Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DAC & ADC PERTEMUAN By ATIT PERTIWI 8. By. Atit Pertiwi2 10.1 DIGITAL TO ANALOG CONVERTER (DAC) Digital To Analog Converter (DAC) adalah pengubah kode/

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DAC & ADC PERTEMUAN By ATIT PERTIWI 8. By. Atit Pertiwi2 10.1 DIGITAL TO ANALOG CONVERTER (DAC) Digital To Analog Converter (DAC) adalah pengubah kode/"— Transcript presentasi:

1 DAC & ADC PERTEMUAN By ATIT PERTIWI 8

2 By. Atit Pertiwi DIGITAL TO ANALOG CONVERTER (DAC) Digital To Analog Converter (DAC) adalah pengubah kode/ bilangan digital menjadi tegangan keluaran analog. DAC banyak digunakan sebagai rangkaian pengendali (driver) yang membutuhkan input analog; seperti motor AC maupun DC, tingkat kecerahan pada lampu, Pemanas (Heater) dan sebagainya. Umumnya DAC digunakan untuk mengendalikan peralatan aktuator.

3 3 Gambar dibawah ini menjelaskan prinsip dan cara kerja dari DAC. Terdapat dua jenis DAC yang umum :

4 By. Atit Pertiwi4 1. DAC - Resistor Berbobot (Weighted Resistor DAC) Prinsip dasar dari rangkaian ini adalah rangkaian penjumlah (summing circuit) yang dibentuk dengan menggunakan Operasional Amplifier. Rangkaian diatas memenuhi rumus : Prinsip dasar dari rangkaian ini adalah rangkaian penjumlah (summing circuit) yang dibentuk dengan menggunakan Operasional Amplifier. Rangkaian diatas memenuhi rumus :

5 By. Atit Pertiwi5 Bila terdapat input digital 1010 (10 desimal) maka saklar 1 (S1) dan saklar 3 (S3) tertutup; didapat :

6 6 2. DAC - Pasangan R-2R (R-2R DAC)

7 By. Atit Pertiwi7 Prinsip dasar dari rangkaian ini dibentuk karena mengatasi hambatan besar resistor yang terjadi bila jumlah bit rangkaian bertambah. Rangkaian ini hanya menggunakan dua nilai resistor. Sama seperti rangkaian diatas, prinsip dasar rangkaian ini menggunakan rangkaian penjumlah langsung (Direct summing circuit) yang dibentuk dengan menggunakan Operasional Amplifier. Rangkaian diatas memenuhi rumus :

8 By. Atit Pertiwi 8 Dari dua jenis DAC diatas, sudah banyak terdapat DAC yang terintegrasi menjadi suatu serpih (IC) yang mudah dalam penggunaannya. Contohnya adalah National Semiconductor DAC 0808 yang menggunakan prinsip R-2R.

9 By. Atit Pertiwi ANALOG TO DIGITAL CONVERTER (ADC) Analog To Digital Converter (ADC) adalah pengubah input analog menjadi kode – kode digital. ADC banyak digunakan sebagai Pengatur proses industri, komunikasi digital dan rangkaian pengukuran/ pengujian. Umumnya ADC digunakan sebagai perantara antara sensor yang kebanyakan analog dengan sistim komputer seperti sensor suhu, cahaya, tekanan/ berat, aliran dan sebagainya kemudian diukur dengan menggunakan sistim digital (komputer).

10 By. Atit Pertiwi10 Dalam menjelaskan prinsip dari ADC, terdapat dua hal penting yang menjadi dasar dari ADC yaitu Resolusi dari ADC dan Teorema Petik dan Genggam (Sample and Hold); dan melalui penjelasan ini didapat dasar untuk mengubah sinyal analog menjadi digital. Perhatikan gambar berikut ini :

11 By. Atit Pertiwi11 Banyak sekali prinsip dari ADC, tetapi yang cukup terkenal dan banyak dipakai adalah : 1. ADC Paralel / Langsung (Parallel / Flash ADC) 2. ADC Integrasi ( Dual Slope Integrating ADC) 3. ADC Pendekatan berurutan (Successive Approximation ADC)

12 By. Atit Pertiwi12

13 By. Atit Pertiwi 13

14 By. Atit Pertiwi14 Dari empat jenis ADC diatas, sudah banyak terdapat ADC yang terintegrasi menjadi suatu serpih (IC) yang mudah dalam penggunaannya. Contohnya adalah National Semiconductor ADC 0801 yang menggunakan prinsip Successive Approximation.

15 By. Atit Pertiwi 15 Dari empat jenis ADC diatas, sudah banyak terdapat ADC yang terintegrasi menjadi suatu serpih (IC) yang mudah dalam penggunaannya. Contohnya adalah National Semiconductor ADC 0801 yang menggunakan prinsip Successive Approximation.

16 By. Atit Pertiwi 16 THE END


Download ppt "DAC & ADC PERTEMUAN By ATIT PERTIWI 8. By. Atit Pertiwi2 10.1 DIGITAL TO ANALOG CONVERTER (DAC) Digital To Analog Converter (DAC) adalah pengubah kode/"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google