Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Obat Tradisional. Ranuan Traadisional Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan–bahan alamiah sebagai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Obat Tradisional. Ranuan Traadisional Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan–bahan alamiah sebagai."— Transcript presentasi:

1 Obat Tradisional

2 Ranuan Traadisional Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan–bahan alamiah sebagai bahan bakunya.tanaman Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masak.obat

3 Sejarah Ramuan tradisional di Indonesia berawal dari kebutuhan persediaan obat yang sangat mendesak pada zaman pendudukan Belanda, Jepang. Kalangan medis mulai melakukan banyak penelitian dan uji klinis terhadap banyak tanaman obat, terutama tanaman obat asli Indonesia.penelitianuji klinis Perkembangan teknologi untuk penelitian–penelitian tanaman obat dari kalangan medis banyak yang menganjurkan untuk menggunakan pengobatan dengan ramuan tradisional.teknologi Beberapa dokter mengombinasikan pengobatan modern dengan pengobatan yang menggunakan ramuan tradisonal. Ramuan tradisional bisa didapatkan dalam kemasan praktis sekarang. Obat kuat dari ramuan Tradisional juga harus bisa tetap bertahan dan selalu menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

4 Kelebihan Ramuan Tradisional Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, yaitu: – Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen. – Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga. – Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar.Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam proses pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia.

5 Obat Tradisional Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh.

6 Macam-macam Obat Tradisional Bawang Belimbing sayur Cengkeh Daun Dewa Jahe Jamu Jamur Kombucha Kencur Kunyit Mahkota Dewa Mengkudu Lidah Buaya Teh Temu lawak Pegagan Rosela Saga Sambiloto Sidaguri Sirih Yoghurt _Tradisional

7 Evaluasi dan Kontrol Kualitas

8 Penggunaan di Dunia

9 Perkembangan Obat Tradisional/Jamu Simplisia Obat Herbal terstandar Fitofarmaka

10 Obat Fitofarmaka Dikembangkan dari tanaman/obat tradisional Dilakukan uji klinik di lembaga penelitian dan Universitas Diembangkak secara komersial Contoh – Tensigard – Imunos – Curcuma

11 Obat Modern dari Tanaman Ada beberapa senyawa kimia dari tanaman yang sudah digunakan sebagai obat modern – Vincristin dari Vinca rosea (Tapak dara) – Morphin dari Papaver somniferum (ganja) – Taxol dari Taxus brevicolia – Artemisinin dari Artemisia annua (antimalaria) – Penicillins dari Penicillium ssp.

12 Rumus senyawa

13

14 PENYAKIT YANG DAPAT DITANGGULANGI DENGAN TANAMAN OBAT I. Penyakit yang mungkin dapat diobati secara kausal. – cacingan – malaria – panu/kadas/kudis – gigitan serangga II. Gejala penyakit yang dapat diobati secara simtomatik. – batuk – gatal – sakit kepala – luka – demam – bisul – encok – bengkak terpukul – mual – kembung – diare – luka bakar kecil – sembelit – mimisan/perdarahan kecil – mulas – pilek – sariawan – anyang-anyangan (polakisuria) – wasir – sakit gigi

15 III. Keadaan yang dapat diobati secara suportif. – jerawat – penyubur rambut – ketombe – kurang nafsu makan – memperlancar ASI – habis bersalin – bau badan – kehamilan – penghitam rambut – lesu darah IV. Penyakit-penyakit yang sudah didiagnosis dokter (dalam kelangkaan obat modern). – hipertensi – batu empedu – diabetes melitus – keputihan – nefrolitiasis – susah kencing (disuria)

16 PENYAKIT YANG BELUM DAPAT DITANGGULANGI DENGAN TANAMAN OBAT − kelainan kongenital − defisiensi berat (vitamin/mineral) − keganasan/kanker − penyakit infeksi/menular − alergi berat/imunologi − penyakit metabolik − penyakit akut (jantung, hepar, ginjal) perdarahan berat − penyakit saraf dan jiwa − asma


Download ppt "Obat Tradisional. Ranuan Traadisional Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan–bahan alamiah sebagai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google