Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Okta Harti Setiari (3215076852) FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2011 Tugas Individu Kewirausahaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Okta Harti Setiari (3215076852) FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2011 Tugas Individu Kewirausahaan."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Okta Harti Setiari ( ) FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2011 Tugas Individu Kewirausahaan

2 A. Definisi Penawaran Dalam Bahasa Indonesia: proses, cara, perbuatan menawari atau menawarkan. Menurut Ricky W. Griffin dan Ronald J. Ebert: kemauan dan kemampuan produsen untuk menawarkan barang atau jasa tertentu untuk dijual.

3 B. Law of Supply “Produsen akan menawarkan lebih banyak produk untuk dijual ketika harganya meningkat dan lebih sedikit ketika harganya turun.”

4 C. Fungsi Penawaran Dengan: P = harga produk (price) Q = jumlah produk (quantity) a dan b = konstanta Contoh Soal 1: Perusahaan akan berani untuk menawarkan lebih banyak i-pad, bila setiap orang mau membayar Rp seperti pada tabel di bawah ini: Harga (Rp) Jumlah I-Pad (Unit) Buatlah persamaan fungsi dan kurva penawarannya!

5 Persamaan fungsi penawarannya: atau Kurva Penawaran I-Pad:

6 D. Jenis-Jenis Penawaran Harga ($) Jumlah Pizza yang Ditawarkan Penawaran Individu penawaran terhadap suatu produk yang berasal dari seorang penjual (sebuah perusahaan) yang ada di pasar ketika harganya berubah

7 2. Penawaran Pasar penawaran terhadap suatu produk yang berasal dari seluruh penjual yang ada di pasar ketika harganya berubah. Harga ($) Jumlah Pizza yang Ditawarkan Ben + Jumlah Pizza yang Ditawarkan Jerry PASAR

8 E. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran Harga Barang Biaya Produksi (Harga Input untuk Produksi) dan Teknologi yang Digunakan Pajak Ketersediaan dan Harga Barang Pengganti (Pelengkap) Ekspektasi

9 Contoh Soal 2: Saus tomat adalah komplemen (seperti: lada) untuk hotdog. Jika harga hotdog naik, apakah yang akan terjadi pada pasar saus tomat? Jawab: Jika pasar saus tomat tidak mengalami kenaikan harga, berarti perusahaan (penjual) dapat menawarkan hotdog dalam jumlah besar. Namun, bila pasar saus tomat juga mengalami kenaikan harga, maka penjual hanya dapat menawarkan hotdog tersebut dalam jumlah kecil.

10 F. Elastisitas Penawaran Dengan: koefisien elastisitas = jumlah barang yang ditawarkan sebelum adanya perubahan harga terhadap barang tersebut jumlah barang yang ditawarkan setelah adanya perubahan harga terhadap barang tersebut harga awal barang yang ditawarkan harga barang setelah perubahan

11 Jenis-Jenis Elastisitas Penawaran: No.Jenis ElastisitasKurva Penawaran 1.Penawaran Tidak Elastis Sempurna (Es = 0) P Q 2.Penawaran Tidak Elastis (Es < 1) p P1 P2 Q1 Q2 Q

12 3.Penawaran Uniter Elastis (Es = 1) P P1 P2 Q1 Q2 Q 4.Penawaran Elastis (Es > 1) P P1 P2 Q Q1 Q2 5. Penawaran Elastis Sempurna (Es = ∾ ) P Q

13 Contoh Soal 3: Naiknya harga handphone dari Rp ,- menjadi Rp ,- menyebabkan bertambahnya jumlah handphone yang ditawarkan dari 150 unit menjadi 300 unit. Berapakah besar koefisien elastisitas penawarannya? Jawab: Peristiwa ini menggambarkan penawaran elastis.

14 G. Studi Kasus ROBINSON ASSOCIATES, INC. Perencanaan Bisnis untuk Usaha Baru 1. Latar Belakang David R. Robinson, seorang mahasiswa lulusan State University, Minnesota. Spesialis usaha pendapatan/penasehat bisnis berskala kecil. Dia berpengalaman selama empat tahun dalam memberikan konsultasi pada Small Business Develompment Centers. Dia berencana untuk memulai bisnis pelayanan konsultasi bersama dengan USA Consultans (perusahaan konsultan Bisnis Nasional). Perusahaan ini berasal dari Boston dan Atlanta, yang memiliki lebih dari 160 konsultan di lebih dari 50 kota.

15 Robinson ingin menitikberatkan usahanya untuk memberikan konsultasi tentang: Tahap analisis Tahap implementasi, khususnya: perencanaan organisasi, persiapan paket pinjaman, perencanaan strategi bisnis, sistem pelaporan, dan pengendalian keuangan Dia ingin memulai bisnis ini secara paruh waktu selama tiga bulan (32 jam per minggu), karena dia juga melanjutkan pendidikan untuk memperoleh gelar Ph.D. Robinson bekerja sama dengan USA Consultans, sehingga dia juga harus mengikuti prosedur tingkat penagihan rekening yang sudah ditetapkan oleh USA yaitu $ 125/jam - $ 3.000/jam untuk masing-masing perusahaan yang menggunakan jasanya. Tingkat penagihan rekening ini cukup tinggi, sehingga dapat menghalangi bisnis yang berskala kecil untuk menggunakan pelayanan jasanya dalam menyelesaikan berbagai kasus. Robinson akan mendirikan perusahaan konsultasinya di pusat Minneapolis, sebab di tepi sungai Minneapolis sudah ada dua konsultan USA.

16 2. Masalah a.Bagaimana cara yang harus ditempuh Robinson untuk mengetahui perusahaan mana saja yang dapat menggunakan jasanya sesuai dengan tingkat penagihan rekening tersebut ? b.Bagaimana caranya supaya perusahaan-perusahaan percaya dan yakin untuk menggunakan pelayanan jasa konsultasi miliknya? 3. Pemecahan Masalah Mencari informasi selengkapnya tentang perusahaan berpenghasilan di atas $ melalui Webb’s Directory. Sehingga, Robinson dapat menentukan perusahaan- perusahaan mana yang sesuai dengan tingkat penagihan rekening tersebut. Robinson membagikan brosur yang berisi tahap-tahap konsultasi dan proyeksi arus kas untuk satu tahun ke depan setelah perusahaan- perusahaan tersebut menggunakan jasanya, serta proyeksi jam yang dapat ditagih oleh perusahaan- perusahaan itu.

17 4. Hasil (Output) Perusahaan yang baru didirikan oleh Robinson ini (Robinson Associates Inc.) menjadi perusahaan konsultasi terbesar di pusat Minneapolis. Hal itu dikarenakan perusahaan-perusahaan yang menggunakan jasa konsultasinya percaya dan yakin terhadap kinerja Robinson dalam memajukan bisnis mereka. 5. Umpan Balik (Feed Back) a.Selama bekerja sama dengan konsumen, Robinson harus memberikan konsultasi yang tepat terhadap perkembangan usaha konsumen (perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan Robinson Associates Inc.). b.Melakukan konsultasi sesuai dengan proyeksi jam yang tertulis pada brosur. Sehingga perusahaan Robinson dapat dikenal tidak hanya ahli dalam menyampaikan konsultasi bisnis, tetapi juga disiplin. Jadi, yang terpenting adalah kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa konsultasi Robinson Associates Inc..

18 H. Daftar Pustaka Longenecker, Justin G Buku 1: Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil, Small Business Management an Entreprenuerial Emphasis. Jakarta: Salemba Empat. Mankiw, N. Gregory Pengantar Ekonomi, Edisi Kedua, Jilid I. Jakarta: Erlangga. Ricky W. Griffin & Ronald J. Ebert Bisnis, Edisi Ketujuh, Jilid I. Jakarta: Indeks. hukum-faktor-yang-mempengaruhi


Download ppt "Oleh: Okta Harti Setiari (3215076852) FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2011 Tugas Individu Kewirausahaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google