Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ERNAWATI, 2350403033 Implikatur Politis dan Fungsi Pragmatis dalam Wacana Humor Politik Berbahasa Prancis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ERNAWATI, 2350403033 Implikatur Politis dan Fungsi Pragmatis dalam Wacana Humor Politik Berbahasa Prancis."— Transcript presentasi:

1 ERNAWATI, Implikatur Politis dan Fungsi Pragmatis dalam Wacana Humor Politik Berbahasa Prancis

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ERNAWATI - NIM : PRODI : Sastra Perancis - JURUSAN : BAHASA & SASTRA ASING - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - erna_titus pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : B. Wahyudi J.S - PEMBIMBING 2 : Isfajar Ardinugroho - TGL UJIAN :

3 Judul Implikatur Politis dan Fungsi Pragmatis dalam Wacana Humor Politik Berbahasa Prancis

4 Abstrak Humor politik merupakan salah satu media kontrol sosial yang berfungsi untuk menyampaikan kritikan-kritikan atau sindiran-sindiran terhadap segala bentuk ketimpangan sosial. Kritikan-kritikan tersebut disampaikan dengan kata-kata yang berimplikasi politis dan disampaikan dalam bentuk ragam santai. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah implikasi politis dan fungsi pragmatis dalam wacana humor politik berbahasa Prancis. Adapun tujuannya adalah untuk mengidentifikasi implikasi politis dan mendeskripsikan fungsi pragmatis dalam wacana humor politik berbahasa Prancis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Wacana humor dalam situs dan digunakan sebagai sumber data. Data yang diambil berjumlah 20 humor. Teknik penyediaan data yang dipakai adalah teknik Simak Bebas Libat Cakap (SLBC). Dari hasil analisis didapatkan hasil sebagai berikut : pertama, dari hasil analisis ditemukan 6 implikatur yang berjenis implikatur konvensional dan 24 implikatur yang berjenis implikatur nonkonvensional. Kedua, fungsi pragmatis yang ditemukan dalam les blagues ini berjumlah 14 fungsi. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa implikatur yang paling banyak muncul adalah implikatur olok-olok. Hal ini dikarenakan memang tujuan penciptaan humor ini adalah untuk mengolok-olok para elit politik. Kritikan tersebut disampaikan dengan kata-kata yang jenaka, sehingga pihak yang dikritik tidak begitu merasa dilecehkan atau dipermalukan. Fungsi yang paling banyak ditemukan adalah fungsi representatif, yaitu berjumlah 6 fungsi, hal ini dikarenakan memang penutur berusaha ingin menyampaikan kebenaran atas apa yang dituturkannya.

5 Kata Kunci implikatur politis, fungsi pragmatis, wacana humor politik

6 Referensi Alwasilah. A. Chaedar Politik Bahasa dan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Brown and Yule Discourse Analisys. Terjemahan I. Soetikno Analisis Wacana. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Chaer, Abdul Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta : Rineka Cipta. Baylon, Christian Sociolinguistique, Société, et Discours. Paris: Nathan université. Leech, Geofrrey Principles of Pragmatics. Terjemahaan M.D.D. Oka Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press. Noorsalim dan Widjodjo. ”Bahasa Sebagai Alat Kekuasaan” dalam Noorsalim dan Widjodjo (Ed) Bahasa Negara Versus Bahasa Gerakan Mahasiswa. LIPI Press. Hal Rustono Pokok - Pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press Sobur, Alex Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Soedjatmiko, Wuri ”Aspek Linguistik dan Sosiokultural di dalam Humor” dalam Kaswanti Purwo, Bambang. (Ed). Bahasa Budaya Jakarta: Kanisius. Hlm Subroto, D. Edi Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural, Surakarta: Sebelas Maret University Press Sudaryanto Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press. Sudaryanto, 1993: Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Univerity Press. Sumarlam, M.S Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra. Wijana, I Dewa Putu Dasar-Dasar Pragmatik.Yogyakarta: Andi Wijana, I Dewa Putu, Kartun, Studi Tentang Permainan Bahasa. Yogyakarta : Ombak (http://id.wikibooks.org/wiki/humor

7 Terima Kasih


Download ppt "ERNAWATI, 2350403033 Implikatur Politis dan Fungsi Pragmatis dalam Wacana Humor Politik Berbahasa Prancis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google