Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sub Form Tessy Badriyah. TUJUAN Menjelaskan tentang penggunaan Sub Form dalam sebuah Aplikasi Database Menjelaskan tentang pembuatan Sub Form.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sub Form Tessy Badriyah. TUJUAN Menjelaskan tentang penggunaan Sub Form dalam sebuah Aplikasi Database Menjelaskan tentang pembuatan Sub Form."— Transcript presentasi:

1 Sub Form Tessy Badriyah

2 TUJUAN Menjelaskan tentang penggunaan Sub Form dalam sebuah Aplikasi Database Menjelaskan tentang pembuatan Sub Form

3 Pendahuluan Sub Form adalah Form yang berada di dalam Form yang lain. Sub Form disebut juga dengan child form sedangkan Form yang melingkupinya disebut dengan Parent Form atau Form Induk. Sub Form digunakan untuk menambahkan detail informasi dari suatu Proses Transaksi.

4 Pendahuluan Misal pada Transaksi pembelian barang. Yang menjadi Parent Form yaitu Form Transaksi. Form ini berisi informasi tentang Nomer Order, Nomer Pelanggan yang membeli barang dan Tanggal Pembelian. Sedangkan yang menjadi Child Form atau Sub Form yaitu Form Detail_Transaksi berisi informasi tentang Nomer Order, Kode Barang yang dibeli serta Jumlah dari barang yang dibeli.

5 Membuat Sub Form Buka database Penjualan Klik pada menu/Object Form, kemudian klik dua kali Create form by using wizard

6 Membuat Sub Form  Pilih Tabel Order, kemudian pindah semua field-nya ke kotak sebelah kanan.

7 Membuat Sub Form Kemudian pilih table Detail_Order, lalu pindah field NomerBrg dan Jumlah ke kanan (mengapa kita tidak perlu memindah field NomerOrder ? :-)

8 Membuat Sub Form  Lalu Klik tombol Next, berikutnya pilih table Order dan pilihan Form with SubForm

9 Membuat Sub Form  Klik tombol Next, berikutnya pilih layout bentuk Datasheet (atau terserah sesuai pilihan)

10 Membuat Sub Form  Klik Next, kemudian pilih style yang diinginkan, misal pilih Standard.

11 Membuat Sub Form  Klik Next, berikutnya tentukan nama dari Form induk dan Sub Form yang dibuat :

12 Membuat Sub Form  Bila dijalankan, hasilnya sebagai berikut :

13 Tugas Perbaiki rancangan yang ada pada Database Perpustakaan dengan menyimpan data transaksi ke dalam dua tabel yang berbeda, dengan nama : –Tabel TRANSAKSI –Tabel DETAIL_TRANSAKSI Tabel TRANSAKSI berisi tentang nomer transaksi, kode peminjam, dan tanggal peminjaman, tanggal pengembalian. Tabel DETAIL_TRANSAKSI berisi tentang nomer transaksi dan kode buku yang dipinjam. Buat implementasi sub Form antara tabel TRANSAKSI dan tabel DETAIL TRANSAKSI.


Download ppt "Sub Form Tessy Badriyah. TUJUAN Menjelaskan tentang penggunaan Sub Form dalam sebuah Aplikasi Database Menjelaskan tentang pembuatan Sub Form."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google