Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kesehatan mental yang terjaga dengan baik, penting bagi seseorang untuk dapat memiliki hidup panjang dan sehat. Sedangkan kesehatan mental yang buruk dapat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kesehatan mental yang terjaga dengan baik, penting bagi seseorang untuk dapat memiliki hidup panjang dan sehat. Sedangkan kesehatan mental yang buruk dapat."— Transcript presentasi:

1 Kesehatan mental yang terjaga dengan baik, penting bagi seseorang untuk dapat memiliki hidup panjang dan sehat. Sedangkan kesehatan mental yang buruk dapat menghambat atau menganggu seseorang menjalani kehidupannya dengan wajar. Saat ini depresi adalah penyumbang paling signifikan terhadap munculnya berbagai penyakit termasuk gangguan mental dan diperkirakan mempengaruhi 350 juta orang. Survei Kesehatan Mental Dunia yang dilakukan di 17 negara menemukan bahwa rata-rata sekitar 1 dari 20 orang dilaporkan memiliki episode depresi. Bagaimana mencegah depresi ? Salah satu cara untuk mencegah depresi dan memelihara kesehatan mental adalah dengan tersenyum. Salah satu cara untuk mencegah depresi dan memelihara kesehatan mental adalah dengan tersenyum. Mengapa "SENYUM" ? Senyum itu mudah Senyum itu murah Senyum itu membahagiakan diri sendiri Senyum itu membahagiakan orang lain Senyum itu ibadah Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Duchenne, senyum yang asli, jujur dan sepenuh hati, adalah salah satu strategi untuk memberikan kesenangan, perasaan nyaman dan membangkitkan emosi positif. Tersenyumlah sekarang dan segera rasakan efeknya bagi perasaan Anda. Tersenyumlah dan lihat betapa mudahnya Anda menyenangkan orang lain. Tersenyumlah saat menghadapi masalah dan amati bagaimana hal ini dapat menjernihkan pikiran Anda. Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) merupakan satu-satunya organisasi profesi psikologi di Indonesia, didirikan di Jakarta pada tanggal 11 Juli 1959 dengan nama Ikatan Sarjana Psikologi, disingkat ISPsi. Sejalan dengan perubahan sistim pendidikan tinggi di Indonesia, melalui Kongres Luar Biasa pada tahun 1998 di Jakarta, organisasi ini mengubah nama menjadi Himpunan Psikologi Indonesia, disingkat Himpsi. Sebagai organisasi profesi, Himpsi merupakan wadah berhimpunnya profesional Psikologi (Sarjana Psikologi, Magister Psikologi, Doktor Psikologi dan Psikolog). Sejak tahun 2003, lulusan program pendidikan profesi psikologi sudah setara dengan jenjang Magister. Misi utama Himpsi adalah pengembangan keilmuan dan profesi psikologi di Indonesia. Saat ini Himpsi telah memiliki 25 (dua puluh lima) wilayah di propinsi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah anggota lebih dari orang.

2 Ciri-ciri seseorang yang sehat mental (WHO) : Ciri-ciri seseorang yang sehat mental (WHO) : 1.Menyesuaikan diri secara konstruktif dengan kenyataan. 2.Memperoleh kepuasan dalam usaha atau perjuangan hidup. 3.Lebih puas memberi daripada menerima. 4.Bebas dari kecemasan atau ketegangan. 5.Berhubungan dengan orang lain dengan saling tolong menolong. 6.Menerima kekecewaan dan kegagalan sebagai pelajaran. 7.Mengarahkan rasa bermusuhan menjadi penyelesaian yang kreatif dan konstruktif. 8.Mempunyai rasa kasih sayang yang besar. Ciri-ciri mental yang tidak sehat Perasaan tidak nyaman Perasaan tidak nyaman Perasaan tidak aman Perasaan tidak aman Kurang memiliki rasa percaya diri Kurang memiliki rasa percaya diri Kurang memahami diri Kurang memahami diri Kurang puas dalam berhubungan Kurang puas dalam berhubungan sosial sosial Ketidakmatangan emosi Ketidakmatangan emosi Kurang bisa menerima kekurangan Kurang bisa menerima kekurangan diri diri (Thorpe, dlam Schneiders, 1964 :61) Gejala dan tanda umum depresi adalah sebagai berikut : 1.Rasa sedih, cemas atau hampa yang terus-menerus. 2.Rasa putus asa dan pesimis. 3.Merasa bersalah, merasa tidak berharga, dan tidak berdaya. 4.Kehilangan minat atau kesenangan atas hobi atau aktivitas yang sebelumnya disukai, termasuk seks. 5.Energi lemah, kelelahan, menjadi lamban. 6.Sulit berkonsentrasi, mengingat, memutuskan. 7.Sulit tidur (insomnia) atau tidur berlebihan (hipersomnia) 8.Sulit makan atau rakus makan (menjadi kurus atau kegemukan) 9.Tidak tenang dan gampang tersinggung. 10.Gejala penyakit fisik yang tidak hilang dengan pengobatan seperti sakit kepala, masalah pencernaan (sulit buang air, diare, dll) dan nyeri kronis. 11.Berpikir ingin mati atau bunuh diri. 12. Terkadang, merasa berat di tangan dan kaki. Institut Kesehatan Jiwa Amerika Serikat (NIMH) Gejala dan tanda umum depresi adalah sebagai berikut : 1.Rasa sedih, cemas atau hampa yang terus-menerus. 2.Rasa putus asa dan pesimis. 3.Merasa bersalah, merasa tidak berharga, dan tidak berdaya. 4.Kehilangan minat atau kesenangan atas hobi atau aktivitas yang sebelumnya disukai, termasuk seks. 5.Energi lemah, kelelahan, menjadi lamban. 6.Sulit berkonsentrasi, mengingat, memutuskan. 7.Sulit tidur (insomnia) atau tidur berlebihan (hipersomnia) 8.Sulit makan atau rakus makan (menjadi kurus atau kegemukan) 9.Tidak tenang dan gampang tersinggung. 10.Gejala penyakit fisik yang tidak hilang dengan pengobatan seperti sakit kepala, masalah pencernaan (sulit buang air, diare, dll) dan nyeri kronis. 11.Berpikir ingin mati atau bunuh diri. 12. Terkadang, merasa berat di tangan dan kaki. Institut Kesehatan Jiwa Amerika Serikat (NIMH) Difinisi Kesehatan Mental (WHO) : as "a state of well being in which the individual realizes his or her own abilities, can cope with the normal stresses of life, can work productively and fruitfully, and is able to make a contribution to his or her community". “PELIHARA KESEHATAN MENTAL UNTUK CEGAH DEPRESI”


Download ppt "Kesehatan mental yang terjaga dengan baik, penting bagi seseorang untuk dapat memiliki hidup panjang dan sehat. Sedangkan kesehatan mental yang buruk dapat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google