Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengorganisasian dan Revisi Pesan Bisnis PERTEMUAN 7.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengorganisasian dan Revisi Pesan Bisnis PERTEMUAN 7."— Transcript presentasi:

1 Pengorganisasian dan Revisi Pesan Bisnis PERTEMUAN 7

2 PENGORGANISASIAN PESAN Setelah merencanakan pesan, langkah selanjutnya menuangkan pesan tsb.Khususnya dalam bentuk tulisan, dapat pula diterapkan untuk komunikasi lisan. Dimulai dengan menyusun kata-kata, kalimat, paragraf serta menentukan ilustrasi dan keterangan yg dpt membantu mengekspresikan ide pokok.

3 A. Hal-hal yang menyebabkan pesan-pesan tidak terorganisir dengan baik. Bertele-tele, Memasukkan bahan-bahan yang tidak relevan Menyajikan ide-ide secara tidak logis Informasi penting kadang kala tidak tercakup di dalam pembahasan.

4 Surat di bawah ini ditulis oleh Jill saunders dari perusahaan Boswell and sons, bermaksud untuk mengembalikan Drive CD Rom yang telah dibeli dari “Toko Komputer “ Bapak Boswell presien direktur kami mengalami kecelakaan tahun lalu dan kejadian tersebut sangat mempengaruhi bisnis kami sehingga anggaran kami tidak sebesar biasanya. Namun kedua anak Pak Boswell bekerja keras dan tidak lama lagi Pak Boswell akan kembali bekerja. Boswell and Son’s melakukan bisnis dengan Computer Time sejak saya masuk enam tahun yan lau. Pada waktu itu gedung Anda lebih kecil dan terletak di sudut Federal Avenue.Pak Boswell membeli printer laser pertama kami di sana. Saya masih ingat pada hari itu, saya menulis cek dengan jumla h yang cukup besar. Tentu saja setellah beberapa tahun saya menjadi terbiasa membeli barang yang lebih mahal. Kami mempunyai tujuh orang karyawan. Walaupun semuanya tidak terlibat langsung dalam menghaslkan peta yang kami jual, mereka harus menghidupkan komputer sehingga dapat menyelesaikan tugasnya. Drive CD-ROM yang kami beli untuk asisten saya, Suzane bermasalah. Kami telah membawanya untuk diperbaki tiga kali dalam tiga bulan ke pusat perbaikan dan Suzane amat berhati-hati menggunakan mesinnya dan tidak pernah menyalahgunakannya. Dia suka games petualangan interaktf saat istirahat makan siang. Drive CD-ROM itu masih tidak bekerja dengan benar., dan dia sudah lelah berulang kali membongkar pasang. Kami semua bekerja lebih lama untuk mengejar ketertinggalan selama Pak Boswell tiidak disini, dan tidak seorang pun diantaa kami yang mempunyai banyak waktu luang.

5 B. Pentingnya pengorganisasian Pesan Yang Baik : 1. Pengorganisasian yang baik membantu penerima memahami pesan Anda. Berikut ini kutipan surat yang meminta informasi terinci mengenai sebuah hotel untuk mematangkan penyelenggaraan sebuah seminar.

6 Perkenalkan saya Shanti dari STMIK MDP Palembang. Saya sebagai panitia seminar…….. Tahun ini mempertimbangkan hotel Grand Zuri sebagai salah atu tempat penyelenggaraan. Saya tahu bahwa bulan Juli peak season untuk hotel, namun kami tetap akan menyelenggarakan seminar pada bulan tersebut karena sudah dijadwalkan. Apakah hotel Grand Zuri dapat menampung 350 orang tamu selama empat malam ? Apakah hotel Grand Zuri mempunyai tiga ruang rapat besar sehingga kami dapat mengadakan pelatihan paralel ? Bagaimana dengan fasilitas makan ? Disamping itu ada pemikiran untuk menjemput peserta dari dan ke bandara.. Jika Anda jadi customer service hotel, bagaimana tanggapan Anda ?

7 Contoh Pengorganisasian yang kurang tepat Jika Anda sebagai Jill Saunders (pelanggan yang tidak puas dg Drive CD Rom) dan mendapatkan jawaban dari pihak toko ” Computer Time”, bagaimana tanggapan Anda ? Saya ditugasi untuk menjawab surat Anda. Maaf, tetapi, kami tidak dapat menerima permintaan Anda akan drive CD-Rom. Toko kami tidak menerima pengembalian peralatan yang diobral atau peralatan yang telah dibeli lebih dari enam bulan. Karena Anda membeli drive itu pada waktu diadakan obral sepuluh bulan yang lalu, kami tidak dapat membantu Anda. Saya menyarankan Anda untuk memperbaiki barang itu sebelum masa garansinya habis. Kami berharap Anda memahami posisi kami dan Anda tetap mau berbelanja di toko kami. Seperti yang telah Anda katakan sendiri, ini adalah maslah pertama yang pernah Anda alami dengan peralatan kami. 2. Pengorganisasian yang baik membantu penerima memahami pesan.

8 Pentingnya pengorganisasian Pesan Yang Baik : 3. Menghemat waktu 4. Mempermudah pekerjaan komunikator. Contoh pengorganisasian yang baik dapat dilihat pada halaman 83, buku Komunikasi Bisnis, Djoko Purwanto.

9 JUWITA DEPT STORE Sdr. Ridho Amin 20 April 2011 Jln….. Palembang Dengan hormat, Terima kasih saya sampaikan atas kesediaan Bapak menggunakan CD player merk Tashika yang Bapak beli tanggal 28 febuari Merupakan suatu hal yang penting bahwa kami mampu mengatasi problem yang terjadi pada produk yang Bapak beli. Sebagaimana diketahui bahwa semua produk yang dibeli di Juwita Dept Store memperoleh jaminan sampai batas waktu 30 hari setelah tanggal pembelian. Produk yang Bapak beli masih dalam batas garansi dari Tashika Corporation. Apabila Bapak memerlukan pelayanan purnajual, harap melayangkan surat ke : Sdr. Muhammad Rifai Tashika Corporation Bagian Produksi PO.BOX…..Jkt Menurut pengalaman, saya tahu bahwa para teknisi Tashika Corporation selalu mengutamakan kepausan bagi konsumen. Bapak Ridho, jalinan kerja sama selama ini sangat berharga bagi kami. Oleh karena itu sebagai bentuk kepedulian kepada pelanggan,kami menyelenggarakan bulan promosi yang menawarkan produk-produk baru dengan diskon hingga 50% pada bulan Juni Terima kasih atas perhatian Bapak Hormat kami,

10 C. Pengorganisasian Pesan Melalui Ouline 1.Mendefinisikan dan Mengelompokkan Ide-Ide a. Mulailah dengan ide pokok b. Nyatakan poin-poin pendukung yang penting c. Ilustrasi dengan bukti-bukti

11 Ide pokok Poin pendukung Bukti A Gambar. Bagan organisasi untuk pengorganisasian suatu pesan.

12 C. Pengorganisasian Pesan Melalui Ouline 2. Menentukan Urutan dengan Rencana Organisasional a. Pendekatan langsung ; disebut juga pendekatan deduktif yaitu ide poko muncul paling awal, diikuti bukti pendukungnya. b. Pendekatan tidak langsung : disebut juga pendekatan induktif yaitu bukti-bukti muncul lebih dulu kemudian baru ide pokoknya.

13 C. Pengorganisasian Pesan Melalui Ouline 3. Memilih rencana organisasional yang paling tepat a. Direct request : penyampaian secara langsung. Misalnya : memo, surat. b. Pesan-pesan rutin, Good News, Good will c. Pesan-pesan bad news d. Pesan-pesan persuasif : Bila audience sangat tidak tertarik pada pesan-pesan yang Anda sampaikan.

14 Reaksi Audience Rencana Organisasional PembukaIsiPenutup TertarikDirect requestMulai dg permintaan atau ide pokok Rinci/detailRasa hormat dan adanya tindakan khusus. SenangPesan rutin,good news, good will Mulai dg ide pokok atau good news Rinci/detailRasa hormat,refere nsi ke good news Tidak senang Bad news,pernyataa n netral sebagai transisi ke bad news. Mulai dg pernyataan netral, nyatakan bad news dan beri saran positif. Beri alasan yang rasional. Rasa hormat. Tidak tertarikPesan persuasif Mulai dengan pernyataan yang mengundang perhatian Tumbuhkan hasrat audiens Perlu tindakan Tabel : Empat rencana organisasional untuk pesan –pesan singkat

15 REVISI PESAN Revisi sangat diperlukan agar pesan-pesan bisnis yang telah direncanakan dan dibuat dapat ditinjau ulang atau disempurnakan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kesalahan ketik atau kekurangan lainnya, sehingga sesuai dengan maksud dan tujuan yang dikehendaki.

16 1.Menulis dengan ringkas a. Menghilangkan kata dan ungkapan yang tidak perlu Perlu dihindariefisien …pada kejadian dariPada …sebelum memulai dariSebelum … pada saat sekarang iniSekarang …mempunyai kemampuan untukdapat ….karena kenyataan bahwakarena ….hingga pada saat ituketika

17 1. Menulis dengan ringkas b. Gunakan kata pendek dan hilangkan kata yang berlebihan. Hindari kata-kata yg panjangefisien Dalam tahun sebelumnya,perusahaan mempercepat operasi produktif. Tahun lalu perusahaan mempercepat operasi. Dia pergi ke perpustakaan dengan tujuan belajar Dia pergi ke perpustakaan untuk belajar Perusahaanmenaikkan gaji sehingga dia dapat memperbaiki semangat kerja Perusahaan menaikkan gaji untuk memperbaiki semangat kerja

18 Hilangkan kata-kata yang berlebihan, seperti : Bebas dan longgar Menurunkan ke bawah Di tengah antara Mengikuti di belakang Mengumpulkan menajdi satu.

19 2. Perbaiki gaya tulisan Anda a.Pisahkan kalimat yang terlalu panjang Perlu dihindariefisien Majalah itu akan terbit tanggal 1 Januari, dan saya lebih baik memenuhi batas pengumpulannya bila saya ingin artikel saya dimuat. Majalah itu akan terbit tanggal 1 Januari. Saya lebih baik memenuhi batas pengumpulannya bila ingin artikel saya dimuat.

20 b. Nyatakan gagasan paralel dalam bentuk paralel. Jika mempunyai dua atau lebih gagasan yang serupa (paralel) untuk diutarakan,cobalah menggunakan konstruksi paralel. Gunakan pola tata bahasa yang sama. Tidak baikLebih baik To waste time and missing deadlines are bad habits ( memboroskan waktu dan meleset dari batas waktu adalah kebiasaan buruk). Wasting time and missing deadlines are bad habits ( Memboroskan waktu dan meleset dari batas waktu adalah kebiasaan buruk )

21 3. Menggunakan teknologi untuk menyusun dan merevisi pesan Perangkat lunak pengolah kata (microsoft word) adalah alat dominan untuk menciptakan dokumen tercetak. Merevisi teks dengan fasilitas cut dan paste. Menggunakan autocorrect. Fungsi ini membuat Anda dapat menyimpan kata- kata yang biasa salah Anda ketik atau salah eja. Menambahkan grafik dan suara


Download ppt "Pengorganisasian dan Revisi Pesan Bisnis PERTEMUAN 7."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google