Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 3 Persuasi dalam Komunikasi Pemasaran. Ilustrasi Pembuka Iklan majalah TVC rejoice (3 perempuan) L’oreal : Dian Sastro.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 3 Persuasi dalam Komunikasi Pemasaran. Ilustrasi Pembuka Iklan majalah TVC rejoice (3 perempuan) L’oreal : Dian Sastro."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 3 Persuasi dalam Komunikasi Pemasaran

2 Ilustrasi Pembuka Iklan majalah TVC rejoice (3 perempuan) L’oreal : Dian Sastro

3 Ciri dan Peran Dari Sikap Sikap akan digunakan untuk mengartikan sebuah perasaan umum baik negatif maupun positif. Ada tiga ciri penting sikap : – Dipelajari – Relatif bertahan lam – Mempengaruhi perilaku

4 Ciri dan Peran Dari Sikap Ada tiga komponen sikap : 1. Kognitif : kepercayaan atau keyakinan yang dimiliki seseorang 2. Afektif : Perasaan positif /suka atau negatif /tidak suka 3. Konatif : Mempresentasikan tendensi perilaku seseorang.

5 Persuasi Dalam Komunikasi Pemasaran Etika Persuasi : Iklan shampo yang mengatakan : membuat rambut lurus dalam waktu 2 minggu… Persuasi dapat dilihat dari dua perspektif : 1. Persuader 2. Persuadee

6 Perangkat untuk mempengaruhi : Perspektif Persuader 1.Reciprocation Komunikator pemasaran memberikan hadiah atau contoh produk dengan harapan pelanggan akan membalas (reciprocate) dengan membeli produk tersebut. 2. Komitmen dan konsistensi Setelah individu memutuskan sebuah pilihan (komitmen), seringkali ada tendensi kuat untuk terus loyal kepada pilihan tersebut.

7 Perangkat untuk mempengaruhi : Perspektif Persuader 3. Bukti sosial : ketika tidak mengetahui dengan pasti apa yg ahrus dilakukan, kita sering melihat bagaimana perilaku orang lain. 4. Rasa Suka : Kita cenderung mengadopsi sebuah sikap atau melakukan suatu tindakan ketika seseorang yang disukai mempromosikan tindakan tersebut.

8 Perangkat untuk mempengaruhi : Perspektif Persuader 4. Otoritas : menggunakan figur orang yang dikenal aau ahli agar dihormati. 5. Kelangkaan : Sebuah produk yang langka atau menjadi langka akan lebih bernilai.

9 Proses mempengaruhi : Perspektif Persuader Argumen Pesan : Kekuatan atau kualitas dari argumen pesan (message arguments) seringkali menimbulkan ketertarikan konsumen Contoh :

10 Proses mempengaruhi : Perspektif Persuader Sinyal periferal : musik latar,pemandangan,dan grafik. Keterlibatan penerima : Konsumen yang terlibat dan tidak terlibat harus didekati dengan cara persuasi yang berbeda. Posisi Awal penerima : Argumen pendukung Argumen penolak

11 Ekposure terhadap pesan: -Argumen Pesan -Sinyal Periferal Ekposure terhadap pesan: -Argumen Pesan -Sinyal Periferal Motivasi Kemampuan Dan Peluang Penerima Untuk MeAmproses Pesan Motivasi Kemampuan Dan Peluang Penerima Untuk MeAmproses Pesan A B A B A B A B Perubahan Sikap Tetap Perubahan Sikap Tetap Proses- Pembentukan Sikap Proses- Pembentukan Sikap Respon Emosional dan Kognitif terhadap Argumen Respon Emosional dan Kognitif terhadap Argumen Pemrosesan Argumen Pasar Pemrosesan Argumen Pasar Temporary Attitude Change Temporary Attitude Change Attitude-Formation Processes Attitude-Formation Processes Respon Emosional dan Kognitif terhadap Aregumen Respon Emosional dan Kognitif terhadap Aregumen Pemrosesan Sinyal Periferal Pemrosesan Sinyal Periferal EL=Sedang EL=Tinggi EL=Rendah Jalur Utama Jalur Periferal

12 Meningkatkan Motivasi, Peluang, dan Kemampuan Konsumen dalam Memproses Informasi mengenai Merek I. Meningkatkan MOTIVASI Konsumen untuk..... A. Menangkap pesan dengan : - Memberikan daya tarik kepada kebutuhan hedonis (appetive appeals, sex appeals) - Menggunakan novel stimuli (gambar-gambar yang tidak biasa, bentuk iklan yang berbeda, dan berbagai tempat) - Menggunakan intense atau prominent cue (tindakan, musik yang keras, iklan yang penuh warna, selebriti, gambar berukuran besar) - Meningkatkan kompleksitas iklan (gambar yang kompleks; edit and cuts)

13 B. Memproses informasi mengenai merek dengan : - Meningkatkan relevansi merek terhadap diri (menggunakan pertanyaan retorik, menggunakan fear appeal, menggunakan presentasi -Meningkatkan rasa ingin tahu mengenai merek (memulai pesan dengan ketegangan atau kejutaan, menggunakan humor, memberikan sedikit informasi dalam pesan)

14 II. Meningkatkan PELUANG Konsumen untuk..... A. Menerjemahkan informasi dengan : - Mengulang-ulang informasi mengenai merek -Mengulang tema-tema kunci -Menempatkan iklan yang sama pada berbagai acara B. Mengurangi waktu pemrosesan dengan : -Mengurangi Gestalt Processing (menggunakan berbagai gambar dan citra (image))

15 III. Meningkatkan KEMAMPUAN Konsumen untuk..... A. Mengakses struktur pegetahuan dengan : - Menyediakan sebiah konteks (menggunakan verbal framing) B. Menciptakan struktur pengetahuan dengan : -Memfasilitasi pembelajaran berdasarkan eksplempar (menggunakan konkretisasi, demonstrasi, dan analogi)


Download ppt "Pertemuan 3 Persuasi dalam Komunikasi Pemasaran. Ilustrasi Pembuka Iklan majalah TVC rejoice (3 perempuan) L’oreal : Dian Sastro."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google