Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 6 Hesti Rini Sari (125030700111006) Nur Indah Dewi (125030707111007) Erlis Budiarti (125030700111003) Riska Fitriani (125030706111003) Sheilla.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 6 Hesti Rini Sari (125030700111006) Nur Indah Dewi (125030707111007) Erlis Budiarti (125030700111003) Riska Fitriani (125030706111003) Sheilla."— Transcript presentasi:

1

2

3 KELOMPOK 6 Hesti Rini Sari ( ) Nur Indah Dewi ( ) Erlis Budiarti ( ) Riska Fitriani ( ) Sheilla Prasasti ( ) Intan Mayang Putri ( )

4 Orang bilang tanah kita tanah surga Tongkat, kayu dan batu jadi tanaman Orang bilang tanah kita tanah surga Tongkat, kayu dan batu jadi tanaman Katanya...

5 SDA Melimpah ruah.. Minyak bumi Barang tambang PerikananPertanian

6 Padahal... Areal hutan paling luas di dunia Tanahnya subur, alamnya indahsubur Potensi kekayaan laut luar biasa (ikan, udang, mutiara, minyak dan mineral lain) Di darat terkandung barang tambang emas, nikel, timah, tembaga, batubara dsb tambang Di bawah perut bumi tersimpan gas dan minyak yang cukup besarminyak

7 Potensi Kesuburan Alam Indonesia adalah penghasil …. biji-bijian # 6 di dunia. beras # 3 di dunia (setelah China & India) teh # 6 di dunia. kopi #4 di dunia coklat # 3 di dunia (setelah Pantai Gading & Ghana) minyak sawit # 2 di dunia setelah Malaysia lada putih terbesar di dunia dan lada hitam # 3 di dunia puli dari buah pala terbesar di dunia karet alam # 2 di dunia (setelah Thailand) dan penghasil karet # 4 di dunia jika termasuk karet sintetis. (Sumber : Suara Merdeka 10 Mei 2005)

8 Potensi Tambang Indonesia penghasil …. 9,5% produksi tembaga dunia (#3 dunia setelah Chili dan USA)9,5% produksi tembaga dunia (#3 dunia setelah Chili dan USA) 40% produksi timah dunia (#2 dunia setelah China)40% produksi timah dunia (#2 dunia setelah China) 7% produksi nikel dunia (#6)7% produksi nikel dunia (#6) 5% produksi emas dunia (#8)5% produksi emas dunia (#8) Penghasil batubara #9 di dunia yang volume ekspornya meliputi 18,75% ekspor batubara dunia.Penghasil batubara #9 di dunia yang volume ekspornya meliputi 18,75% ekspor batubara dunia. (Sumber : Suara Merdeka 10 Mei 2005) Di Papua saja terdapat 25 milyar pon tembaga (#3 dunia), 40 juta ons emas (#1 dunia) dan 70 juta ons perak, nilainya ditaksir sekitar USD 40 Milyar.

9 Negara Penghasil Minyak

10 Negara Penghasil Natural Gas Dunia (Data 2005)

11 NEGERI AGRARIS

12 Tetapi ternyata… Tetapi ternyata… SANGAT JAUH DARI “SEJAHTERA”…

13

14 Mengapa semua ini bisa terjadi???

15 Siapa yang salah??? Semata-mata dari rakyat? Semata-mata dari rakyat? Pengelolaan? Pengelolaan? Orang-orang yang mengelola?

16 Hasilnya…

17

18 Apa penyebab SDA Indonesia di kuasai oleh asing? penerapan sistem ekonomi KAPITALISME

19 Ekonomi kapitalisme??? sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya Pemerintah harus meminimaliisir perannya bahkan menghilangkan sama sekali. sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya Pemerintah harus meminimaliisir perannya bahkan menghilangkan sama sekali.

20 Ekonomi kapitalisme??? Sehingga muncullah liberalisasi ekonomi di segala bidang, contoh: 1.Tambang emas di kuasai asing 2.Minyak bumi dikuasai asing dengan persentase PERTAMINA & MITRA hanya mendapat bagian 18%, selebihnya dikuasai oleh perusahaan asing. 3.Hingga pendidikanpun diliberalisasikan (komersialisasi), munculnya: RUUPT.

21 ini semua karena dalam paradigma kapitalis, semua, semua dinilai dg materi “Capital”. Jadi siapa yang punya modal besar dialah yang berkuasa. Sehingga seseorang yang kaya dibebaskan untuk membeli laut, hutan, pulau. Jika ia sanggup itu tidak menjadi masalah dalam konsep ekonomi kapitalisme.

22 pada sistem ekonomi islam tidak hanya berbicara terkait masalah Bank syariah semata Tapi,,,,,

23 Bagaimana dengan sistem ekonomi islam? Di dalam konsep sistem ekonomi islam, adanya penjaminan kebutuhan pokok bagi setiap individu masyarakat. Dan negara memberikan fasilitas masyarakatnya untuk memenuhi kebutuhan sekundernya. Ini merupakan kewajiban kepala negara, jika ada satu saja masyarakat yang tidak bisa makan, maka kepala negara telah dosa. Di dalam konsep sistem ekonomi islam, adanya penjaminan kebutuhan pokok bagi setiap individu masyarakat. Dan negara memberikan fasilitas masyarakatnya untuk memenuhi kebutuhan sekundernya. Ini merupakan kewajiban kepala negara, jika ada satu saja masyarakat yang tidak bisa makan, maka kepala negara telah dosa.

24 Bagaimana dengan sistem ekonomi islam?

25 Ada pembagian kepemilikan yang jelas Rasululllah saw bersabda: “ kaum muslimin berserikat atas tga hal: padang rumput, air, dan api” ( HR Abu Dawud dan Ahmad)

26 Kepemilikan individu Kepemilikan individu adalah hukum syara’ yang berlaku bagi zat (benda) maupun jasa (manfaat) tertentu, yang memberikan kemungkinan bagi siapa saja untuk mendapatkannya atau memanfaatkannya, Contohnya; Bekerja (dengan segala macam jenisnya yang dihalalkan) Warisan (yang diatur melalui hukum-hukum tentang warisan)dsb

27 Kepemilikan Negara Adalah sesuatu yang juga termasuk kedalam milik perorangan, seperti tanah, bangunan dan barang- barang yang dapat dipindahkan. Akan tetapi jika berhubungan dengan hak kaum muslim, maka pengaturannya menjadi tugas negara. Jenis-jenis kepemilikan negara mencakup: padang pasir, gunung, pantai, tanah mawat yang tidak ada pemiliknya: rawa-rawa dan endapan sungai: ash-shawafi (tanah-tanah yang negerinya ditaklukkan oleh negara khilafah, baik milik penguasa, para panglima perang, tanah milik musuh yang terbunuh dalam peperangan

28 Bagaimana dengan sistem ekonomi islam? Contoh kepemillikan umum adalah: SDA dengan jumlah yang melimpah, seperti barang tambang ( emas, batu bara, minyak, nikel, hutan, potensi kekayaan laut. Ini haris dikelola oleh negara dan hailnya dikembalikan lagi kepada masyarakat bisa dalam bentuk pendidikan, keehata, transportasi gratis. Karena dalam islam SDA tersebut merupakan milik umum ( rakyat) jadi harus dikembaliakn oleh rakyat.

29 Bagaimana dengan sistem ekonomi islam? Kepemilikan umum Ini tidak boleh di kuasai oleh individu, perusahaan asing, bahkan negara juga tidak boleh memilikinya. Kepemilikan umum ini harus dikelola oleh negar dan status nnegara hanhya sbg pengelola saja.

30 Bagaimana dengan sistem ekonomi islam? Maksudnya: Padang rumput adalah sesuatu yang timbuh di atas tanah, contoh: hutan Air adalah segala otensi yang ada di dalam laut dan air itu sendiri Api adalah barang-barang tambang, seperti BBM, emas, tembaga, nikel dsb. Maksudnya: Padang rumput adalah sesuatu yang timbuh di atas tanah, contoh: hutan Air adalah segala otensi yang ada di dalam laut dan air itu sendiri Api adalah barang-barang tambang, seperti BBM, emas, tembaga, nikel dsb.

31 Manajemen Pengelolaan Zakat Produktif Sehubungan pengelolaan zakat yang kurang optimal, sebagian masyarakat yang tergerak hatinya untuk memikirkan pengelolaan zakat secara produktif, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan umat Islam pada umumnya dan masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu, pada tahun 1990-an, beberapa perusahaan dan masyarakat membentuk Baitul Mal atau lembaga yang bertugas mengelola dan zakat, infak dan sedekah dari karyawan perusahaan yang bersangkutan dan masyarakat. Sementara pemerintah juga membentuk Badan Amil Zakat Nasional.

32 Manejemen Wakaf Wakaf adalah salah satu bentuk dari lembaga ekonomi ialam. Ia merupakan lembaga islam yang satu sisi berfungsi sebagai ibadah kepada Allah, sedangkan di sisi lain wakaf juga berfungsi sosial. Wakaf muncul dari suatu pernyataan dan perasaan iman yang mantap dan solidaritas yang tinggi antara sesama manusia. Oleh karenanya wakaf adalah salah satu lembaga islam yang dapat dipergunakan oleh seorang muslim untuk mewujudkan dan memelihara hubungan manusia dengan Allah dan hubungan manusia dengan manusia lain dalam masyarakat.

33 Bagaimana dengan sistem ekonomi islam? Sistem ekonomi islam tidak bisa dilaksanakan secar sempurna jika sistem politiknya juga bukan islam. Sehingga dibutuhkan juga negara yang berdasarakan islam utuk melaksanakan sistem ekonomi islam tersebut yaitu khilafah islamiyah

34 LINGKUP SYARI’AT ISLAM

35

36


Download ppt "KELOMPOK 6 Hesti Rini Sari (125030700111006) Nur Indah Dewi (125030707111007) Erlis Budiarti (125030700111003) Riska Fitriani (125030706111003) Sheilla."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google