Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKA FARIDA FASHA, 4150404514 OPTIMASI SISTEM ANTRIAN PERLAYANAN BBM DI SPBU 44.52216 BUMIAYU.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKA FARIDA FASHA, 4150404514 OPTIMASI SISTEM ANTRIAN PERLAYANAN BBM DI SPBU 44.52216 BUMIAYU."— Transcript presentasi:

1 EKA FARIDA FASHA, OPTIMASI SISTEM ANTRIAN PERLAYANAN BBM DI SPBU BUMIAYU

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : EKA FARIDA FASHA - NIM : PRODI : Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - efaridafasha pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Arief Agoestanto, M.Si - PEMBIMBING 2 : Walid, S. Pd, M. Si. - TGL UJIAN :

3 Judul OPTIMASI SISTEM ANTRIAN PERLAYANAN BBM DI SPBU BUMIAYU

4 Abstrak Sistem antrian adalah suatu himpunan pelanggan, pelayan, dan suatu aturan yang mengatur kedatangan pelanggan dan pemprosesan masalahnya. Hal tersebut yang mendasari berbagai pihak untuk mengembangkan teknologi agar dapat mencarikan solusi dari proses antrian yang sering terjadi di lingkungan masyarakat. SPBU Bumiayu adalah salah satu pihak yang berusaha memenuhi keinginan pelanggan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana model antrian yang ada pada antrian pelayanan BBM?. Berapa jumlah pelanggan dan waktu tunggu rata-rata di dalam antrian dan yang di dalam sistem? Berapa probabilitas pelayan yang tidak sedang melayani pelanggan? Bagaimana solusi model antrian yang optimum dan simulasinya dengan Promodel 4.2?. Tujuan penulisan skripsi ini adalah mengetahui model sistem layanan antrian. mengetahui jumlah pelanggan dan waktu tunggu rata-rata di dalam antrian dan di dalam sistem. mengetahui probabilitas pelayan menganggur. mengetahui solusi model antrian yang optimum dan simulasinya dengan Promodel 4.2. Metode penelitian skripsi ini adalah identifikasi masalah, perumusan masalah, observasi, analisis data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pelayanan BBM paling sibuk adalah pada Kamis, Minggu ke-I, Maret Model sistem antrian SPBU Bumiayu adalah M/M/c dan model antrian pada masing-masing stasiun pelayanan adalah M/M/1. Rata-rata jumlah pelanggan, waktu tunggu dan probabilitas pelayan menganggur dengan membuka 3 stasiun pelayanan yaitu Pukul WIB,

5 Kata Kunci Optimasi, utilitas, teori antrian.

6 Referensi Bronson, R dan Wospakrik, H.J Teori dan Soa-lsoal Operation Research. Jakarta: Erlangga. Dimyati, A dan Tjutju Tarliah Operation Research Model-model Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo. Kakiay, Thomas J Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta: Andi. Law, A.M dan Kelton, W.D Simulation Modeling Analysis.USA: Mc Graw- Hill Book. Siswanto Operations Research. Jakarta : Erlangga. Sudjana Metoda Statistika. Bandung : PT. Tarsito. Sukendar, I Modul Praktikum Simulasi Sistem. Semarang: Laboratorium SIPO UNISSULA. Taha, Hamdy A Riset Operasi: Suatu Pengantar. Jakarta: Binapura Aksara. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

7 Terima Kasih


Download ppt "EKA FARIDA FASHA, 4150404514 OPTIMASI SISTEM ANTRIAN PERLAYANAN BBM DI SPBU 44.52216 BUMIAYU."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google