Sungai Meluap Dua Desa Dilanda Banjir. Online (12/17/2010). Artikel _____ Indonesia Ranking Ketiga Negara Rawan Banjir. Online (12/17/2010). Artikel _____ Bencana Alam Di Indonesia Didominasi Banjir. Online (12/17/2010). Artikel

7 Terima Kasih


Download ppt "RIANI ROHMAWATI, 3201406023 Peran Guru geografi dalam Menanamkan Kesadaran Lingkungan pada Siswa SMP se- Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google