Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPENSASI EKSEKUTIF KULIAH ke 10. Kompensasi di bagi dalam dua macam : Skema kompensasi dengan laba Skema Insentif : Kompensasi jangka panjang Kompensasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPENSASI EKSEKUTIF KULIAH ke 10. Kompensasi di bagi dalam dua macam : Skema kompensasi dengan laba Skema Insentif : Kompensasi jangka panjang Kompensasi."— Transcript presentasi:

1 KOMPENSASI EKSEKUTIF KULIAH ke 10

2 Kompensasi di bagi dalam dua macam : Skema kompensasi dengan laba Skema Insentif : Kompensasi jangka panjang Kompensasi Laba Mempunyai dua karakteristik yaitu : 1.Partisipasi dibatasi pada manajer yang jenjangnya cukup tinggi yang ikut mempengaruhi kebijakan. 2.Besar Bonus berhubungan dengan jumlah laba yang diperoleh

3 Tujuan : Mendorong prestasi manajer untuk berpartisipasi dalam hasil keuangan dari prestasi mereka. Proses tersebut dilakukan dalam dua cara yaitu : 1.Kemampulabaan Perusahaan Bonus dibagikan berdasar kemampulabaan total perusahaan karena bonus eksekutif terkait dengan laba perusahaan total. Dasar penentuan Bonus adalah : Dana Total Besar bonus sebesar gaji pokok, tunjangan, kompensasi lain. Jumlah harus cocok dengan paket tersebut.

4 2. Formula Bonus Ada beberapa metode untuk menentukan bonus ini, yaitu : 1.Bonus sama dengan besar persentase laba. Contoh : terdapat laba sebesar $ 50 juta, bonus ditetapkan sebesar 2% maka jumlahnya $ 50 juta x 2% = 1 juta 2. Bonus sebesar % laba setelah tingkat EPS dicapai. Metode ini tidak memperhitungkan kenaikan investasi dari laba yang diinvestasikan kembali.

5 Contoh : –Tingkat kemampulabaan yang memuaskan : $ 50 juta –Bonus yang dikehendaki adalah $ 1 juta –Jumlah saham : 10 juta –EPS minimum sebelum bonus dapat dibayarkan : $2,50 –Formula bonus : 4% dari laba setelah dikurangkan dengan $ 2,50 perusahaan –Deviden sebesar : $ 30 juta –Tingkat pengembalian sebesar : 6%

6 Jawab : Kenaikan Laba ditahan adalah : 50 juta (laba) - $ (Bonus sesudah pajak) - $30 juta (deviden) = $ Kenaikan laba yang diperlukan sebelum bonus : Total = $ x 6% = $ Per saham = $ / = $ 0,17 EPS minimum yang telah disesuaikan : $ 2,50 + $ 0,12 = $ 2,62

7 2. Penghargaan Individual Merupakan metode untuk distribusi dana kepada eksekutif secara individual. Formula bonus individual ditetapkan sebagai persentase tertentu dari gaji dasar. Formula = Bonus total Total gaji eksekutif yang berhak

8 2. BONUS DIVISIONAL Perusahaan dengan pusat laba, manajemen memberi bonus manajer divisi berdasar atas laba seluruh perusahaan, laba divisi atau kombinasi. Laba divisi lebih tepat dipakai => adil dan fair Kompensasi Insentif Jangka Panjang Kompensasi dirancang untuk memberikan penghargaan prestasi sebelum kurun waktu lebih panjang. Contoh : skema ini adalah opsi saham, fax reform act up 1986 (Capital Gain).


Download ppt "KOMPENSASI EKSEKUTIF KULIAH ke 10. Kompensasi di bagi dalam dua macam : Skema kompensasi dengan laba Skema Insentif : Kompensasi jangka panjang Kompensasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google