Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PANCA INDERA. Panca indera adalah organ-organ akhir yang dikhususkan untuk menerima rangsangan tertentu. Serabut saraf merupakan alat perantara yang membawa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PANCA INDERA. Panca indera adalah organ-organ akhir yang dikhususkan untuk menerima rangsangan tertentu. Serabut saraf merupakan alat perantara yang membawa."— Transcript presentasi:

1 PANCA INDERA

2 Panca indera adalah organ-organ akhir yang dikhususkan untuk menerima rangsangan tertentu. Serabut saraf merupakan alat perantara yang membawa stimulus rasa (sensory impuls) dari organ indera menuju otak. Impuls sensoris ini bisa berupa sentuhan, penglihatan, pendengaran, penciuman dan pengecapan Serabut saraf sensorik dilengkapi dengan ujung akhir-khusus  mengumpulkan rangsangan perasaan yang khas  berhubungan dengan organ tertentu.

3 Reseptor Dibedakan menjadi : –Termoreseptor –Mekanoreseptor –Kemoreseptor –Osmoreseptor Jenis-Jenis Reseptor –Vater Paccini  Terstimulasi oleh tekanan dan getaran –Meissner  Peka terhadap sentuhan –Krause  Peka terhadap dingin  bukan reseptor asli –Ruffini  Peka terhadap panas –Spindel Neuromuskular  terstimulasi oleh regangan (pada otot)

4 Kulit Kulit melindungi tubuh, dengan cara : –Menghalangi serangan mikroorganisme –Membantu pengaturan suhu tubuh, dengan mengeluarkan keringat dan berbagai limbah katabolisme –Menjadi organ pengindera yang luas bagi tubuh untuk menerima rangsangan raba, suhu dan nyeri –Mempunyai kemampuan eksretori, sekretori dan absorbsi

5 Fungsi Kulit Sebagai Organ Pengatur Panas –Panas dapat dilepas oleh kulit dengan cara ; penguapan, pemancaran, konduksi dan konveksi Sebagai Indera Peraba –Rangsangan raba pada ujung saraf sensorik yang terdapat di dalam kulit berbeda-beda menurut ujung saraf yang di rangasang. Sebagai Tempat Penyimpanan –Kulit dan jaringan di bawahnya bekerja sebagai tempat penyimpanan air, dan jaringan adiposa dibawah kulit merupakan tempat penyimpanan lemak yang utama pada tubuh.

6 Kulit Kulit terdiri dari 2 lapisan : –Epidermis (Lapisan tanduk) Tersusun atas epitelium berlapis gepeng dengan lapisan tandukdan terdiri atas 4 jenis sel  sel keratinosit, sel melanosit, sel lanerhans dan sel merkel. Tidak berisi pembuluh darah. Saluran kelenjar keringat menembus epidermis dan mendampingi rambut. Sel epidermis membatasi folikel rambut. –Dermis Tersusun atas jaringan fibrous dan jaringan ikat yang elastik. Pada permukaan  papil-papil kecil  berisi ranting-ranting pembuluh darah. Di dalam dermis terdapat : Ujung akhir saraf sensoris, kelenjar keringat

7 Epidermis Epidermis (Lapisan tanduk), terdiri dari 5 lapis / stratum, yaitu : –Stratum Korneum  Paling luar, tipis, datar, seperti sisik dan terus-menerus dilepaskan –Stratum Lusidum  Selnya mempyai batas tegas, tetapi tidak ada intinya. –Stratum Granulosum  Selapis sel yang jelas tampak berisi inti dan granula –Stratum Spinosum  Sel dengan fibril halus yang menyambung sel yang satu dengan yang lainnya di dalam lapisan ini, sehingga setiap sel seakan-akan berduri –Stratum Basal  Sel ini terus-menerus memproduksi sel epidermis. Sel ini disusun dengan teratur, berderet dan rapat.

8

9 Pelengkap Kulit : –Rambut  folikel rambut –Kuku  kulit yang telah berubah –Kelenjar Sebaseous  mengeluarkan sebum  memelihara kulit tetap empuk dan halus.

10 Indera Pendengaran / Telinga Indera pendengaran  dipersarafi oleh N. Auditorius. Telinga terdiri dari : –Telinga Luar –Telinga Tengah –Telinga Dalam

11 Bagian Telinga Telinga Luar  aurikel/pinna (daun telinga), meatus akustikus eksterna (1/3 luar  cartilage & 2/3 dalam  tulang), dan membrana timpani (menghantarkan getaran suara)

12

13 Telinga Tengah Merupakan rongga timpani yang berbentuk seperti lensa bikonkaf Dinding lateral  membrana timfani Dinding medial  permukaan luar dari telinga dalam, Dilewati oleh 3 tulang  malleus/palu, inkus/landasan dan stapes/sanggurdi (membentang dari membrana timpani  telinga dalam)  menghantarkan getaran suara dari membrana timpani ke rongga telinga dalam Berhubungan dengan nasopharings  tuba eustachius Bagian belakang bersambung dengan antrum mastoid dalam prosesus mastoideus  celah ‘aditus’

14

15 Telinga Dalam Berada dalam os.petrosum tulang temporalis. Terdiri dari suatu sistem saluran yang tak beraturan (labirin membranosa) yang dibatasi oleh tulang (labirin tulang) Saluran bermembran ini mengandung cairan dan ujung-ujung akhir saraf pendengaran dan keseimbangan.

16 Labirin tulang terdiri dari 3 bagian: – vestibula  bagian tengah –Saluran ½ lingkaran  bersambung dengan vestibula  Tdd: saluran superior, posterior dan lateral. Ujung saluran  ampula. Bagian telinga dalam ini berfungsi membantu cerebellum dalam mengendalikan keseimbangan, serta kesadaran akan kedudukan tubuh). –Koklea  tabung berbentuk spiral yang membelit dirinya seperti rumah siput.

17 –Belitan-belitan itu melingkari modiulus (sumbu berbentuk kerucut & terdapat tulang pada bagian tengahnya) –Dalam setiap belitan  saluran membranosa  terdapat ujung-ujung akhir saraf pendengaran –Cairan dalam labirin membranosa  endolimfe –Cairan di luar labirin membranosa dan di dalam labirin tulang  perilimfe (cairan praktis tidak dapat dipadatkan) –Adanya tingkap fenestra vestibuli dan fenestra kokhlea dalam labirin bertujuan agar getaran dapat dialihkan dari rongga telinga tengah  dalam perilimfe  dialihkan ke endolimfe  merangsang ujung-ujung akhir saraf pendengaran

18 Indera Pengecap Indera Pengecap  lidah  Otot  Otot Intrinsik (melakukan gerakan halus) dan Otot Ekstrinsik (melakukan gerakan kasar  mengunyah dan menelan Lidah terdapat pada dasar mulut Permukaan atasnya  seperti beludru dan ditutupi papil-papil 4 rasa kecapan  manis dan asin (pada ujung lidah), pahit (pada daerah sekitar papila sirkumvalata), dan asam (pada samping lidah).

19 Papil pada lidah terdiri dari : Papil Sirkumvalata  8-12 buah terletak pada dasar lidah. Merupakan papil terbesar dan dikelilingi oleh lekukan seperti parit, serta membentuk huruf V pada bagian belakang lidah. Papil Fungiformis  menyebar pada permukaan ujung dan sisi lidah, serta berbentuk jamur. Papil Filiformis  terbanyak dan tersebar di seluruh permukaan lidah  fx >> untuk menerima rasa sentuhan Papil Foliata  terletak pada samping dan belakang lidah, berbentuk lipatan-lipatan mirip daun.

20

21 Indera Penciuman Indera penciuman  Hidung  dipersarafi oleh N. Olfaktorius. Rasa penciuman dirangsang oleh gas / unsur-unsur halus yang terhirup. Rasa penciuman sangat peka Selaput lendir yang sangat kering, sangat basah, atau membengkak  rasa penciuman melemah.

22 Hidung Hidung  bangunan berongga Rongga hidung disusun oleh dinding kaku  tulang & hialine cartilage (Naris anterior dindingnya  jaringan ikat fibrosa dan cartilage) Permukaan luar  kulit yang memiliki kelenjar sebasea, kelenjar keringat dan folikel rambut Rongga hidung terbagi oleh 2 sekat (septum mediana) & dinding lateral  3 lengkungan tulang yang dilapisi mukosa, yaitu konka nasalis superior, konka nasalis medius dan konka nasalis inferior.

23


Download ppt "PANCA INDERA. Panca indera adalah organ-organ akhir yang dikhususkan untuk menerima rangsangan tertentu. Serabut saraf merupakan alat perantara yang membawa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google