Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Traffic dan Management Bandwith Nama: Prasetya Ari Nugroho No.: 20 Kelas: XI TKJ.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Traffic dan Management Bandwith Nama: Prasetya Ari Nugroho No.: 20 Kelas: XI TKJ."— Transcript presentasi:

1 Traffic dan Management Bandwith Nama: Prasetya Ari Nugroho No.: 20 Kelas: XI TKJ

2 Pendahuluan Management Jaringan adalah fungsi pengawasan terhadap kerja jaringan dan pengambilan tindakan untuk mengendalikan aliran trafik agar diperoleh kapasitas jaringan dengan pengoperasian yang maksimum. Bandwidth management merupakan cara pengaturan bandwidth supaya terjadi pemerataan pemakaian bandwidth.

3 Konsep yang perlu diketahui Sistem Routing Proses memilih rute untuk menghubungkan suatu sentral dengan sentral lain yang menjadi tujuan Tujuan routing : memperoleh pemakaian sirkit (link antar sentral) yang efisien sehingga pemakain sirkit dapat dilakukan secara optimal Macam-macam routing – Ruting langsung (direct routing) – Ruting tandem (tandem routing) – Ruting alternatif (alternative routing) Pada alternative routing, grup sirkit (sekelompok sirkit) yang dirancang untuk meluap ke satu atau lebih grup sirkit lainnya disebut high-usage route atau high-usage circuit

4 Strategi Manajemen Jaringan Prinsip dasar untuk melakukan tindakan manajemen yang tidak tergantung pada struktur jaringan, teknik ruting maupun teknologi sistem penyambungan Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut : – Menjaga agar setiap sirkit tetap dipenuhi oleh panggilan- pangggilan yang sukses. – Jumlah sirkit pada jaringan telekomunikasi terbatas. Semakin banyak jumlah sirkit maka semakin besar peluang tidak terjadi beban lebih maupun kemacetan. – Dalam kenyataan jumlah sirkit terbatas maka jumlah panggilan yang dapat dilakukan tergantung pada jumlah sirkit yang tersedia.

5 – Pada suatu saat dapat terjadi jumlah panggilan yang meningkat dan dapat menghasilkan panggilan yang tidak efektif (tidak sukses). Bila panggilan tidak sukses ini memenuhi jaringan maka tidak akan menguntungkan. Oleh karena itu manajemen jaringan sedemikian rupa harus mengusahakan agar dapat diperoleh jumlah panggilan yang sukses lebih banyak daripada jumlah panggilan yang gagal. Dua pedoman yang dipakai untuk menentukan tinggi rendahnya peluang keberhasilan suatu panggilan : – Panggilan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi adalah panggilan yang berasal atau mempunyai kedudukan akhir lebih dekat dengan sentral tujuan – Panggilan yang mempunyai peluang keberhasilan yang tinggi adalah panggilan-panggilan yang berhasil menduduki atau menggunakan fasilitas jaringan pada saat terjadi kemacetan – Memanfaatkan semua sirkuit yang tersedia – Mengambil tindakan untuk memindahkan aliran trafik pada sirkit yang sibuk ke sirkit yang masih bebas – Mencegah timbulnya kemacetan pada peralatan penyambungan dan menghalangi penyebarannya

6 BANDWIDTH MANAGEMENT MENGGUNANAN QOS

7 CLASS BASED QUEUE (CBQ) Teknik klasifikasi paket data yang paling terkenal adalah CBQ, mudah dikonfigurasi, memungkinkan sharing bandwidth. Antar kelas dan memiliki fasilitas user interface. CBQ mengatur pemakaian bandwidth jaringan yang dialokasikan. Untuk tiap user, pemakaian bandwidth yang melebihi nilai set akan dipotong, CBQ juga dapat diatur untuk sharing.

8 HIERARCHY TOKEN BUCKET (HTB) Teknik antrian HTB mirip dengan CBQ hanya perbedaannya terletak pada opsi, HTB lebih sedikit opsi saat konfigurasi Serta lebih presisi, Teknik antrian HTB memberikan kita fasilitas pembatasan trafik pada setiap level maupun klasifikasi. Bandwidth yang tidak terpakai bisa digunakan oleh klasifikasi yang lebih rendah. Kita juga dapat melihat HTB seperti suatu struktur organisasi dimana pada setiap bagian memiliki wewenang dan mampu membantu bagian lain yang memerlukan,

9 Faktor yang menentukan Bandwith a.Piranti jaringan b.Tipe data yang ditransfer c.Topologi jaringan d.Banyaknya pengguna jaringan e.Spesifikasi komputer client/user f.Spesifikasi komputer server g.Induksi listrik dan cuaca h.dan alasan-alasan lain.

10 Macam Software TMB Beberapa software yang digunakan untuk memanagement bandwith yaitu: Soft-Perfect Bandwith Manager Bandwith Daemon 1.1 Bandwith Controller Net Limitter 3 Pro v Dll.

11 Cara Installasi Software TMB Cara menginstal NetLimiter 3 Pro sama seperti cara menginstal software-software pada umumnya dan membutuhkan Restart komputer supaya aplikasi dapat dijalankan.

12 Step 1 Dobel klik file "nl3setup.exe" maka akan terbuka jendela instalasi. Klik tombol Next.

13 Step 2 Pada jendela berikutnya centang "I accept the terms in the License Agreement" lalu klik tombol Next.

14 Step 3 Pada jendela berikutnya tentukan di mana tempat kita akan menginstalNetLimiter atau langsung klik tombol Next.

15 Step 4 Jika dirasa sudah yakin akan menginstal NetLimiter, langsung tekan tombol Install.

16 Step 5 Proses instalasi NetLimiter 3 Pro.

17 Step 6 Ketika proses instalasi NetLimiter 3 Pro muncul peringatan sebanyak 3x. Klik saja tombol "Continue Anyway" pada ketiga peringatan tersebut.

18 Step 7 Pada jendela terakhir proses instalasi NetLimiter, klik tombol Finish.

19 Step 8 Akan muncul jendela peringatan untuk merestart komputer. Klik tombolYes.

20 MIKROTIK ROUTER OS Mikrotik Router OS, merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Mikrotik adalah sebuah perangkat lunak yang termasuk dalam Open Source system namun bukanlah free software, artinya pengguna harus membeli licensi terhadap segala fasiltas yang disediakan.

21 Berikut fasilitas pada mikrotik : a. Management Bandwidth b. Statefull firewall c. HotSpot for Plug-and-Play access d. Remote winbox GUI admin e. Routing

22 Daftar Pustaka

23 TERIMA KASIH


Download ppt "Traffic dan Management Bandwith Nama: Prasetya Ari Nugroho No.: 20 Kelas: XI TKJ."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google