Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Port Serial Yunifa Miftachul Arif S.ST., M.T.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Port Serial Yunifa Miftachul Arif S.ST., M.T."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Port Serial Yunifa Miftachul Arif S.ST., M.T

2 Pengaksesan Port Serial Pada Visual Basic Untuk pengaksesan port serial kita dapat mengaksesnya secara langsung menggunakan kontrol MSComm yang telah disediakan Visual basic. Kontrol MSComm menyediakan fisilitas komunikasi antara program aplikasi yang kita buat dengan port serial untuk mengirim atau menerima data melalui port serial. Setiap MSComm hanya menangani satu port serial sehingga jika kita ingin menggunakan lebih dari satu port serial harus digunakan MSComm lain.

3 Properti MSComm CommPort ◦Digunakan untuk menentukan nomor port serial yang akandipakai Setting ◦Digunakan untuk menset nilai baud rate, pariti, jumlah bit data, dan jumlah bit stop. PortOpen ◦Digunakan untuk membuka ataupun menutup port serial yang dihubungkan dengan MSComm ini Input ◦Digunakan untuk mengambil data string yang ada pada buffer penerima. Output ◦Digunakan untuk menulis data string pada buffer kirim

4 Contoh Program

5 Penjelasan Program

6 Even Pada MSComm MSComm hanya mempunyai satu even saja, yaitu even OnComm. Even OnComm dibangkitkan jika nilai properti dari CommEvent berubah yang mengindikasikan telah terjadi even pada port serial baik even komunikasi maupun even error. Tabel berikut adalah tabel mengenai nilai – nilai dari properti CommEvent, nilai properti ini tidak tersedia pada saat design time, tetapi hanya dapat dibaca pada saat run time.

7 Nilai-nilai properti even error pada CommEvent

8


Download ppt "Pemrograman Port Serial Yunifa Miftachul Arif S.ST., M.T."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google