Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA. Pendahuluan Harga dalam pasar ini turun antara pasar persaingan sempurna dan monopoli Tiga topik utama Harga untuk barang homogen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA. Pendahuluan Harga dalam pasar ini turun antara pasar persaingan sempurna dan monopoli Tiga topik utama Harga untuk barang homogen."— Transcript presentasi:

1 PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA

2 Pendahuluan Harga dalam pasar ini turun antara pasar persaingan sempurna dan monopoli Tiga topik utama Harga untuk barang homogen di dalam pasar dengan beberapa perusahaan Di dalam pasar ada differensiasi produk Cara masuk dan keluar mempengaruhi hasil jangka panjang di pasar persaingan tak sempurna.

3 Harga untuk barang homogen Dalam pasar ini dengan beberapa perusahaan dimana barang relatif sama Asumsikan permintan adalah pengambil harga. Asumsikan tidak ada transaksi atau biaya informasi. Asumsi ini mengakibatkan harga keseimbangan tunggal untuk satu barang. Awalnya, menganggap tetap, sedikit perusahaan identik.

4 Kuasi-kompetitif Model Sebuah model penetapan harga oligopoli di mana setiap perusahaan bertindak sebagai price taker meskipun mungkin ada beberapa perusahaan adalah model kuasi-kompetitif. Sebagai price taker, suatu perusahaan akan berproduksi di mana harga sama jangka panjang biaya marjinal. Keseimbangan ini akan menyerupai solusi persaingan sempurna, bahkan dengan beberapa perusahaan.

5 Kuasi-kompetitif Model Pada Gambar 11.1, keseimbangan kuasi-kompetitif adalah PC (= MC), QC. Keseimbangan ini merupakan jumlah tertinggi dan harga terendah yang dapat berlaku dalam jangka panjang mengingat kurva permintaan D. Sebuah harga yang lebih rendah tidak akan berkelanjutan dalam jangka panjang karena tidak akan menutupi biaya rata-rata

6 FIGURE 11.1: Pricing under Imperfect Competition 6 Price P C MC C MR D Quantity per week Q C 0

7 Kartel Model Sebuah model penetapan harga di mana perusahaan mengkoordinasikan keputusan mereka untuk bertindak sebagai monopoli banyak pabrik adalah model kartel. Dengan asumsi biaya marjinal adalah konstan dan sama di seluruh perusahaan, output kartel adalah titik M (output monopoli) pada Gambar Rencananya akan memerlukan output tertentu oleh setiap perusahaan dan bagaimana untuk berbagi keuntungan monopoli.

8 FIGURE 11.1: Pricing under Imperfect Competition 8 Price P M P A P C MC C A M MR D Quantity per week Q M Q A Q C 0

9 Menjaga solusi kartel menimbulkan tiga masalah: Formasi Kartel mungkin ilegal, seperti di AS oleh Bagian I dari Undang-Undang Sherman dari Hal ini membutuhkan sejumlah besar informasi mahal tersedia untuk kartel. Fungsi permintaan pasar. Setiap fungsi biaya marjinal perusahaan.

10 Solusi kartel mungkin secara mendasar tidak stabil. Setiap anggota menghasilkan tingkat output yang harga melebihi biaya marjinal. Setiap anggota dapat meningkatkan keuntungan sendiri dengan memproduksi lebih banyak output dari dialokasikan oleh kartel. Jika direksi kartel tidak dapat menegakkan kebijakan mereka, kartel runtuhnya saya.

11 The Cournot Model Model Cournot dari duopoli adalah satu di mana setiap perusahaan mengasumsikan perusahaan lain, output tidak akan berubah jika perubahan tingkat output sendiri. Asumsi Seorang pemilik tunggal dari musim semi gratis. Sebuah kurva permintaan miring ke bawah untuk air memiliki persamaan Q = P.

12 The Cournot Model Seperti ditunjukkan dalam Gambar 11.2, monpolist akan memaksimalkan keuntungan dengan memproduksi Q = 60 dengan harga = $ 60 dan keuntungan (pendapatan) = $ Catatan, output ini sama dengan setengah dari jumlah yang akan diminta pada harga nol. Asumsikan sebuah mata air kedua ditemukan.

13 FIGURE 11.2: Spring Monopolist’s Output Choice 13 Price MRD Output per week

14 Duopoly Model Cournot diasumsikan bahwa perusahaan A, misalnya, memilih tingkat output (QA) dengan asumsi output dari perusahaan B (QB) adalah tetap dan tidak akan menyesuaikan diri dengan tindakan A. Output total pasar diberikan oleh 14

15 Duopoly Model Jika kurva permintaan linear, kurva penerimaan marjinal akan membagi dua sumbu horizontal antara sumbu harga dan kurva permintaan. Dengan demikian, titik memaksimalkan keuntungan diberikan oleh 15

16 Duopoly Model Jika perusahaan B memilih untuk memproduksi 60 unit, perusahaan A akan memilih 30 [= ( )  2]. Persamaan 11,4 disebut fungsi reaksi yang, dalam model Cournot, adalah fungsi atau grafik yang menunjukkan berapa banyak satu perusahaan akan menghasilkan apa yang diberikan perusahaan lain memproduksi

17 FIGURE 11.3: Cournot Reaction Functions in a Duopoly Market 17 Output of firm B(q B ) 120 Firm A’s reactions Output of firm A(q A )

18 Duopoly Model Fungsi reaksi Perusahaan A ini yang ditampilkan pada Gambar Fungsi reaksi perusahaan B diberikan di bawah ini dan juga ditunjukkan pada Gambar

19 FIGURE 11.3: Cournot Reaction Functions in a Duopoly Market 19 Output of firm B(q B ) Firm A’s reactions Equilibrium Firm B’s reactions Output of firm A(q A )

20 Cournot Equilibrium Tindakan kedua perusahaan konsisten dengan satu sama lain hanya pada titik di mana dua baris berpotongan. Titik potongnya adalah kesetimbangan Cournot, solusi untuk model Cournot di mana setiap perusahaan membuat asumsi yang benar tentang apa yang perusahaan lain akan menghasilkan.

21 FIGURE 11.3: Cournot Reaction Functions in a Duopoly Market 21 Output of firm B(q B ) Firm A’s reactions Equilibrium Firm B’s reactions Output of firm A(q A )

22 Cournot Equilibrium Dalam kesetimbangan Cournot setiap perusahaan memproduksi 40 unit output. Keuntungan total industri adalah $ 3.200, $ 1600 untuk setiap perusahaan). Karena perusahaan tidak sepenuhnya mengkoordinasikan tindakan mereka, keuntungan mereka kurang dari keuntungan kartel ($ 3.600) tetapi jauh lebih besar dari solusi kompetitif di mana P = MC = 0. 22

23 Diferensiasi Produk: Definisi Pasar dan Pilihan Perusahaan Sebuah kelompok produk adalah seperangkat produk berbeda yang sangat disubstitusikan satu sama lain. Asumsikan sedikit perusahaan di masing-masing kelompok produk Perusahaan akan dikenakan biaya tambahan untuk membedakan produk mereka sampai ke titik di mana pendapatan tambahan dari kegiatan ini sama dengan biaya marjinal.

24 Product Differentiation: Market Equilibrium Kurva permintaan untuk setiap perusahaan tergantung pada harga dan kegiatan diferensiasi produk dari kompetitornya. Kurva permintaan perusahaan bisa berubah sering, dan posisinya pada setiap titik waktu hanya mungkin sebagian dipahami Setiap perusahaan harus membuat asumsi tentang tindakan pesaingnya, dan apapun satu perusahaan memutuskan dapat mempengaruhi tindakan pesaing.

25 Diferensiasi Produk: Masuknya Perusahaan Baru Tingkat dimana perusahaan dapat memasuki pasar memainkan peran penting. Bahkan dengan beberapa perusahaan, sampai-sampai masuk adalah mungkin, jangka panjang keuntungan tersebut dibatasi. Jika entri benar-benar tanpa biaya, jangka panjang keuntungan ekonomi akan menjadi nol (seperti dalam kasus kompetitif).


Download ppt "PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA. Pendahuluan Harga dalam pasar ini turun antara pasar persaingan sempurna dan monopoli Tiga topik utama Harga untuk barang homogen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google